GALANG SOLIDARITAS MERAPI

  • Rumah Pelangi
    Message 1 of 1 , Apr 30, 2010
      GALANG SOLIDARITAS MERAPI

      Seorang anak bertanya pada dunianya:

      "Aku ingin bercerita tapi kepada siapa?

      Aku ingin mendengar cerita tapi dari siapa?"

      Berawal pada tahun 2005, Rumah Pelangi beserta komunitas–komunitas lereng Merapi bermimpi mewujudkan area ramah anak (child friendly space), sebuah ruang fisik dan psikologis yang memberikan kesempatan anak–anak berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat. Jejaring ini telah menumbuhkembangkan kepekaan anak terhadap realita sosial, alam lingkungan, dan relasi antar manusia yang diwujudkan dalam rutinitas kegiatan.

      Salah satu media pembelajaran yang dilakukan yakni melalui kesenian tradisi dimana didalamnya terkandung nilai–nilai ajaran mengenai kepedulian, solidaritas, dan kebersamaan. Semenjak tahun 2007 Rumah Pelangi dan komunitas2 lereng Merapi menggelar hajat budaya anak-anak TLATAH BOCAH (Bhs Ind.: area ramah anak) dalam bentuk festival selama 1 bulan.

      Pada penyelenggaraan tahun 2010 ini berjudul "TUTUR TINULAR: Tuturing Ati Tinular ing Pakarti" (Bercerita Sepenuh Hati Memaknai Pekerti) dimana kegiatannya berupa workshop dongeng, workshop sablon, sarasehan, pasar rakyat, pemutaran film, dan festival seni tradisi anak-anak. Kegiatan dilaksanakan dari tgl 12 Juni - 11 Juli melibatkan 22 komunitas di Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Perbukitan Menoreh dari 4 Kabupaten. Lokasi acara berada di Dusun Gowok Pos dan Dusun Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

      Penggalangan sumber daya penyelenggaraan festival tersebut dengan cara menyediakan cinderamata berupa kaos, tas, dan pin khas TLATAH BOCAH. Selain itu diadakan pengumpulan pakaian layak pakai untuk pasar rakyat serta pengumpulan buku cerita anak-anak di berbagai kota. Saat ini sudah banyak posko bertebaran di kota Yogyakarta, Samigaluh, Muntilan, Magelang, Borobudur, Salaman, dan Candimulyo untuk mendekatkan diri pada Anda jika ingin berpartisipasi. Tidak inginkah ceria bersama anak-anak khususnya lereng Merapi?

      Informasi:

      Email : TlatahBocah@...
      Facebook : Tlatah Bocah
      Twitter : @tlatahbocah