share tentang sosialisasi hak anak untuk anak2

    Message 1 of 10 , Dec 17, 2010

      Sebelum saya bercerita banyak tentang hari yang indah itu, perencana utama acara ini adalah seorang sahabat yang luar biasa kreatif, Neng Pi dan juga seorang kakak yang peduli dengan kampung halamannya, Kak Arsi

      Saya hanya membantu pelaksanaannya yang merasa senang bisa menuliskan cerita indah ini, bersama Kak Oceng, Pak Domi, Kak Maksi, Pak Simin dan seluruh pihak gereja Rii yang sudah terlibat di acara ini

      Sabtu minggu biasanya saya bisa santai-santai di PIM (pondok indah manggarai) dengan belanja di pasar, RB (baju bekas, Bu), memasak ria, atau ke salon SLB (anak-anak berkebutuhan khusus yang dididik) untuk creambath

      Namun sabtu lalu kami paginya ikut seminar tentang human traficking lalu siangnya ke desa untuk membawa ikan eh maksud saya untuk bermain dan belajar bersama anak;)

      Cuaca di penghujung tahun di Manggarai kurang bersahabat

      Hujan mengguyur sehingga kami naik motor dengan jas hujan dengan memangku ikan serta Lcd

      Sampai di desa Beamese sekitar pukul 6 sore karena kami sempat berteduh sekitar 1 jam menunggu hujan lebat

      Saya kira anak-anak yang kami janjikan untuk bertemu sore hari sudah pulang, ternyata belum

      Mereka masih setia berada di gereja Rii, Beamese yang notabene jauh dari sebagian rumah mereka

      Setelah itu kami menyanyi bersama "Papatome", lagu import dari Afrika yang kukenal waktu di komunitas Peace Generation, ternyata lagu ini sudah terkenal di kalangan anak-anak Manggarai

      Kami juga menyanyi senam C-O-C-O-N-U-T serta beberapa lagu rohani

      Dan tibalah pada puncak acara malam ini yaitu nonton bareng film Laskar Pelangi

      Sayangnya film ini tidak bisa diputar secara full karena VCDnya bermasalah

      Untungnya kami ada film cadangan berjudul "Nina si Penyelamat" tentang Flu Burung

      Seru juga bisa berbagi ilmu dengan anak-anak lewat film

      Setelah ngobrol-ngobrol sedikit tentang apa yang anak-anak tangkap dari film itu, mereka pulang

      Jam sudah menunjukkan pukul 8 malam, semoga mereka lancar sampai di rumah

      Waktu nonton film tadi, batuk kerap terdengar, moga-moga besok anak-anak tersebut datang lagi untuk acara utama: bermain dan belajar tentang hak anak

      Kita kembali ke cerita di hari Minggu,setelah misa, sekitar jam 10.00, anak-anak yang semalam datang untungnya datang lagi

      Bahkan lebih banyak karena setelah kami hitung 140an anak *duh senengnya*

      Kami memulai kegiatan dengan berdoa oleh salah seorang anak

      Lalu perkenalan diri dengan sebuah gerakan untuk belajar kreativitas

      Hal yang penting adalah kami memaknai setiap kegiatan yang kami lakukan

      Selanjutnya kami bermain game kapal pecah, anak-anak begitu menikmati game tersebut

      Lalu kami memejamkan mata dan menjawab setiap pertanyaan dengan tetap berdiri jika jawaban tidak atau jongkok jika jawabannya ya

      Ternyata kekerasan masih sering terjadi di sini, bahkan semua anak mengaku sudah pernah dipukul atas nama disiplin di sekolah (corporal punishment)

      Bukan untuk menyalahkan namun ini PR besar untuk kita bersama

      Setelah itu kami dikelompokkan dengan nama-nama negara

      Di kelompok tersebut kami menjelaskan ciri-ciri,kebutuhan, dan menggambar orang dari negara yang menjadi nama kelompok kami

      Ternyata kebutuhan orang di negara Indonesia sama seperti kebutuhan orang di India

      Jadi seperti itu juga hak bersifat universal, di mana saja berlaku sama

      Setelah itu kami ngobrol-ngobrol tentang sifat-sifat hak yang lain yaitu tidak bisa dipilah-pilah, melekat, dan non diskriminasi

      Untuk mengetahui cluster-cluster pada hak anak, tidak mungkin kan dengan metode presentasi ke anak-anak

      Jadi kami dikelompokkan berdasarkan 5 kluster yaitu: hak atas pendidikan, hak atas kesehatan dasar yg layak, hak sipil dan kewarganegaraan, perlindungan khusus, dan lingkungan keluarga

      Di kelompok tersebut, kami sharing mengenai kasus yang terjadi di sini dan berkaitan dengan kluster tersebut

      Lalu ada presentasi singkat yang dibawakan anak-anak tersebut ;)

      Selanjutnya, kami bersama-sama membuat teater mini menceritakan tentang kasus tersebut

      Tak dinyana,,,ternyata anak berusia 8-14 tahun tersebut kreatif dalam buat teater padahal kami tidak banyak campur tangan

      Terharu....apalagi mereka juga sangat menikmat panggungnya dan ternyata mereka jarang diberi wadah untuk mengungkapkan pendapat dan mengekspresikan diri

      Hal itu terlihat di sesi terakhir, saat kami mengulangi sekali lagi tentang apa yang sudah kami pelajari bersama-sama hari ini

      Anak-anak juga menyampaikan kesan mereka selama seharian penuh ini

      Mungkin kegiatan ini hanya terkesan kegiatan sekali langsung selesai

      Namun saya yakin,,,saya yang pernah juga mengikuti kegiatan yang mirip semasa saya SMA, merasa bahwa ketika saya diberi kesempatan untuk berpendapat dan berkreasi,itu membuat saya lebih bersemangat lagi

      "Ternyata saya juga bisa terlibat seperti orang-orang dewasa," pikir saya saat itu

      Berkat satu hari yang menyenangkan kemarin,membuat anak-anak tidak hanya hidup di dunia orang dewasa namun juga kita belajar hidup di dunia anak-anak

      Akhirnya, saya pikir tulisan ini belum juga menggambarkan perasaan sebenarnya anak-anak tersebut karena toh saya orang dewasa namun besar harapan saya bahwa mereka menikmati satu hari kebersamaan kami, itu saja ;)

    • BJ Sujibto
      Message 2 of 10 , Dec 17, 2010
        hahaha... .seru ceritanya. Papatome masuk jadi bagian yang indah rupanya. hehe makasih dah share...

        --
        Bernando J. Sujibto
        Sociology Department