Bls: [PeaceGeneration] Saya ngga nyaman

  • Ikie_Djokdja
    Message 1 of 4 , Jan 25, 2009

      hai hai hai...

      salam,

      mungkin yg dimaksud Astrid adalah email2 yg saya posting terkait Israel-Palestine.
      dan bukan mungkin lagi, it's so obvious....
      tanpa bermaksud pembelaan apa2 kok..hehe...peace... *dg kepala dingin :) *

      Saya jawab satu satu yah..

      yang dari Astrid dulu..

      saya berharap, milis ini merupakan sarana kita untuk saling kasih kabar, networking, tanya kemajuan Pisgen..terutama Peace Camp yg kabarnya akan dilaksanakan tahun ini.

      Ya, itu harapan Astrid....mungkin bisa ditanyakan ulang, milis ini buat apa saja, klo misalnya hanya buat sekedar kegiatan Peace Camp, rapat2, bla bla bla, info kerja, beasiswa, monggo silahkan, dan adminnya silahkan menjawab saja. Semisal email2 semacam "nice story", "humor, ataupun informasi non-pisgen dilarang, ya monggo tergantung kesepakatannya seperti apa. atau sekalian admin bikin tret survey minta pendapat ke anggota milis? ya silahkan. :) saya manut..hehehe...

      Saya bakal seneng banget bisa bantu-bantu, tapi ikutan milisnya, jadi males, banyak email nyolot nih.

      Terkait email2 ini mungkin bisa disiasati dg penulisan Topik email yg jelas: klo topiknya udah gak mo dibaca gak usah diibuka. langung delete aja. (dan itu sangat lazim dilakukan email users, atau milisters). tapi klo ternyata nanti disepakati milis ini hanya berisi email terkaitf pisgen saja, insyaAllah saya gak bakal kirim email itu lagi kok... :p

      Yang kedua dari mb Vicki

      Ingat ga? Cita-cita besar kita untuk merayakan perbedaan, menanamkan toleransi, menyebarkan perdamaian, dan melihat segala sesuatu secara holistik.

      Saya msh bingung, ini konteksnya apa, apakah konteksnya Israel-Palestina, atau pengirim email A.K.A saya - penerima email A.K.A pisgeners.

      Klo konteksnya Israel-Palestine,
      well, saya melihat konflik di Gaza sana sudah sangat holistik dan menggunung. Apa yg saya lakukan justru dg mengungkap sesuatu yang telah terjadi akibat sikap "damai" dg cara diam-nya Eropa dan Amerika serta bahkan pemimpin negara2 Arab sendiri. Apalagi kalo bukan konspirasi? ya, cara saya berbagi info adalah cara terlemah dalam menyikapi betapa tidak adanya perdamaian di bumi Palestina.
      Lalu skrg, setelah 1300 korban tewas yg sebagian besar anak2 dan wanita, Israel? baru mo berdamai? Saya kira ini bukan hal yg pertama. Ada puluhan resolusi yg dilanggar Israel, penggunaan posfor, penghancuran masjid dan sekolah, dan msh banyak lainnya..

      kalo kekerasan yg dilakukan Israel adl bentuk perbedaan yg bisa juga kita rayakan, maaf ini sunggah bentuk dehumanisasi. *dan saya yakin bukan ini maksud mb Vicki :-) hehehe...

      Kita memang menghargai perbedaan pendapat, tapi orang yang menyampaikan pendapat pun juga ada aturan mainnya. Semua masih dalam konteks yang logis, menghilangkan segala prasangka, dan tidak mnyeakiti pihak-pihak lain.

      Nah yg ini saya bingung, selama ini saya hanya memberikan data yg juga saya dapat dan tidak bermaksud menyakiti org lain. Klo misalnya berkenan, silahkan juga posting data terkait jika merasa berat sebelah.

      KIta juga sering berbeda pendapat, tapi kita selalu mendiskusikan segala sesuatu secara sehat. Misalnya, kita berdiskusi tentang Israel-Palestina, yang kita diskusikan bukan aku membela siapa, atau dia membela siapa. Tapi kenapa dengan Israel, atau kenapa dengan Palestina, kenapa dengan orang-orang, kenapa dengan semuanya.

      Selama ini saya merasa memposting itu bukan untuk membela, tapi memaparkan tulisan2 orang lain. Nah dari situ silahkan temen2 berkesimpulan. Lah wong temen2 juga punya filter intelektual toh..kalo gak percaya ya tidak apa-apa..silahkan cari info lainnya...
      Mo bela atau tidak saya juga tidak mengarahkan. Persis yg mb Vicki bilang, "kenapa dg Israel, kenapa dg
      Palestine" ...lalu saya kira, saya memposting email yg isinya kenapa Israel spt itu ya karena bla bla bla bla....

