Re: Bls: [PeaceGeneration] Program Trauma Smiling untuk Anak-Anak Pengungsi Merapi

  • BJ Sujibto
    Message 1 of 10 , Dec 13, 2010
      Oke terima kasih kawan-kawan buaya muda..

      Ini teman2 masih tinggal minggu depan lagi. Semua lancar dan happy bermain dengan mereka, anak-anak SD di Gulon, Salam, Magelang.

      Salam

      BJ
      Buaya kecil (Bucil)
      .

      2010/12/13 anti refree <nogoodrefree@...>

      Iya bagus kegiatannya,,, (stuju dg Anggit),,,pengen bgt bantu seandainya di yk,,,setelah kegiatan dishare ya foto2nya n cerita tntg kegiatannya

      gud luck

      salam hangat,

      ajeng

      From: weya_kawaii@...
      Date: Sun, 5 Dec 2010 17:30:46 +0800

      Wah,seruu.. Acaranya di magelang? Pengen ikuut.. Hehe..

      Dari: Cahya Woeland <red_woeland@...>
      Judul: [PeaceGeneration] Program Trauma Smiling untuk Anak-Anak Pengungsi Merapi
      Kepada: PeaceGeneration@yahoogroups.com
      Tanggal: Senin, 29 November, 2010, 3:45 PM

      Teman-Teman ...
      Saat ini Pisgen sedang mempersiapkan program untuk anak-anak di lokasi
      pengungsian (Desan Gulon, Salam-Magelang)-17 KM dari Puncak Merapi

      Rangkain program akan berlangsung selama 3 minggu dan dilaksanakan setiap akhir minggu
      (4-5 desember, 11-12 desember, dan 18-19 desember 2010).

      Program terdiri atas aktivitas bermain, aktivitas relaksasi, dan workshop yg berupaya menanamkan kebiasaan mencintai lingkungan, menumbuhkan rasa solidaritas, memberdayakaan remaja usia produktif dan masyrakat sekitar, menanamkan nilai religius melalui kegiatan ibadah dan doa, serta kecintaan terhadap budaya lokal yg disampaikan melalui aktivitas bermain permainan tradisional.

      Apabila teman-teman ada yg ingin sharing mengenai program serupa, silahkan di posting untuk menambah pengetahuan kami semua

      selain itu, setiap minggunya pisgen membutuhkan 15 relawan.
      Jika teman2 membaca postingan ini dan available untuk membantu di setiap tgl yg telah disebutkan di atas silahkan menghubungi nomor di bawah ini. Sekarang pisgen sedang membuat list siapa aja yg bisa ikut membantu di lokasi ^^:

      Nisa (0815 429 38029) atau
      Wulan (0812 1564 7711)

      Terimakasih

      --
      Bernando J. Sujibto
      Sociology Department

      Message 2 of 10 , Dec 17, 2010

        Sebelum saya bercerita banyak tentang hari yang indah itu, perencana utama acara ini adalah seorang sahabat yang luar biasa kreatif, Neng Pi dan juga seorang kakak yang peduli dengan kampung halamannya, Kak Arsi

        Saya hanya membantu pelaksanaannya yang merasa senang bisa menuliskan cerita indah ini, bersama Kak Oceng, Pak Domi, Kak Maksi, Pak Simin dan seluruh pihak gereja Rii yang sudah terlibat di acara ini

        Sabtu minggu biasanya saya bisa santai-santai di PIM (pondok indah manggarai) dengan belanja di pasar, RB (baju bekas, Bu), memasak ria, atau ke salon SLB (anak-anak berkebutuhan khusus yang dididik) untuk creambath

        Namun sabtu lalu kami paginya ikut seminar tentang human traficking lalu siangnya ke desa untuk membawa ikan eh maksud saya untuk bermain dan belajar bersama anak;)

        Cuaca di penghujung tahun di Manggarai kurang bersahabat

        Hujan mengguyur sehingga kami naik motor dengan jas hujan dengan memangku ikan serta Lcd

        Sampai di desa Beamese sekitar pukul 6 sore karena kami sempat berteduh sekitar 1 jam menunggu hujan lebat

        Saya kira anak-anak yang kami janjikan untuk bertemu sore hari sudah pulang, ternyata belum

        Mereka masih setia berada di gereja Rii, Beamese yang notabene jauh dari sebagian rumah mereka

        Setelah itu kami menyanyi bersama "Papatome", lagu import dari Afrika yang kukenal waktu di komunitas Peace Generation, ternyata lagu ini sudah terkenal di kalangan anak-anak Manggarai

