Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Fw: [titianfoundation] [Fwd: Info Workshop Agustus 2008]mungkin ada yang minat?

Expand Messages
  • Iman Persada
    ... From: Iman Madaze Subject: Fw: [titianfoundation] [Fwd: Info Workshop Agustus 2008]mungkin ada yang minat? To:
    Message 1 of 1 , Jul 26, 2008
    • 0 Attachment


      --- On Thu, 7/24/08, Iman Madaze <imanpersada@...> wrote:
      From: Iman Madaze <imanpersada@...>
      Subject: Fw: [titianfoundation] [Fwd: Info Workshop Agustus 2008]mungkin ada yang minat?
      To: gemarcoklat@..., "Cahyo Anugrah" <ayox_z@...>, "wibowo arisubagio" <w_arisubagio@...>, "Yusuf Budi" <yusufbudipurwaka@...>, "ratna fadhilah" <racheave@...>, "Sri Hastuti" <hastutiksmkn1klaten@...>, "Endyas Hendrawan" <endyash@...>, "SMKN 1 Ngawen" <smkn1_ngawen@...>, "Ijo PPAN" <blaka_don@...>, "ACC UII" <asep_acc@...>, "Wahono" <wahono@...>, "Iqbal Wasisto" <iqbal_wasisto@...>, "Agung Winarno" <agungwae@...>
      Date: Thursday, July 24, 2008, 2:24 AM



      --- On Wed, 7/23/08, neila ramdhani <neila_psi@...> wrote:
      From: neila ramdhani <neila_psi@...>
      Subject: [titianfoundation] [Fwd: Info Workshop Agustus 2008]mungkin ada yang minat?
      To: titianfoundation@yahoogroups.com
      Date: Wednesday, July 23, 2008, 8:08 PM



      ------------ --------- ------- Original Message ------------ --------- -------
      Subject: Info Workshop Agustus 2008
      From: "Syeron Syahril" <syeron.syahril@ sampoernafoundat ion.org> Date:
      Thu, July 24, 2008 8:17 am
      To: undisclosed- recipients: ;
      ------------ --------- --------- --------- --------- --------- -

      Character Building

      Jumat, 1 Agustus 2008

      09:00 - 16:00 WIB

      LATAR BELAKANG

      Salah satu tantangan terbesar dalam karir Anda sebagai pendidik adalah
      menjadikan anak didik tumbuh menjadi manusia berkarakter. Hal ini
      menjadi penting karena seperti layaknya kita ketahui, keberhasilan dalam
      hidup akan dipicu oleh karakter yang berkualitas, yang tidak dapat muncul
      begitu saja.

      Dalam workshop Character Building, SF TI akan mengajak Anda menggali inti
      dari karakter yang berkualitas, cara menumbuhkembangkann ya pada anak didik
      dan cara penyampaian efektif berbagai nilai-nilai yang
      berlaku dalam masyarakat sehingga anak didik memahami tentang esensi dari
      pentingnya karakter yang berkualitas dalam hidup.

      tUJUAN

      Kemampuan komprehensif yang dimiliki dan dapat digunakan oleh pendidik
      untuk dapat menghasilkan siswa dengan karakter yang berkualitas.

      YANG AKAN ANDA Peroleh

      * Pengetahuan tentang pembentukan karakter yang baik,
      diawali dengan menjadi pemain dalam tim.

      * Penjabaran tentang enam pilar dalam karakter

      * Proses pengambilan keputusan yang tepat secara etika
      dan efektif.

      * Pengenalan emotional and spiritual quotient (ESQ)
      yang cocok untuk anak.

      * Penggunaan beberapa teknik praktis atau bahan kajian
      dalam dalam bentuk produk tulisan, penampilan, proyek,
      portofolio, permainan dan diskusi.

