selamat, kiki!

  • dian ina
    Message 1 of 7 , Jun 19, 2005
      Ki,

      aku barusan aja sempat baca email kamu. selamat ya,
      untuk hasil tesnya, dua garis itu artinya positif
      'kan? well, berarti abis ini harus siap-siap punya
      ponakan buaya yah?
      adow! jadi berasa tua neh...

      ngomong-ngomong tentang fund-raising dan garage sale
      alias yard sale... aku kemaren barusan abis bantuin
      satu acara di sekolah dyatmika. ceritanya mereka bikin
      art festival untuk menggalang dana...

      yang punya ide adalah persatuan orangtua muridnya.
      there are some seriously committed parents who create
      and work hard for this. mereka mengatur supaya siswa
      yang ikut ekstrakurikuler di sekolah bisa perform dan
      dibikinin stage. jadi ada band, modern dance,
      anak-anak kelas drama, kelas menjahit... semua tampil
      ato menampilkan karyanya di art night. untuk dateng ke
      acara itu, ortu harus bayar tiket, dan disana gak ada
      makanan dan minuman gratis, karena ada beberapa stand
      yang jualan makanan. yang jualan makanan aslinya sih
      kafe ato resto juga, cuma mereka dah di mark-up gitu
      harganya, karena 50% hasil penjualan untuk sekolah.
      juga uang sewa stand dan juga uang tiket.

      aku bantu organize silent painting auction. jadi ada
      beberapa anak yang dikasih kanvas, lalu disuruh
      ngelukis, lalu dilelang. aku bikin display yang
      serius... dengan label dan tulisan konsep karya
      segala. well... aku pake acara interview mereka
      tentang konsep dan bagian karya mereka yang mereka
      anggap menarik sehari sebelum acara...

      stelah difoto, dipasang di kertas lengkap dgn label
      mulailah kukomporin mereka untuk nge-bid lukisan...
      bid-nya aku mulai dari 200 ribu, tiap naik minimal 50
      ribu. nah... para ortu murid ini nih... yang lalu pada
      nulis bid mereka, dan no telp ato nama. seru banget
      lho! sampe panas suasananya karena ada satu lukisan
      yang dikejar beberapa orang, dan tiap kali salah satu
      nge-bid, aku akan komporin yang lain (saingannya)
      untuk nge-bid lebih tinggi.
      akhirnya... dengan 11 lukisan, anak-anak yang umurnya
      paling tua 13 tahun itu, dengan bantuanku sebagai
      aktor intelektual... berhasil ngumpulin hampir Rp 7jt.
      seneng deh!

      ini mungkin gambaran yang terlalu ideal... tapi
      sebenernya bisa aja ide ini diambil dan dibikin lebih
      sederhana. untuk fund-raising juga.
      and I really have a great time yesterday!

      fyi, ki... aku udah gak di Q lagi. wah, udah lama itu!
      sejak desember 2004, aku kerja untuk komaneka di ubud,
      bali.
      kindly take a look at www.komaneka.com for further
      info.
      aku bertanggungjawab untuk me-manage gallery-nya dan
      jadi creative assistant in trouble making... hehehe...
      it's because I always came up with crazy ideas dan
      terus ngeracunin bosku biar kepengaruh. it suits me
      very much I find.

      kapan kamu mau ke bali?

      Ina

    • ziza sang lebah yang imut
      Message 2 of 7 , Jun 19, 2005
        Ki, Selamat .
        Kami semua mendoakanmu .Kayaknya kamu adalah orang pertama yang mengambil langkah awal menjadikan impian Aning untuk melihat para anak kita sebagai generasi buaya  menjadi kenyataan .

        Kira - kira sang keponakan buaya mau dikasi nama siapa ya ?Boleh nggak kita- kita yang di forum ambil bagian . Hehehe.. nasib anak pertama .. pasti namanya panjang - panjang .Yang nunggu bukan hanya orangtua tapi juga kakek nenek en tentu saja para buaya .

        Doakan Ki suatu saat banyak di antara kami yang bisa makan apel di rumahmu .

         Selamat Mbak Ina . Semoga aktualitas kreativitas intelektual sebagai buaya yang lain juga bisa kewujud.
        Mbak ,punya  dokumentasi fundraising itukah ?Bolehkah suatu saat diakses ? Ngomong- ngomong sekolah Dyatmika mempunyai ciri khas apa ?

        Semoga makin banyak impian kita yang menjadi kenyataan even the ones beyond our horizons.

        Ziza

        Yahoo! Sports
        Rekindle the Rivalries. Sign up for Fantasy Football
      • atin prabandari
        Message 3 of 7 , Jul 5 8:02 PM
          kiki sayang..selamat atas your pregnancy, semoga dilindungi ALLAH hingga saatnya tiba, jadi anak sholeh berbakti pada kedua orang tua..mau ngelahirin di mana? jangan lupa dipamerin ma om om dan tente tentenya yaa

          love,
          atin yang ga pernah lupa akan dukungan kiki biar atin bisa ke luar negeri..makasih banget kiki, u're my angel..i made it finally!!