      Klo pun ada data lain, ayo silahkan diposting. Bukankah tu sudah sehat? Saya merasa tidak juga banyak baca, tapi dg apa yg sudah saya ketahui, saya merasa wajib berbagi dg org lain.

      Guys, please this is Peace Gen. Kita tidak menghakimi, kita tidak menghujat dan kita tidak mencela. Inilah yang membedakan kita dengan yang lainnya. Kalau kalian masih ingat terbentuknya komunitas ini. Inilah komunitas yang mendewasakan aku, membuatku nyaman dengan semua perbedaan atau keanehan yang kumiliki.

      Kita memang tidak menghakimi, tetapi sesuatu yg terjadi di Gaza adalah sesuatu yg jelas-jelas bertentangan dg apa yg kita yakini di Peace Gen. Peace, ANV, dan hal hal kecil lainnya yg saya dapat di PEace GEn menjadi begitu utopis dan egois ketika saya hanya berdiam diri. Selemah-lemah iman seseorang (terlepas agama apapun dia sekalipun agnostic), paling banter ya hanya bisa mengutuk, krn minimal dia masih memiliki nurani. Dan itu adl apa yg saya lakukan dg postingan email email itu. Dan sikap kita adalah satu, menolak segala bentuk kekerasan disana. Lalu lalu lalu, saya merasa sikap ANV yg selama ini kita lakukan sudah tdk berlaku lagi dalam konflik Gaza itu.... lihat saja berkali2 upaya damai selalu dilanggar..dan itu puluhan sodara sodara..

      Dan klo tmn2 mo kritis, Hamas yg dituduh memulai dlm konflik kali ini adalah justru dipicu oleh apa yg dilakukan Israel. Tidak ada berita yang menyebutkan fakta bahwa pemutusan gencatan bersenjata oleh HAMAS itu didahului oleh surat protes gerakan perlawanan itu atas terbunuhnya 4 orang petani di Gaza oleh tentara Israel.

      Tidak ada yang mengingatkan bahwa Israel terus melanggar perjanjian damai yang disepakatinya sendiri dengan membiarkan pemukiman ilegal terus tumbuh. Kita juga tak boleh lupa dengan tembok pemisah apartheid Israel yang memutus akses rakyat Palestina pada kebutuhan vital kehidupan. Belum lagi blokade Gaza yang lebih kejam dari Blokade Berlin pada masa Perang Dingin.

      So, kalau milisnya aja udah bikin ga nyaman, berarti komunitasnya juga sudah mulai dipertanyakan. Apakah Pisgen mulai mengeksklusifkan diri, berpihak, dan bergeser nilai-nilainya? Ketika seseorang sudah mera ga nyaman karena sikap orang lain, dia sudah menjadi korban kekerasan.

      Saya tidak mengajak temen2 untuk menghakimi, tapi memberi data. Silahkan saja berkesimpulan. Atau mau cuek dan tidak peduli?? Ya itu adalah kebebasan bersikap. Klo temen2 merasa tidak nyaman dg sikap yg saya lakukan tidak apa-apa. Tapi saya jga seharusnya bisa bilang jika saya mungkin jg merasa tidak nyaman dg sikap "cuek" nya pisgen... Lah membantu org yang menjadi korban kekerasan (a.k.a korban konflik GAza) dg materi saja tidak, masa' hanya sekedar berbagi dan ber empati tidak boleh. (mengutuki)...

      Lalu bentuk kontribusi minimal kita adalah?

      Saya juga tdk ragu bhw teman-teman juga sepakat bhw apa yg terjadi di sana adalah sebuah kekerasan yg amat sangat.
      Di milis ini, saya hanya ingin berkontribusi terhadap apa yg terjadi di sana dlm bentuk berbagi informasi. Bukan persoalan berat sebelah atau membelah siapa-siapa, karena tanpa saya bela pun dunia telah mengecam Israel. *karena lagi-lagi, itu sangat bertentangan dg nilai Peace Gen.

      Saya jadi teringat dg celetukan salah seorang rekan buaya kecil yg mengatakan bhw komunitas ini seperti tidak ada manfaatnya bagi orang lain. Dan minimal, kita tlh menyangkalnya dg mengadakan Aksi Damai beberapa hari yg lalu di 0 Km Jogja. Dan itu...adalah salah satu bentuk keberpihakan..bentuk keberpihakan bhw kita mengecam segala bentuk kekerasan.