      Pokok Bahasan

      * Sesi 1 - Cara Membentuk Karakater yang Baik
      (menjadi pemain dalam tim)

      * Sesi 2 - Enam Pilar dalam Karakter

      * Sesi 3 - Pengambilan Keputusan yang Tepat Secara
      Etika dan Efektif

      * Sesi 4 - Pengenalan ESQ untuk Anak

      Dirancang untuk

      Guru SD, SMP dan SMA.

      Fasilitator

      Desiree

      Di bidang pendidikan, Desiree, yang memiliki gelar sarjana biologi dari
      IPB, telah memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman mengajar di sekolah
      dasar dan sekolah menengah. Menggunakan spesialisasi beliau di bidang
      pedagogi, pengelolaan kelas, character building, kurikulum, strategi
      pembelajaran dan penilaian, beliau telah menerbitkan tiga buku dengan
      judul Mengasah Logika Anak (2005), Mengasah ESQ Anak (2006) dan
      Meningkatkan ESQ Anak (2007).

      Strategies and Teaching Aids in Math for SD

      Hari ke-1: Sabtu, 2 Agustus 2008

      Hari ke-2: Rabu, 13 Agustus 2008

      09:00 - 16:00 WIB

      Latar Belakang

      Matematika adalah mata pelajaran yang paling susah. Persepsi dengan nada
      seperti ini seringkali muncul di benak siswa dan membuat mereka menjadi
      takut, malas atau enggan untuk belajar matematika. Untuk membantu Anda
      dalam menjawab tantangan ini, SF TI merancang workshop interaktif yang
      berlangsung selama dua hari yang akan memaparkan cara sederhana namun
      inovatif dalam hal pengajaran matematika, antara lain dengan menggunakan
      alat bantu pengajaran (teaching aid) dan menggunakan pendekatan baru dalam
      menyelesaikan soal.

      Dalam hari pertama workshop Strategies and Teaching Aids in Math for SD,
      kami akan mengajak Anda untuk menggali dan mempraktikkan keterampilan Anda
      dalam mengembangkan alat bantu pengajaran untuk mata pelajaran Matematika
      yang dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa, menanamkan suatu konsep,
      fakta atau ide ke benak siswa, atau mengurangi ketegangan, rasa enggan
      atau kebosanan siswa dalam belajar. Alat bantu ini akan dibuat dari
      perlengkapan murah, sederhana, dan tersedia di mana-mana.

      Di hari kedua, workshop akan memaparkan strategi dalam menuntun
      siswa-siswa "biasa" dalam memecahkan soal-soal yang "tidak biasa",
      terutama soal cerita--yang terkadang membuat frustasi guru-di tingkat
      sekolah dasar dengan menggunakan kurikulum internasional. Strategi
      pemecahan soal ini akan menggunakan "The Model Approach", suatu
      pendekatan dengan menggunakan contoh visual yang disesuaikan dengan tipe
      soal yang biasa dihadapi siswa.

      Tujuan

      * Guru Matematika mampu mengembangkan strategi
      pengajaran yang kreatif dan praktis dengan menggunakan alat bantu yang
      sederhana dan menarik untuk murid tingkat sekolah dasar.

      * Guru Matematika mampu mengembangkan strategi
      pengajaran yang kreatif dan praktis dalam menuntun siswanya memecahkan
      persoalan matematika yang ''tidak biasa" sesuai dengan kurikulum
      berbasis internasional.

      Yang akan Anda Peroleh

      * Kiat merancang dan mengembangkan alat bantu
      pengajaran Matematika.

      * Cara menggunakan alat bantu dalam pengajaran.

      * Praktik membuat alat bantu dalam mata pelajaran
      Matematika.

      * Pengetahuan tentang The Model Approach, pendekatan
      berbasis contoh visual dalam memecahkan soal.

      * Strategi dan langkah-langkah dalam menuntun siswa
      memecahkan soal cerita.

