Balasan: Fwd: [PeaceGeneration] Rencana program peace gen ke depan

  • Ikie_Adja
    Message 1 of 4 , Mar 10, 2008
      Nisa...kie mau nanya?? kenapa di salah satu item kegiatan, sasarannya SD Budi Mulia II, relevansinya apa?? makasih ya...

      trus, smg audiensinya sukses deh dg prof dr Michigan itu...klo bs pengen attachment proposalnya donk..pengen dipelajari, kali aja saya bs cari2 info di Aussie..krn governor sini lagi interest dg Peace Issue..

      Kie

      defriliona sjafriel <defriliona@...> wrote:
      wah,,,sayang baget aku baru liat emailnya..
      wah asik banget,banyak bgt acaranya.
      oya,mba nisa,,katanya kalo ada yang mw KKN bisa bantuin ngadain acara..tul ga??
      tar kapan gitu defri mw ketemu yah,,,ngobrol2 ma temen2 peace gen,,
      sip??? thx...
      oya,,maav jarang kesana lagi,,maklum lah,,sibuk ngurusin KKN ma marching...hweheheh e...kalo ada waktu,aku usahain kesana. Thx

      Kepada: PeaceGeneration@yahoogroups.com
      Dari: "annisagita" <annisagita@...>
      Tanggal: Sat, 08 Mar 2008 13:20:07 -0000
      Topik: [PeaceGeneration] Rencana program peace gen ke depan

      Dear teman-teman Peace Generation,

      Pertengahan bulan ini American Friends Service Committee (AFSC)
      hendak mempertemukan Peace Generation dengan seorang guru besar dari
      Michigan yang merupakan dewan pembina AFSC. Pertemuan ini juga akan
      dihadiri seorang funding. Menanggapi undangan tersebut, hari Sabtu
      tanggal 8 Maret 2008, PIC Peace Gen kumpul untuk membahas point-point
      yang hendak disampaikan di pertemuan nanti.
      Pada dasarnya akan ada dua hal yang disampaikan:
      • Pertama, apa saja yang telah Peace Gen lakukan
      • Kedua, program kerja Peace Gen ke depan

      Terkait hal tersebut, rapat PIC kemarin baru membuat gambaran kasar
      dari program kerja yang sekiranya visible untuk dilakukan oleh Peace
      Generation.

      1. Story Telling tentang Perdamaian
      Rasionalisasi : menyampaikan nilai-nilai perdamaian kepada anak-
      anak
      Metode : story telling
      Sasaran : anak-anak SD Gondosuli, Imogiri

      2. Peace Tour
      Rasionalisasi : mengenalkan keberagaman kepada anak-anak dengan
      cara mengunjungi beberapa tempat di Jogja yang multikultur seperti
      Kampung Hindu, Wihara Budha Prabha, etc. Intinya, learning by
      experience.
      Sasaran : anak-anak SD Budi Mulia II

      3. Pertandingan Perdamaian
      Rasionalisasi : menciptakan kerja sama antara sekolah yang
      memiliki sejarah permusuhan.
      Metode : pertandingan olahraga.
      Rules : setiap sekolah yang menjadi target akan
      mengirimkan perwakilannya untuk kemudian di mix dengan sekolah lain
      dalam satu team. Setiap team nantinya akan terdiri dari dua sekolah.
      Diharapkan dengan interaksi dan kerjasama ini mampu meminimalisir
      kekerasan yang sering terjadi antar dua sekolah.
      Sasaran : SMA Muh 1 dan SMA Bopkri 1

      4. Diskusi Remaja
      Rasionalisasi : memperlihatkan kepada remaja kerugian dari tawuran.
      Sasaran : Sepuluh SMA di Jogja yang pernah mempunyai sejarah
      tawuran (SMA 2, SMA 4, SMA 6, SMA 8, SMA 9, SMA 11, SMA Muh 1, SMA
      Muh 2, SMA Bopkri 1, SMA Bopkri 2)
      Pembicara :
      a. Kahfi (siswa SMA Muh 1 yang pernah dipenjara karena
      menganiaya siswa SMA 9 hingga meninggal. Pada Peace Camp tahun 2007,
      Peace Gen pernah mengundang Kahfi untuk berbicara, respon dari Kahfi
      dan peserta sangat baik )
      b. Pemerintah
      c. Akademisi