      DISCLAIMER: Cecuap ini akan mentah jika nanti pada akhirnya milis ini dibatasi hanya untuk cerita dan informasi terkait Pisgen saja. Dan jika memang itu nantinya, tidak apa apa.... keputusan bersama toh..

      Salam Damai...

      *masih dg kepala dingin :)

      M Solihin Fikri

      Mobile Content Developer

      DetikCom

      www.detik.com

      Mobile: +62817461947

      Blog    : http://defickry.wordpres.com

      From: astrid <astridminumteh@ yahoo.com>
      Subject: [PeaceGeneration] Saya ngga nyaman
      To: PeaceGeneration@ yahoogroups. com
      Date: Sunday, January 25, 2009, 1:01 AM

      Hay All,,

      beberapa email dari milis Peace Generation, bikin saya engga nyaman

      maap, adminnya sapa yaw??

      saya mau keluar aja. dari pada panas. banyak email yang membuat saya engga berkenan.

      saya berharap, milis ini merupakan sarana kita untuk saling kasih kabar, networking, tanya kemajuan Pisgen..terutama Peace Camp yg kabarnya akan dilaksanakan tahun ini.
      Saya berharap, milis ini, berguna untuk kemajuan Peace Generation. tapi saya keburu kecewa niy.

      dukungan saya tetep untuk Peace Generation, terutama semangat Buaya Kecil untuk bikin Peace Camp 2009 ini..saya bakal seneng banget bisa bantu-bantu, tapi ikutan milisnya, jadi males, banyak email nyolot nih.

      *sigh*

      regards,
      astrid

      Dapatkan nama yang Anda sukai!
      Sekarang Anda dapat memiliki email di @... dan @rocketmail. com.

      Selalu bersama teman-teman di Yahoo! Messenger
      Tambahkan mereka dari email atau jaringan sosial Anda sekarang!

      Coba Yahoo! Messenger 9.0 baru Akhirnya datang juga!
    • atin prabandari
      Message 2 of 4 , Feb 1, 2009
        maaf ya, saya gabung

        pertama saya ingin sampaikan respect pada Fikri yang masih berkepala dingin, semua argumen yang diberikan Fikri masuk akal di benak saya
        kedua, sebagai pisgener saya percaya bahwa menjadi generasi damai dan nir kekerasan bukanlah berarti anti keberpihakan, hanya saja kita punya cara lain dalam menyikapi dan mengekspresikan keberpihakan itu :) dan secara kita adalah komunitas nir kekerasan, maka sungguh sangat wajar jika isu isu yang menyangkut kekerasan, subordinasi, marginalisasi, penindasan dan seterusnya menjadi bagian dari menu sehari-hari kita. menjadi nir kekerasan SAMA SEKALI BUKAN mengekslusikan bahasan bahasan mengenai kekerasan di milis kita. justru itu soul nya. yang membedakan kita dari yang lain adalah cara kita menyajikan berita dan membahasnya. dan sekiranya ada perbedaan pendapat pun tentang siapa yang salah, saya rasa itu wajar, bukankah, mengutip kata mbak Viki, kita pissgen merayakan perbedaan? jadi kenapa mesti takut dan nggak nyaman dengan perbedaan? di sini tempatnya segala perbedaan yang wajib kita sikapi dengan sangat dewasa. so jika tidak nyaman dengan perbedaan, ya memang lebih baik keluar dari milis ini daripada kupingnya panas ^_^

        saya rasa untuk kasus israel palestine, posisi kita jelas: Warga sipil yang harus jadi porsi utama pembelaan kita, BUKAN HAMAS APALGI ISRAEL yang sama-sama (kalau menurut saya) mengorbankan warga sipil demi egonya. wallahu'alam

        salam.
        ATIN

        From: astrid <astridminumteh@ yahoo.com>
        To: PeaceGeneration@ yahoogroups. com
        Date: Sunday, January 25, 2009, 1:01 AM

        Hay All,,

[...]

        New Email addresses available on Yahoo!
        Hurry before someone else does!
      • I Nengah Budi Setiawan
        Message 3 of 4 , Feb 3, 2009
          Hmmm
          Daku mo kasi comment apa yaaah
          Namun milis kita emang bisa membuat pemikiran jadi dewasa
          Selama ini daku hanya sebagai pengamat, membaca semua tulisan dr rekan2 semua
          Hehehehe
          Ada yg nyakitin, ada yg serius ada yg lucu
          Namun bagiku semuanya emang harus di sikapi dgn kepala dingin oleh pribadi yang membaca.
          Saluut buat pisgener semua.
          Semoga pikiran baik datang dari segala arah.

          budi