      Pokok bahasan

      * Prinsip Penggunaan Alat Bantu dalam Pengajaran

      * Perancangan, Pengembangan dan Penggunaan Alat Bantu

      * The Model Approach: Latar Belakang, Prinsip dan
      Penggunaan

      * Pembahasan Contoh Soal Tidak Biasa dan
      Pemecahannya

      Dirancang untuk

      Guru Matematika SD.

      Fasilitator

      Anton Noornia

      Drs. Anton Noornia, M.Pd adalah salah satu tenaga pengajar di Fakultas
      Matematika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) hingga saat ini. Beliau
      menyelesaikan berturut-turut gelar sarjana dan pasca sarjana di bidang
      Pendidikan Matematika dan Matematika Dasar UNJ. Beliau sering menjadi
      pembicara dalam pelatihan bagi guru-guru matematika dan juga menjadi
      pengarang beberapa buku mengenai pelajaran matematika. Saat ini beliau
      sedang meneruskan pendidikan untuk meraih gelar Doktor di bidang
      Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.

      Ronald Sipayung

      Seusai mendapatkan gelar sarjananya dari Fakultas MIPA Institut
      Pertanian Bogor, Ronald Sipayung memulai karir beliau di bidang
      pendidikan dengan menjadi guru, dan kemudian di beberapa sekolah
      internasional (IGCSE O- dan A-level) dan nasional plus di daerah Jakarta
      dan sekitarnya. Berbekal dengan ketertarikan dan pengalaman beliau
      mengajar dalam bidang matematika, pedagogi dan sains, beliau memantapkan
      diri untuk menggeluti dunia pendidikan dengan bergabung dalam Sampoerna
      Foundation Teacher Institute di awal tahun 2008.

      Different Teaching Strategies for Different Children's Learning Styles

      Hari ke-1: Sabtu, 2 Agustus 2008

      Hari ke-2: Sabtu, 23 Agustus 2008

      09:00 - 16:00 WIB

      Latar Belakang

      Adalah suatu kenyataan bahwa dalam suatu kelas, guru akan berhadapan
      dengan siswa dengan berbagai karakteristik yang berbeda. Salah satu dari
      keberbedaan siswa adalah dalam cara mereka menyerap informasi dan cara
      mereka belajar.

      Dapat dibayangkan, jika guru hanya mengandalkan metode mengajar yang
      seragam untuk siswa dengan cara belajar yang beragam, maka dapat
      diprediksi bahwa siswa tidak akan belajar secara optimal, dan tujuan
      pengajaran akan sulit tercapai.

      Workshop berjudul Different Teaching Strategies for Different Children's
      Learning Styles bertujuan untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan
      keterampilan untuk mengajar dengan menggunakan metode yang dapat
      merangsang siswa untuk menunjukkan potensinya secara optimal sesuai dengan
      cara belajar mereka yang bervariasi.

      Tujuan

      Peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai metode
      pengajaran yang disesuaikan dengan cara belajar siswa yang
      bervariasi.Peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai
      metode pengajaran yang disesuaikan dengan cara belajar siswa yang
      bervariasi.

      Yang akan Anda Peroleh

      * Pengetahuan mengenai berbagai cara belajar siswa
      yang berbeda.

      * Keterampilan untuk mengenali cara belajar siswa yang
      berbeda

      * Keterampilan untuk merancang aktivitas
      pembelajaran yang disesuaikan dengan berbagai cara belajar siswa

      Pokok bahasan

      * Sesi 1 - Keberagaman Cara Belajar Siswa

      * Sesi 2 - Mengenali Cara Belajar Siswa

      * Sesi 3 - Pengembangan Aktivitas Pembelajaran yang
      Sesuai dengan Berbagai Cara Belajar Siswa I

      * Sesi 4 - Pengembangan Aktivitas Pembelajaran yang
      Sesuai dengan Berbagai Cara Belajar Siswa II

      Dirancang untuk

      Guru SD.

