cerita dari International Youth Forum 2008, moga bermanfaat!!!

  • ferdiansyahi
    Message 1 of 5 , Jul 4, 2008

      Salam damai buat para PeaceGeners,

      Bagi yang belum kenal atau lupa-lupa ingat dengan saya, terutama generasi terdahulu.

      Saya Irwan-T.NuklirUGM2007, anak PeaceGen angkatan JPAR, berarti generasi ke-6 ya!

      Mau sharing mengenai International Youth Forum(IYF) 2008 yang saya hadiri dari tanggal 23-30 Juni 2008 bertempat di Bandung dan Garut.

      Overall acaranya seru dan dibilang sukses atas kerja keras panitia untuk mengadakan Int'l event yang mampu menghadirkan 200 peserta dari 32 negara yang berbeda(according to the committee). Quick facts about IYF:

      1. persiapan memakan waktu 1,5 tahun

      2. awalnya hanya inisiatif dari 4 orang saja

      3. yang ngadain itu komunitas lokal seperti kita(peace generation) lho.

      Seeing that facts, the question that comes up to my mind is:

      Apakah kita mampu untuk mengadakan event bertaraf internasional seperti itu atau bahkan yang lebih hebat?

      Hhhhmmm…honestly, I have no doubt that we are able to hold such an event like that or may be better. Terus yang jadi pertanyaan selanjutnya: apakah kita punya impian untuk mengadakan Int'l event dan apakah kita akan membuat impian itu menjadi nyata???

      Well, I'd like to share apa aja yang terjadi selama program IYF 2008.

      Day 1:

      1. opening ceremony di gedung konferensi asia-africa yang dibuka oleh WaGub Jabar(pak Dede Yusuf)

      2. cultural show: ada angklung, rampak gendang, dan paduan suara

      Day 2(Plenary session) di gedung KAA:

      -Ada tiga sesi:

      1. toward a peaceful world sustainability

      2. toward the Millennium Development Goals

      3. strengthening Youth as the agent of change

      -international cultural performance

      Day 3(Focus Group Discussion) di Hotel Naripan-Bandung:

      - ada tiga tema besar yang dibahas: Peace, MDGs, dan Youth

      - pada kesempatan tersebut saya memfasilitasi diskusi untu dua grup yang membahas tentang Junta Military System pada sesi pertama dan Poverty pada sesi ketiga. Hal yang sangat menarik ketika saya mengundang dua peserta dari Myanmar untuk berbicara masalah kondisi Myamar dibawah pemerintahan militer. Banyak cerita megharukan yang mereka sampaikan. Fakta yang menarik adala ketika mereka menyatakan bahwa pemerintah Myanmar tidak mengetahui bahwa mereka berada di Indonesia untuk mengikuti IYF, mereka beralasan bahwa mereka ke negara kita untuk travelling, shopping, and visiting family, karena jika pemerintah mengetahui hal sebenarnya, pastilah mereka akan ditangkap dan dipenjarakan.

      - International cultural performances

      Day 4 di Taman Ganesha ITB:

      -workshop

      -Exhibition

      -International Youth Day

      Day 5 (Tour de West Java and homestays)

      Satu hari ini acaranya refreshing aja. Dalam perjalanan ke Garut kita mampir di Saung Angklung Udjo. Disambut dengan penampilan wayang golek dan juga performance dari anak-anak kecil usia Tk dan SD yang belajar disanggar Udjo. Seru banget dan semua orang ter-amuse kayanya. Bahkan kita sempat belajar bermain angklung dan melantunkan beberapa lagu.

      Kemudian sampai di Garut, kita disambut masyarakat Desa Panawuan- Garut yang sangat antusias. Sepertinya semua orang berkumpul di jalan untuk menyambut kami. Wah wah seperti berjalan di red-carpet aja, semua orang menyalami, say hello, foto-foto, melambaikan tangan, bernyanyi untu kami, dahkan teriak-teriak...hehehehe...untung gak ada yang pingsan ;)lol.

      Setelah sampai di lapangan bulutangkis di desa tersebut, kami dibagi menjadi beberapa group dan tinggal di rumah-rumah penduduk.

      Malam harinya kami diundang oleh wakil bupati Garut(tahukan apa yang terjadi dengan bupatinya???) untuk jamuan makan malam.

      Day 6 di salah satu sekolah agama di garut:

      Membahas apa yang sudah kita dapat selama sesi-sesi di Bandung. Kemudian merumuskan ide-ide untuk menyukseskan MDGs. Peserta dibagi menjadi 8 grup sesuai jumlah poin MDGs dan mendiskusikan rekomendasi apa yang feasible.

      Melakukan community service berupa penanaman pohon dan membersihkan sekolah.

