RE: Bls: [PeaceGeneration] Program Trauma Smiling untuk Anak-Anak Pengungsi Merapi

    Message 1 of 10 , Dec 13, 2010

      Iya bagus kegiatannya,,, (stuju dg Anggit),,,pengen bgt bantu seandainya di yk,,,setelah kegiatan dishare ya foto2nya n cerita tntg kegiatannya

      gud luck

      salam hangat,

      ajeng

      From: weya_kawaii@...
      Date: Sun, 5 Dec 2010 17:30:46 +0800

      Wah,seruu.. Acaranya di magelang? Pengen ikuut.. Hehe..

      Dari: Cahya Woeland <red_woeland@...>
      Judul: [PeaceGeneration] Program Trauma Smiling untuk Anak-Anak Pengungsi Merapi
      Kepada: PeaceGeneration@yahoogroups.com
      Tanggal: Senin, 29 November, 2010, 3:45 PM

      Teman-Teman ...
      Saat ini Pisgen sedang mempersiapkan program untuk anak-anak di lokasi
      pengungsian (Desan Gulon, Salam-Magelang)-17 KM dari Puncak Merapi

      Rangkain program akan berlangsung selama 3 minggu dan dilaksanakan setiap akhir minggu
      (4-5 desember, 11-12 desember, dan 18-19 desember 2010).

      Program terdiri atas aktivitas bermain, aktivitas relaksasi, dan workshop yg berupaya menanamkan kebiasaan mencintai lingkungan, menumbuhkan rasa solidaritas, memberdayakaan remaja usia produktif dan masyrakat sekitar, menanamkan nilai religius melalui kegiatan ibadah dan doa, serta kecintaan terhadap budaya lokal yg disampaikan melalui aktivitas bermain permainan tradisional.

      Apabila teman-teman ada yg ingin sharing mengenai program serupa, silahkan di posting untuk menambah pengetahuan kami semua

      selain itu, setiap minggunya pisgen membutuhkan 15 relawan.
      Jika teman2 membaca postingan ini dan available untuk membantu di setiap tgl yg telah disebutkan di atas silahkan menghubungi nomor di bawah ini. Sekarang pisgen sedang membuat list siapa aja yg bisa ikut membantu di lokasi ^^:

      Nisa (0815 429 38029) atau
      Wulan (0812 1564 7711)

      Terimakasih

    • BJ Sujibto
      Message 2 of 10 , Dec 13, 2010
        Oke terima kasih kawan-kawan buaya muda..

        Ini teman2 masih tinggal minggu depan lagi. Semua lancar dan happy bermain dengan mereka, anak-anak SD di Gulon, Salam, Magelang.

        Salam

        BJ
        Buaya kecil (Bucil)
        .

        Dari: Cahya Woeland <red_woeland@...>

        --
        Bernando J. Sujibto
        Sociology Department

        Message 3 of 10 , Dec 17, 2010

          Sebelum saya bercerita banyak tentang hari yang indah itu, perencana utama acara ini adalah seorang sahabat yang luar biasa kreatif, Neng Pi dan juga seorang kakak yang peduli dengan kampung halamannya, Kak Arsi

          Saya hanya membantu pelaksanaannya yang merasa senang bisa menuliskan cerita indah ini, bersama Kak Oceng, Pak Domi, Kak Maksi, Pak Simin dan seluruh pihak gereja Rii yang sudah terlibat di acara ini

          Sabtu minggu biasanya saya bisa santai-santai di PIM (pondok indah manggarai) dengan belanja di pasar, RB (baju bekas, Bu), memasak ria, atau ke salon SLB (anak-anak berkebutuhan khusus yang dididik) untuk creambath

          Namun sabtu lalu kami paginya ikut seminar tentang human traficking lalu siangnya ke desa untuk membawa ikan eh maksud saya untuk bermain dan belajar bersama anak;)

          Cuaca di penghujung tahun di Manggarai kurang bersahabat

          Hujan mengguyur sehingga kami naik motor dengan jas hujan dengan memangku ikan serta Lcd

          Sampai di desa Beamese sekitar pukul 6 sore karena kami sempat berteduh sekitar 1 jam menunggu hujan lebat

          Saya kira anak-anak yang kami janjikan untuk bertemu sore hari sudah pulang, ternyata belum

          Mereka masih setia berada di gereja Rii, Beamese yang notabene jauh dari sebagian rumah mereka

          Setelah itu kami menyanyi bersama "Papatome", lagu import dari Afrika yang kukenal waktu di komunitas Peace Generation, ternyata lagu ini sudah terkenal di kalangan anak-anak Manggarai