      Fasilitator

      Justiana Tjaya

      Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang psikologi, Psikolog
      Justiana Tjaya telah dipercaya untuk menyampaikan berbagai pelatihan dan
      seminar dengan tema yang mencakup pengembangan sumber daya manusia dan
      siswa di sekolah. Saat ini beliau menjadi associate psychologist pada biro
      pelayanan psikologi INTI DATA, Jakarta, sekaligus menjadi psikolog dan
      staf Bimbingan Konseling Sekolah Santa Laurensia, Serpong.

      Strategies for New Teachers I

      Hari ke-1: Selasa, 12 Agustus 2008

      Hari ke-2: Rabu, 13 Agustus 2008

      09:00 - 16:00 WIB

      Latar Belakang

      Guru baru umumnya menemukan beberapa tantangan di dalam menjalani tugas
      barunya. Beberapa tantangan dapat disebabkan oleh keantusiasan dalam
      memulai sesuatu yang baru, kepercayaan diri yang masih harus
      dikembangkan, atau kesulitan dalam menangani masalah--terutama masalah
      yang menyangkut siswa-yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

      Jika demikian, penting untuk seorang guru baru untuk dapat menerapkan
      semua pengetahuan yang diperolehnya di bangku kuliah, mengembangkan
      strategi untuk menerapkan teori pembelajaran dalam praktik mengajarnya
      maupun strategi untuk memecahkan masalah, dan dapat merancang rencana
      pembelajaran sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.

      Hal-hal ini akan diulas dalam workshop SF TI yang berjudul Strategies for
      New Teachers. Dalam workshop ini, kami akan mengajak Anda untuk melihat
      peranan yang dapat dikembangkan oleh guru baru, serta membekali mereka
      dengan rencana dan strategi dalam menjalankan tugasnya.

      Tujuan

      Peserta dapat menerapkan strategi pengajaran yang dikembangkan dari
      pengetahuan- pengetahuan dasar pembelajaran, yang selain akan
      meningkatkan minat siswa dalam belajar, juga dapat meningkatkan rasa
      percaya diri dalam mengajar.

      Yang akan Anda Peroleh

      * Pengetahuan tentang berbagai macam keterampilan yang
      diperlukan

      * Kiat mengembangkan strategi praktis untuk para guru
      baru

      * Berbagai contoh kasus yang ditemui di lapangan

      * Kesempatan bertukar pengalaman dan mendapatkan
      masukan antar peserta dan antar peserta dan fasilitator

      Pokok bahasan

      * Sesi 1 - Tantangan yang Dihadapi oleh Para Guru Baru

      * Sesi 2 - Mengembangkan Strategi Pengajaran 1

      * Sesi 3 - Mengembangkan Strategi Pengajaran 2

      * Sesi 4 - Refleksi

      Dirancang untuk

      Guru SD, SMP dan SMA.

      Fasilitator

      Markus Mardianto

      Markus Mardianto mendapatkan gelar sarjananya dari Institut Pertanian
      Bogor di mana dia juga menjadi konsultan pendidikan untuk Lembaga Bahasa
      Inggris untuk Mahasiswa. Beliau juga pernah menjadi guru kelas di
      Sekolah Bogor Raya dan dengan sukses mendapatkan penghargaan
      "Outstanding Junior Teacher" pada masa tugasnya. Saat ini beliau menjadi
      fasilitator di bidang pedagogi dan Program Developer di SF TI.

      Firman Fridayanto

      Setelah mendapatkan gelar sarjananya dari Universitas Sebelas Maret,
      Program Developer dan fasilitator tetap Firman Fridayanto memulai
      karirnya di bidang pendidikan sebagai staf pengajar sekolah dasar dan
      sekolah menengah atas. Beliau juga pernah tergabung dalam tim yang
      menerbitkan majalah berbahasa Inggris pertama di Wonogiri, Jawa Tengah.
      Beliau sering menjadi pembicara dalam workshop yang menyangkut manajemen
      kelas, penilaian siswa, dan pembelajaran kolaboratif.