        • atin prabandari

              Message 6 of 7 , Jul 6 8:43 PM
                dear all (and ziza and hani)

                maafkan responku yang lambat yaa...perasaan waktu itu
                aku udah mulai nulis cerita ttg dyatmika, tapi
                kayaknya gak selesai karena kebanyakan interupsi.

                sekolah dyatmika itu letaknya di ketewel, di banjar
                (dusun) tangtu di denpasar. tempatnya persis ditengah
                banjar, di daerah pemukiman yang berbatasan langsung
                dengan sawah. jadi kalo berdiri di halaman sekolah,
                pemandangannya tuh langsung sawah... jajaran pohon
                kelapa setelah sawah dan kemudian laut... karena
                setelah sawah itu adalah pantai padanggalak. keren...

                ini sekolah yang didirikan sama beberapa ibu yang
                bikin yayasan untuk sekolah yang standarnya
                internasional. sebagian besar yang sekolah disini
                emang anak dari mixed marriage. dan ini sebenernya
                yang memperkaya kebudayaan dan nilai-nilai di sekolah
                itu...

                muridnya dikit. sekelas maksimal 25 orang. dan setiap
                level cuma ada satu kelas aja. ada TK sampe SMU.
                mereka ini full day school senin-jumat. trus kalo hari
                sabtu ada field trip. dan hari minggu libur.

                murid sekolah ini belajar dengan bahagia. itu sih
                sebenernya yang aku pikir kelebihannya. mereka belajar
                dengan wajar dan pikirannya dibuat terbuka dengan ide
                baru, dengan nilai-nilai yang universal, perbedaan dan
                lain-lain. kayak misalnya di TK, setelah lunch, ada
                waktu untuk mendengarkan lagu-lagu, ato dongeng, dan
                semua anak kecil itu akan rebahan... sambil cekikikan
                dan ngobrol sama temannya...

                kalo soal fasilitas, ya... pasti lengkaplah!
                tapi yang keren menurutku adalah cara guru-guru
                mengajarkan sesuatu, itu bukannya ngasih konsep, tapi
                lewat pengalaman. aku kan liat hasil kerja mereka di
                kelas yang dipasang di majalah dinding dan di kelasnya
                masing-masing juga...
                PR-nya tuh kayak... home reading. itu berarti mereka
                harus baca minimal satu buku tiap minggu. setelah
                weekend, masing-masing cerita apa yang dia baca, dan
                itu bisa ditulis di kartupos... (anaknya bosku nulis
                untuk pengarang buku komik jepang yang dia baca,
                supaya bisa disampaikan ke putri duyung dalam komik
                itu)
                kreatif banget...
                ato juga mereka ramai-ramai bikin pudding karena mau
                belajar perubahan sifat benda-benda... yang kayak gitu
                deh...

                mereka juga belajar budaya bali, mulai dari
                permainannya, lagu-lagu, sampe cerita rakyatnya...dan
                itu masuk pelajaran khusus. makanya nama pelajarannya
                kayak 'budaya bali' ato 'kehidupan sehari-hari' tempat
                mereka belajar hal-hal seperti tentang mata
                pencaharian, dsb...
                trus ada tugas ekstra yang tiap anak harus ambil...
                mulai dari bikin mading, bikin newsletter, jaga
                perpustakaan... macem-macem.

                satu lagi, disekolah ada persatuan orangtua murid yang
                aktif banget. waktu masukin anaknya, para ortu juga
                diinterview. bukan masalah uang... tapi masalah berapa
                banyak waktu yang mereka bisa sediakan, voluntarily,
                untuk kemajuan sekolah dan pendidikan anaknya. bantu
                school drama production, organize field trip, fund
                raising untuk menambah fasilitas di sekolah, ngirim
                guru untuk internship... itu diantaranya hal-hal yang
                dilakukan orangtua murid.

                beberapa orangtua murid yang commited banget, punya
                ide untuk bikin acara art night kemarin. yang paling
                brilliant menurutku, adalah mengikutsertakan anak-anak
                banjar tangtu... yang gak sekolah di dyatmika, untuk
                ikut beberapa kegiatan bersama, seperti main gamelan,
                dolanan dan nari. bikin dan maintain satu community,
                juga jadi perhatian mereka, karena kata pak mark (the
                show director)... we're part of the banjar tangtu...

                itulah sedikit cerita dari sekolah dyatmika.
                trus menjawab pertanyaan ttg dokumentasi acara,
                kayaknya ada dokumentasinya. tapi aku gak tau itu akan
                diperbanyak ato nggak...
                kalo iya, coba nanti aku kopiin deh...
                tapi gak berani janji yaaa... seingetnya aku aja.
                maklum 'kan?

                best,
                dian ina