Re: Bls: [PeaceGeneration] Re: [OOT] tragedi Guru Oemar Bakrie

  • sigit andhirahman
    Message 1 of 3 , May 7, 2008
      Assalamu alaykum,

      kalau menurut saya tidak ada hubungannya hal tersebut
      dengan kesejahteraan guru. saya tidak tahu apa
      motivasi sebenarnya tapi jelas hal itu kriminalitas.
      sebagaimana layaknya mencuri tetap sebuah tindak
      kriminal. Orang mencuri karena miskin bukan berarti
      tindakannya dibenarkan. motif tersebut akan
      berpengaruh dalam penetapan hukumannya.
      ya kalau misal jaman khalifah umar, pencuri yang
      mencuri karena miskin tidak dihukum sebagaimana
      hukuman biasanya.
      untuk kasus guru tadi ya harusnya ada perlakuan yang
      lebih baik karena bagaimanapun mereka adalah guru.
      tapi menurut saya tetap perbuatan kriminal.

      tentang oemar bakrie, perlu kita lihat potret yang
      lebih luas juga. Menurut saya profesi guru sekarang
      tidak tragis-tragis amat.
      saya tidak tahu persis berapa pendapatannya, tapi yang
      jelas fasilitas juga banyak. gaji termasuk lumayan
      dibandingkan dengan profesi-profesi lain yang secara
      langsung terlibat dalam "produksi sebenarnya" seperti
      petani, penjahit,pengrajin, nelayan, tukang dll.
      kesempatan kredit juga melimpah.Bank-bank
      berlomba-lomba menawarkan kredit.
      meskipun kita akui juga sangat miris mendengar nasib
      guru-guru honorer.

      hal lain tentang kesejahteraan. menurut saya dalam
      masyarakat kita ada degradasi tentang idealitas dan
      ada kesadaran permakluman yang berlebihan.

      tentang idealitas: seakan-akan dengan keterbatasan
      material tidak akan tercapai prestasi yang
      sebaik-baiknya, karya yang sesungguh-sungguhnya.

      permakluman: dengan keterbatasan tersebut kita maklum
      saja dengan hal-hal yang negatif.seperti contoh guru
      di atas, atau dalam kasus klasik misalnya tentang
      pelacuran dimana-mana alasan terjadinya pasti karena
      terdesak ekonomi.
      mbok-mbok di pasar pun tidak kurang merana, petani
      tidak kurang bengkok punggungnya tapi mereka punya
      harga diri untuk memilih profesi yang menurut saya
      lebih bermartabat.

      sebenarnya berapa besar sih yang disebut sejahtera,
      atau disebut cukup?
      Kesusahan yang kita alami mungkin sebenarnya belum
      seberapa atau setidaknya tidak cukup jadi alasan bagi
      kita untuk berbuat sesuatu yang bernilai rendah.

      salam

      sigit

      know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