      Developing Creative Activities for Teaching English (Elementary
      level/SD)

      Day 1: Tuesday, August 19, 2008

      Day 2: Wednesday, August 20, 2008

      09:00 - 16:00 WIB

      BACKGROUND

      Students' learning process calls for a constant variation in their
      learning. As English teachers, we're almost always on the lookout for new
      and interesting ways to stimulate our language learners. When
      learners enjoy class activities they will learn more. On of the
      challenges of teaching English as a foreign language is the lack of
      state-of-the- art instructional materials.

      A solution to the scarcity of effective materials is the implementation of
      creative classroom activities that move beyond the dependence on
      textbooks. Hence, creativity is one of the more recent concerns of our
      profession. Developing creative activities with a view to enhancing
      students' language ability is indeed valuable and exciting, thus we should
      not neglect our own creativity potential. Many teachers claim that they do
      not have the ability to be creative. The question, then, being addressed
      in this workshop is how to develop our own creative abilities as teachers.

      OBJECTIVE

      Through this workshop, teachers are able to develop their own potential to
      create diverse yet interesting activities using realia and other authentic
      materials. In addition, teachers are able to utilize a group of methods to
      make students enjoy learning the target language.

      WHAT YOU WILL ACQUIRE

      * Knowledge in developing your own creativity
      potential

      * Applicable techniques in designing creative
      classroom activities.

      * Useful and relevant examples of communicative
      activities using authentic materials.

      COURSE OUTLINE

      * Session 1 - How to develop our own creativity

      * Session 2 - Techniques in designing creative
      classroom activities.

      * Session 3 - Practice on designing classroom
      activities using authentic materials or

      limited resources 1

      * Session 4 - Practice on designing classroom
      activities using authentic materials or

      limited resources 2

      DESIGNED FOR

      SD English teachers and English teachers for young learners

      FACILITATOR

      Poltak Z. Simanjuntak

      Combining his Bachelor's degree from IKIP and Master's degree in Human
      Resources Management, SF TI's full-time programme developer and English
      facilitator Poltak Z. Simanjuntak has spent more than fifteen years
      teaching English and managing English course for public and in-house
      classes. His experience includes designing courses and providing
      teaching materials, done mostly during his time as the principal of The
      Language Academy. To facilitate students from various ages becomes his
      basic foundation in developing programmes and setting class activities.

      Susilowaty

      Utilizing her potent degrees in Economics, Statistics, and Teaching
      English to Speakers of Other Languages (TESOL) from Southern Illinois
      University, USA, Susilowaty complements Sampoerna Foundation Teacher
      Institute facilitators with her vast knowledge and strong experience in
      English learning and teaching. While teaching English to various age
      groups, she has also developed a strong expertise in curriculum design,
      material development and student assessment.

      Interactive Teaching Biology for SD

      Kamis, 21 Agustus 2008

      09:00 - 16:00 WIB

      LATAR BELAKANG

      Pembelajaran satu arah (guru yang berdiri di depan kelas dan siswa sibuk
      mencatat atau mendengarkan) bukanlah cara belajar yang paling efektif
      untuk mencapai tujuan pembelajaran. Saat ini, guru diharapkan dapat
      mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif, menarik, dan
      memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar dari pengalaman. Cara
      belajar seperti ini selain akan membuat siswa senang dan giat belajar,
      juga membuat subjek pelajaran tampak lebih mudah dan menarik.

      Metode pembelajaran yang memfasilitasi siswa belajar dari pengalaman, yang
      sering disebut dengan experiential education, mengutamakan
      pembelajaran secara langsung (hands-on), lewat pengamatan contoh,
      peragaan, atau praktik langsung. Walaupun tampak sebagai sebuah metode
      yang baru dan modern, pembelajaran seperti ini sebetulnya tidak selalu
      membutuhkan sumber daya yang baru, rumit, dan mahal, tapi dapat dengan
      mudah diselenggarakan dengan menggunakan barang bekas yang mudah
      ditemukan, sederhana, dan murah.