        Kami juga menyanyi senam C-O-C-O-N-U-T serta beberapa lagu rohani

        Dan tibalah pada puncak acara malam ini yaitu nonton bareng film Laskar Pelangi

        Sayangnya film ini tidak bisa diputar secara full karena VCDnya bermasalah

        Untungnya kami ada film cadangan berjudul "Nina si Penyelamat" tentang Flu Burung

        Seru juga bisa berbagi ilmu dengan anak-anak lewat film

        Setelah ngobrol-ngobrol sedikit tentang apa yang anak-anak tangkap dari film itu, mereka pulang

        Jam sudah menunjukkan pukul 8 malam, semoga mereka lancar sampai di rumah

        Waktu nonton film tadi, batuk kerap terdengar, moga-moga besok anak-anak tersebut datang lagi untuk acara utama: bermain dan belajar tentang hak anak

        Kita kembali ke cerita di hari Minggu,setelah misa, sekitar jam 10.00, anak-anak yang semalam datang untungnya datang lagi

        Bahkan lebih banyak karena setelah kami hitung 140an anak *duh senengnya*

        Kami memulai kegiatan dengan berdoa oleh salah seorang anak

        Lalu perkenalan diri dengan sebuah gerakan untuk belajar kreativitas

        Hal yang penting adalah kami memaknai setiap kegiatan yang kami lakukan

        Selanjutnya kami bermain game kapal pecah, anak-anak begitu menikmati game tersebut

        Lalu kami memejamkan mata dan menjawab setiap pertanyaan dengan tetap berdiri jika jawaban tidak atau jongkok jika jawabannya ya

        Ternyata kekerasan masih sering terjadi di sini, bahkan semua anak mengaku sudah pernah dipukul atas nama disiplin di sekolah (corporal punishment)

        Bukan untuk menyalahkan namun ini PR besar untuk kita bersama

        Setelah itu kami dikelompokkan dengan nama-nama negara

        Di kelompok tersebut kami menjelaskan ciri-ciri,kebutuhan, dan menggambar orang dari negara yang menjadi nama kelompok kami

        Ternyata kebutuhan orang di negara Indonesia sama seperti kebutuhan orang di India

        Jadi seperti itu juga hak bersifat universal, di mana saja berlaku sama

        Setelah itu kami ngobrol-ngobrol tentang sifat-sifat hak yang lain yaitu tidak bisa dipilah-pilah, melekat, dan non diskriminasi

        Untuk mengetahui cluster-cluster pada hak anak, tidak mungkin kan dengan metode presentasi ke anak-anak

        Jadi kami dikelompokkan berdasarkan 5 kluster yaitu: hak atas pendidikan, hak atas kesehatan dasar yg layak, hak sipil dan kewarganegaraan, perlindungan khusus, dan lingkungan keluarga

        Di kelompok tersebut, kami sharing mengenai kasus yang terjadi di sini dan berkaitan dengan kluster tersebut

        Lalu ada presentasi singkat yang dibawakan anak-anak tersebut ;)

        Selanjutnya, kami bersama-sama membuat teater mini menceritakan tentang kasus tersebut

        Tak dinyana,,,ternyata anak berusia 8-14 tahun tersebut kreatif dalam buat teater padahal kami tidak banyak campur tangan

        Terharu....apalagi mereka juga sangat menikmat panggungnya dan ternyata mereka jarang diberi wadah untuk mengungkapkan pendapat dan mengekspresikan diri

        Hal itu terlihat di sesi terakhir, saat kami mengulangi sekali lagi tentang apa yang sudah kami pelajari bersama-sama hari ini

        Anak-anak juga menyampaikan kesan mereka selama seharian penuh ini

        Mungkin kegiatan ini hanya terkesan kegiatan sekali langsung selesai

        Namun saya yakin,,,saya yang pernah juga mengikuti kegiatan yang mirip semasa saya SMA, merasa bahwa ketika saya diberi kesempatan untuk berpendapat dan berkreasi,itu membuat saya lebih bersemangat lagi

        "Ternyata saya juga bisa terlibat seperti orang-orang dewasa," pikir saya saat itu

        Berkat satu hari yang menyenangkan kemarin,membuat anak-anak tidak hanya hidup di dunia orang dewasa namun juga kita belajar hidup di dunia anak-anak

        Akhirnya, saya pikir tulisan ini belum juga menggambarkan perasaan sebenarnya anak-anak tersebut karena toh saya orang dewasa namun besar harapan saya bahwa mereka menikmati satu hari kebersamaan kami, itu saja ;)

      • BJ Sujibto