      5. Diskusi Buku
      Rasionalisasi : mengenalkan budaya perdamaian di Jogja melalui buku
      (hasil observasi peserta Jogja Peace Amazing Race)
      Sasaran : mahasiswa dan umum

      6. Diskusi perwakilan asrama daerah
      Rasionalisasi : menjadi bentuk komunikasi bersama antar perwakilan
      asrama daerah di jogja yang seringkali rentan terhadap friksi.
      Sasaran : perwakilan asrama daerah di Jogja.
      Pembicara : akademisi, Sultan HB X.

      7. Training for Trainer
      Rasionalisasi : mengupgrade pengetahuan temen-temen Peace
      Generation tentang perdamaian.
      Sasaran : anggota Peace Generation

      8. Peace Camp
      Rasionalisasi : menyebarkan nilai-nilai perdamaian
      Sasaran : mahasiswa

      Untuk melihat visibilitas pelaksanaan delapan program diatas dimohon
      kepada teman-teman Peace Generation untuk menyumbang sarannya. Karna
      yang akan melaksanakan kan Peace Generation juga. Bisa aja program-
      program diatas ditambahi atau dikurangi, semua terserah temen-temen.
      Jadi, mohon masukannya dari temen-temen Peace Generation (semua
      generasi kalo bisa he..he..)
      Kontribusi ide = kontribusi untuk kampanye perdamaian

      Satu hal lagi, untuk temen-temen JPAR, kira-kira siapa ya yang bisa
      ikut pertemuan dengan Guru Besar Michigan + funding ini? Dua orang
      aja gak pa-pa kan? Biar gak keliatan rame banget. Paling enggak dua
      orang ini nantinya bisa mensosialisasikan hasil pertemuan tersebut ke
      temen-temen JPAR yang lain. Pertengahan bulan ini waktunya.

      Terima kasih buat perhatiannya, ditunggu buanget reply nya.

      Salam Damai,
      Nisa

      M Solihin Fikri
      Department of Communication Studies
      Faculty of Social and Political Sciences
      Gadjah Mada University
      Yogyakarta - INDONESIA

      http://defickry.wordpress.com
      www.pramukaugm.org
      www.peace-generation.org
      www.ppsdms.org

      Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

    • annisagita
      Message 2 of 4 , Mar 11, 2008
        kemarin kita pikir untuk peace tour kita mau nembak SD yang sudah
        matang pengajarannya termasuk dalam hal ini kurikulumnya terbuka. kita
        berharap Peace Tour ini nantinya akan diintegrasikan dengan kurikulum.
        di budi mulia juga insyaallah udah ada jaringannya (melalui PSKP).
        Kemarin juga sempet bingung, tapi untuk yang satu ini kegiatan ini
        harus bener2 dapat dukungan dari pihak sekolah. jadi gak berakhir
        kayak angin lalu setelah program ini dijalankan.
        Bukannya mau underestimate sekolah lain, tapi jejaring SD yang
        connected dengan anak2 pisgen kan yang dari ASKADOL itu, dan menurut
        assessment kita masih kurang untuk mendukung program ini.
        Ntar dech kita kabari hasil ketemuan ma prof itu.

        Buat temen2 JPAR yang lain terimaksih banyak masukan dan dukungannya.
        ntar kita kabari lagi ya.
        Buat defri, insyaallah kita siap membantu untuk KKN. kl mau ketemu
        pisgen emang kamu pergi kemana def? ke PSKP? udah gak ada orang, cuma
        barang-barang kita. markasnya ganti ke ambarukmo plaza. he..he.. ---

        Message 3 of 4 , Mar 11, 2008
          Wah...pada pindah ke Amplaz?? ngapain neng..nonton mulu neh keknya....
          jadi pengeeeeeennnn.....