      Dalam workshop berjudul Interactive Teaching Biology for SD, SF TI
      mengajak Anda mempelajari metode pembelajaran interaktif dengan
      menggunakan alat bekas berupa botol plastik kosong sebagai sarana,
      terutama dalam belajar Sains, alam, dan pengenalan lingkungan, melalui
      beberapa projek yang akan mengeksplorasi hal-hal tersebut.

      TUJUAN

      Guru yang mampu mengembangkan metode pembelajaran Biologi secara
      interaktif, melalui praktik projek-projek atau eksperimen yang
      menggunakan bahan-bahan sederhana sebagai alat bantu pengajaran.

      YANG AKAN ANDA PEROLEH

      * Pengetahuan tentang cara mengembangkan alat bantu
      pengajaran Biologi menggunakan botol plastik kosong.

      * Berbagai contoh projek beserta kiat-kiat untuk
      melaksanakannya.

      * Cara mengembangkan keterampilan sains dan
      kemampuan berpikir siswa dengan menggunakan metode ini.

      POKOK BAHASAN

      * Sesi 1 - Pengenalan Metode

      * Sesi 2 - Dasar-Dasar 1

      * Sesi 3 - Dasar-Dasar 2

      * Sesi 4 - Berpikir ke Depan: Dampak untuk Siswa

      DIRANCANG UNTUK

      Guru SD

      FACILITATOR

      Aditya Dharma

      Karir baru Aditya Dharma di bidang pendidikan dimulai saat beliau
      menjadi staf pengajar tetap di salah satu sekolah swasta terkemuka di
      Indonesia. Beberapa pelatihan menarik berskala nasional dan
      internasional telah beliau ikuti. Beliau juga berkesempatan menyampaikan
      banyak pelatihan untuk sekolah-sekolah dan staf pengajar di berbagai
      propinsi di Indonesia. Hingga saat ini beliau masih aktif menyampaikan
      materi dengan topik perubahan paradigma, guru dan kepemimpinan,
      kemampuan berpikir dan bertanya, manajemen kelas, penilaian serta
      strategi pembelajaran praktis lainnya.

      Informasi dan Pendaftaran

      Ibnu

      * Phone: 021-5772275 ext 7536

      * Fax: 021-5772276

      * Mobile: 0811969107

      * Email: rosal.rusud@ sampoernafoundat ion.org
      <mailto:deasy.ariani@ sampoernafoundat ion.org>

      Syeron

      * Phone: 021-5772275 ext 7538

      * Fax: 021-5772276

      * Mobile: 081674864802

      * Email: syeron.syahril@ sampoernafoundat ion.org
      <mailto:syeron.syahril@ sampoernafoundat ion.org>

      Syarat dan Kondisi

      * Workshop akan diselenggarakan jika jumlah peserta
      minimum tercapai 6 orang

      * Investasi untuk 1 hari workshop adalah Rp.
      400.000,-

      * Diskon 25% untuk pendaftaran 4 peserta sekaligus
      (group registration)

      * Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening

      Yayasan Putera Sampoerna

      BCA KCP Bursa Efek Jakarta

      A/C 458.301.0222

      SYERON SYAHRIL

      SAMPOERNA FOUNDATION TEACHER INSTITUTE

      Sampoerna Strategic Square Tower A LT. 18

      Jl. Jend. Sudirman Kav 45 Jakarta 12930

      Phone : 577 2275 ext. 7538

      Fax : 577 2276

      Mobile : 0817 486 4802

      Email : syeron.syahril@ sampoernafoundat ion.org

      Website : www.sf-teacher. org

      cheers'

      nei'

      Neila Ramdhani
      Faculty of Psychology
      Gadjah Mada University
      Bulaksumur, Yogyakarta
      Indonesia

      Telp +62 274 550435
      Fax +62 274 550436
      HP +62 81125 9326
      http://neila. staff.ugm. ac.id



    Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.