          Kami juga menyanyi senam C-O-C-O-N-U-T serta beberapa lagu rohani

          Dan tibalah pada puncak acara malam ini yaitu nonton bareng film Laskar Pelangi

          Sayangnya film ini tidak bisa diputar secara full karena VCDnya bermasalah

          Untungnya kami ada film cadangan berjudul "Nina si Penyelamat" tentang Flu Burung

          Seru juga bisa berbagi ilmu dengan anak-anak lewat film

          Setelah ngobrol-ngobrol sedikit tentang apa yang anak-anak tangkap dari film itu, mereka pulang

          Jam sudah menunjukkan pukul 8 malam, semoga mereka lancar sampai di rumah

          Waktu nonton film tadi, batuk kerap terdengar, moga-moga besok anak-anak tersebut datang lagi untuk acara utama: bermain dan belajar tentang hak anak

          Kita kembali ke cerita di hari Minggu,setelah misa, sekitar jam 10.00, anak-anak yang semalam datang untungnya datang lagi

          Bahkan lebih banyak karena setelah kami hitung 140an anak *duh senengnya*

          Kami memulai kegiatan dengan berdoa oleh salah seorang anak

          Lalu perkenalan diri dengan sebuah gerakan untuk belajar kreativitas

          Hal yang penting adalah kami memaknai setiap kegiatan yang kami lakukan

          Selanjutnya kami bermain game kapal pecah, anak-anak begitu menikmati game tersebut

          Lalu kami memejamkan mata dan menjawab setiap pertanyaan dengan tetap berdiri jika jawaban tidak atau jongkok jika jawabannya ya

          Ternyata kekerasan masih sering terjadi di sini, bahkan semua anak mengaku sudah pernah dipukul atas nama disiplin di sekolah (corporal punishment)

          Bukan untuk menyalahkan namun ini PR besar untuk kita bersama

          Setelah itu kami dikelompokkan dengan nama-nama negara

          Di kelompok tersebut kami menjelaskan ciri-ciri,kebutuhan, dan menggambar orang dari negara yang menjadi nama kelompok kami

          Ternyata kebutuhan orang di negara Indonesia sama seperti kebutuhan orang di India

          Jadi seperti itu juga hak bersifat universal, di mana saja berlaku sama

          Setelah itu kami ngobrol-ngobrol tentang sifat-sifat hak yang lain yaitu tidak bisa dipilah-pilah, melekat, dan non diskriminasi

          Untuk mengetahui cluster-cluster pada hak anak, tidak mungkin kan dengan metode presentasi ke anak-anak

          Jadi kami dikelompokkan berdasarkan 5 kluster yaitu: hak atas pendidikan, hak atas kesehatan dasar yg layak, hak sipil dan kewarganegaraan, perlindungan khusus, dan lingkungan keluarga

          Di kelompok tersebut, kami sharing mengenai kasus yang terjadi di sini dan berkaitan dengan kluster tersebut

          Lalu ada presentasi singkat yang dibawakan anak-anak tersebut ;)

          Selanjutnya, kami bersama-sama membuat teater mini menceritakan tentang kasus tersebut

          Tak dinyana,,,ternyata anak berusia 8-14 tahun tersebut kreatif dalam buat teater padahal kami tidak banyak campur tangan

          Terharu....apalagi mereka juga sangat menikmat panggungnya dan ternyata mereka jarang diberi wadah untuk mengungkapkan pendapat dan mengekspresikan diri

          Hal itu terlihat di sesi terakhir, saat kami mengulangi sekali lagi tentang apa yang sudah kami pelajari bersama-sama hari ini

          Anak-anak juga menyampaikan kesan mereka selama seharian penuh ini

          Mungkin kegiatan ini hanya terkesan kegiatan sekali langsung selesai

          Namun saya yakin,,,saya yang pernah juga mengikuti kegiatan yang mirip semasa saya SMA, merasa bahwa ketika saya diberi kesempatan untuk berpendapat dan berkreasi,itu membuat saya lebih bersemangat lagi

          "Ternyata saya juga bisa terlibat seperti orang-orang dewasa," pikir saya saat itu

          Berkat satu hari yang menyenangkan kemarin,membuat anak-anak tidak hanya hidup di dunia orang dewasa namun juga kita belajar hidup di dunia anak-anak

          Akhirnya, saya pikir tulisan ini belum juga menggambarkan perasaan sebenarnya anak-anak tersebut karena toh saya orang dewasa namun besar harapan saya bahwa mereka menikmati satu hari kebersamaan kami, itu saja ;)

        • BJ Sujibto