      Day 7 masih di sekolah tersebut:

      Merumuskan deklarasi dan merencanakan output dari forum ini. Pada hari terakhir di garut ini, kita sepakat akan membuat final recommendation untuk diajukan ke PBB melalui duta muda PBB yang hadir pada acara tersebut guna menyukseskan MDGs.

      Dalam perjalanan kembali ke Bandung, kita mampir ke kawasan Cipanas, having dinner dan relaksasi dengan hot spring water di salah satu tempat yang keren abis( bla bla bla Sumber Alam), lupa namanya, yang inget akhirnya aja, karena sama kaya namanya bis Karawang-Jogja..hehehe...

      Day 8 closing ceremony di Gedung Sate:

      Penutupan berlangsung di aula Gedung sate, dengan pembacaan deklarasi dan draft rekomendasi IYF 2008. Sealin itu, ada perbincangan mengenai posibilitas the next IYF yang rencananya akan diadakan di negara Afrika(kemungkinan besar Sudan).

      Saya berharap teman-teman yang lain juga berkesempatan untuk mengikuti the next IYF karena ini merupakan keseempatan yang berharga dalam hidup. Tapi memang semuanya tergantung budget juga, tapi who knows kita dapat sponsor yang lebih banyak for the next event.

      Ada quote yang menarik dari salah seorang pembicara, Pak Habib Chirzin;

      "the opposite of a peace isn't a war, but a peaceless"

      Jadi selama masih banyak orang mencari arti perdamaian, maka tugas kita as the agent of change belum selesai. Jadi tetap semangat ya teman-teman.

      Salam damai,

      Irwan Ferdiansyah

      one_siders87@...

      NB: saya juga lampirkan attachment sebagai output dari kegiatan ini. Tolong dibuka ya!!!

      sorry klo ada yg salah kata.

    • Luthfi Widagdo Eddyono
      Message 2 of 5 , Jul 6, 2008

        Irwan...

        terima kasih banyak, infonya sangat bermanfaat...

        Peace

        ^_^

        ======================================================================================
        "Transmisi ini mungkin berisi informasi yang bersifat pribadi, rahasia dan tertutup untuk dipublikasikan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. Jika anda bukanlah penerima yang dituju, bersama ini anda diperingatkan bahwa semua publikasi, penggandaan, pendistribusian, atau penggunaan informasi yang ada disini (berikut semua informasi yang terkait) adalah terlarang. Jika Anda menerima transmisi ini tanpa disengaja, harap segera hubungi pengirim dan hapus material ini seluruhnya, baik dalam bentuk elektronik maupun dokumen cetak.
        Terima kasih."

        one_siders87@ yahoo.com

        NB: saya juga lampirkan attachment sebagai output dari kegiatan ini. Tolong dibuka ya!!!

        sorry klo ada yg salah kata.

      • eman syah
        Message 3 of 5 , Jul 7, 2008
          irwan..

          u memang tidak salah bisa jadi wakil kita-kita..

          info acaranya keren banget yaw wa.....

          kenapa tidak kamu rekomendasikan secara terbuka untuk pegen kita, pasti sangat-sangat bermanfaat...

        • irwan ferdiansyah
          Message 4 of 5 , Jul 7, 2008
            buat temanku Eman,
            maksud kamu masalah rekomendasi itu gmana seh? aku gak dong bro!

            maaf klo salah nangkep pertanyaanmu.
            begini ceritanya:...hehehehe...
            dari awal bulan Mei kayanya dari mas Sony udah posting email masalah IYF ini, jadi kan dari PeaceGen itu akan ngirim satu orang saja(maklum donatur kita cuma nyediain buat satu orang), nah makanya diadain seleksi ma para PIC kita. Dan akhirnya aku deh yang ngewakilin kalian....kenapa Eman pengen juga yah?
            siapin aja klo2 nanti tahun depan ada lagi, katanya tahun depan di Sudan, Afrika loh.

            pas di Bandung, aku ketemu Nasrul-Aceh lagi loh, sama ada juga Tony(temennya Onya-Ambon).

            eh piye kabar anak2 JPAR? sepi kali ya angkatan kita?

            Message 5 of 5 , Jul 8, 2008
              wow...fantastis

              iya aku tahu kok tentang penggumumannya..

              enak dunk yah ketemu mereka nasrul lagi, jadinya bisa reuniaan kecil2an

              emang gue agak oon atau apa kali yaw, antara rekomendasi dengan presentasi aja binggung...tapi lu yahu kan maksud nya yang guah bilang pas makan ..

              hauaaauauauauauuauauaauua...

              udah gue sms sebagian tuh anak-anak...
              harus dipersiapkan neh bahasa inggris ku biar bisa seperti kamu...n yang jelas mental juga

              semangat........................Jpar n Buaya-buaya Tua mari kita saling kerja sama ...

                                                                                                               eman anak baik yang suka menabung