kiki sayang..congrats!!

  • atin prabandari
    Message 1 of 7 , Jul 5, 2005
      kiki sayang..selamat atas your pregnancy, semoga dilindungi ALLAH hingga saatnya tiba, jadi anak sholeh berbakti pada kedua orang tua..mau ngelahirin di mana? jangan lupa dipamerin ma om om dan tente tentenya yaa

      love,
      atin yang ga pernah lupa akan dukungan kiki biar atin bisa ke luar negeri..makasih banget kiki, u're my angel..i made it finally!!

    • dian ina
      Message 2 of 7 , Jul 6, 2005
        dear all (and ziza and hani)

        maafkan responku yang lambat yaa...perasaan waktu itu
        aku udah mulai nulis cerita ttg dyatmika, tapi
        kayaknya gak selesai karena kebanyakan interupsi.

        sekolah dyatmika itu letaknya di ketewel, di banjar
        (dusun) tangtu di denpasar. tempatnya persis ditengah
        banjar, di daerah pemukiman yang berbatasan langsung
        dengan sawah. jadi kalo berdiri di halaman sekolah,
        pemandangannya tuh langsung sawah... jajaran pohon
        kelapa setelah sawah dan kemudian laut... karena
        setelah sawah itu adalah pantai padanggalak. keren...

        ini sekolah yang didirikan sama beberapa ibu yang
        bikin yayasan untuk sekolah yang standarnya
        internasional. sebagian besar yang sekolah disini
        emang anak dari mixed marriage. dan ini sebenernya
        yang memperkaya kebudayaan dan nilai-nilai di sekolah
        itu...

        muridnya dikit. sekelas maksimal 25 orang. dan setiap
        level cuma ada satu kelas aja. ada TK sampe SMU.
        mereka ini full day school senin-jumat. trus kalo hari
        sabtu ada field trip. dan hari minggu libur.

        murid sekolah ini belajar dengan bahagia. itu sih
        sebenernya yang aku pikir kelebihannya. mereka belajar
        dengan wajar dan pikirannya dibuat terbuka dengan ide
        baru, dengan nilai-nilai yang universal, perbedaan dan
        lain-lain. kayak misalnya di TK, setelah lunch, ada
        waktu untuk mendengarkan lagu-lagu, ato dongeng, dan
        semua anak kecil itu akan rebahan... sambil cekikikan
        dan ngobrol sama temannya...

        kalo soal fasilitas, ya... pasti lengkaplah!
        tapi yang keren menurutku adalah cara guru-guru
        mengajarkan sesuatu, itu bukannya ngasih konsep, tapi
        lewat pengalaman. aku kan liat hasil kerja mereka di
        kelas yang dipasang di majalah dinding dan di kelasnya
        masing-masing juga...
        PR-nya tuh kayak... home reading. itu berarti mereka
        harus baca minimal satu buku tiap minggu. setelah
        weekend, masing-masing cerita apa yang dia baca, dan
        itu bisa ditulis di kartupos... (anaknya bosku nulis
        untuk pengarang buku komik jepang yang dia baca,
        supaya bisa disampaikan ke putri duyung dalam komik
        itu)
        kreatif banget...
        ato juga mereka ramai-ramai bikin pudding karena mau
        belajar perubahan sifat benda-benda... yang kayak gitu
        deh...

        mereka juga belajar budaya bali, mulai dari
        permainannya, lagu-lagu, sampe cerita rakyatnya...dan
        itu masuk pelajaran khusus. makanya nama pelajarannya
        kayak 'budaya bali' ato 'kehidupan sehari-hari' tempat
        mereka belajar hal-hal seperti tentang mata
        pencaharian, dsb...
        trus ada tugas ekstra yang tiap anak harus ambil...
        mulai dari bikin mading, bikin newsletter, jaga
        perpustakaan... macem-macem.

        satu lagi, disekolah ada persatuan orangtua murid yang
        aktif banget. waktu masukin anaknya, para ortu juga
        diinterview. bukan masalah uang... tapi masalah berapa
        banyak waktu yang mereka bisa sediakan, voluntarily,
        untuk kemajuan sekolah dan pendidikan anaknya. bantu
        school drama production, organize field trip, fund
        raising untuk menambah fasilitas di sekolah, ngirim
        guru untuk internship... itu diantaranya hal-hal yang
        dilakukan orangtua murid.

        beberapa orangtua murid yang commited banget, punya
        ide untuk bikin acara art night kemarin. yang paling
        brilliant menurutku, adalah mengikutsertakan anak-anak
        banjar tangtu... yang gak sekolah di dyatmika, untuk
        ikut beberapa kegiatan bersama, seperti main gamelan,
        dolanan dan nari. bikin dan maintain satu community,
        juga jadi perhatian mereka, karena kata pak mark (the
        show director)... we're part of the banjar tangtu...

        itulah sedikit cerita dari sekolah dyatmika.
        trus menjawab pertanyaan ttg dokumentasi acara,
        kayaknya ada dokumentasinya. tapi aku gak tau itu akan
        diperbanyak ato nggak...
        kalo iya, coba nanti aku kopiin deh...
        tapi gak berani janji yaaa... seingetnya aku aja.
        maklum 'kan?

        best,
        dian ina