Fwd: [PeaceGeneration] Rencana program peace gen ke depan

  • defriliona sjafriel
    Message 1 of 4 , Mar 9, 2008
      wah,,,sayang baget aku baru liat emailnya..
      wah asik banget,banyak bgt acaranya.
      oya,mba nisa,,katanya kalo ada yang mw KKN bisa bantuin ngadain acara..tul ga??
      tar kapan gitu defri mw ketemu yah,,,ngobrol2 ma temen2 peace gen,,
      sip??? thx...
      oya,,maav jarang kesana lagi,,maklum lah,,sibuk ngurusin KKN ma marching...hwehehehe...kalo ada waktu,aku usahain kesana. Thx

    • Ikie_Adja
      Message 2 of 4 , Mar 10, 2008
        Nisa...kie mau nanya?? kenapa di salah satu item kegiatan, sasarannya SD Budi Mulia II, relevansinya apa?? makasih ya...

        trus, smg audiensinya sukses deh dg prof dr Michigan itu...klo bs pengen attachment proposalnya donk..pengen dipelajari, kali aja saya bs cari2 info di Aussie..krn governor sini lagi interest dg Peace Issue..

        Kie

        Kepada: PeaceGeneration@yahoogroups.com
        Dari: "annisagita" <annisagita@...>
        Tanggal: Sat, 08 Mar 2008 13:20:07 -0000
        Topik: [PeaceGeneration] Rencana program peace gen ke depan

        Dear teman-teman Peace Generation,

        Pertengahan bulan ini American Friends Service Committee (AFSC)
        hendak mempertemukan Peace Generation dengan seorang guru besar dari
        Michigan yang merupakan dewan pembina AFSC. Pertemuan ini juga akan
        dihadiri seorang funding. Menanggapi undangan tersebut, hari Sabtu
        tanggal 8 Maret 2008, PIC Peace Gen kumpul untuk membahas point-point
        yang hendak disampaikan di pertemuan nanti.
        Pada dasarnya akan ada dua hal yang disampaikan:
        • Pertama, apa saja yang telah Peace Gen lakukan
        • Kedua, program kerja Peace Gen ke depan

        Terkait hal tersebut, rapat PIC kemarin baru membuat gambaran kasar
        dari program kerja yang sekiranya visible untuk dilakukan oleh Peace
        Generation.

        1. Story Telling tentang Perdamaian
        Rasionalisasi : menyampaikan nilai-nilai perdamaian kepada anak-
        anak
        Metode : story telling
        Sasaran : anak-anak SD Gondosuli, Imogiri

        2. Peace Tour
        Rasionalisasi : mengenalkan keberagaman kepada anak-anak dengan
        cara mengunjungi beberapa tempat di Jogja yang multikultur seperti
        Kampung Hindu, Wihara Budha Prabha, etc. Intinya, learning by
        experience.
        Sasaran : anak-anak SD Budi Mulia II

        3. Pertandingan Perdamaian
        Rasionalisasi : menciptakan kerja sama antara sekolah yang
        memiliki sejarah permusuhan.
        Metode : pertandingan olahraga.
        Rules : setiap sekolah yang menjadi target akan
        mengirimkan perwakilannya untuk kemudian di mix dengan sekolah lain
        dalam satu team. Setiap team nantinya akan terdiri dari dua sekolah.
        Diharapkan dengan interaksi dan kerjasama ini mampu meminimalisir
        kekerasan yang sering terjadi antar dua sekolah.
        Sasaran : SMA Muh 1 dan SMA Bopkri 1

        4. Diskusi Remaja
        Rasionalisasi : memperlihatkan kepada remaja kerugian dari tawuran.
        Sasaran : Sepuluh SMA di Jogja yang pernah mempunyai sejarah
        tawuran (SMA 2, SMA 4, SMA 6, SMA 8, SMA 9, SMA 11, SMA Muh 1, SMA
        Muh 2, SMA Bopkri 1, SMA Bopkri 2)
        Pembicara :
        a. Kahfi (siswa SMA Muh 1 yang pernah dipenjara karena
        menganiaya siswa SMA 9 hingga meninggal. Pada Peace Camp tahun 2007,
        Peace Gen pernah mengundang Kahfi untuk berbicara, respon dari Kahfi
        dan peserta sangat baik )
        b. Pemerintah
        c. Akademisi

        5. Diskusi Buku
        Rasionalisasi : mengenalkan budaya perdamaian di Jogja melalui buku
        (hasil observasi peserta Jogja Peace Amazing Race)
        Sasaran : mahasiswa dan umum

        6. Diskusi perwakilan asrama daerah
        Rasionalisasi : menjadi bentuk komunikasi bersama antar perwakilan
        asrama daerah di jogja yang seringkali rentan terhadap friksi.
        Sasaran : perwakilan asrama daerah di Jogja.
        Pembicara : akademisi, Sultan HB X.

        7. Training for Trainer
        Rasionalisasi : mengupgrade pengetahuan temen-temen Peace
        Generation tentang perdamaian.
        Sasaran : anggota Peace Generation

        8. Peace Camp
        Rasionalisasi : menyebarkan nilai-nilai perdamaian
        Sasaran : mahasiswa

        Untuk melihat visibilitas pelaksanaan delapan program diatas dimohon
        kepada teman-teman Peace Generation untuk menyumbang sarannya. Karna
        yang akan melaksanakan kan Peace Generation juga. Bisa aja program-
        program diatas ditambahi atau dikurangi, semua terserah temen-temen.
        Jadi, mohon masukannya dari temen-temen Peace Generation (semua
        generasi kalo bisa he..he..)
        Kontribusi ide = kontribusi untuk kampanye perdamaian

        Satu hal lagi, untuk temen-temen JPAR, kira-kira siapa ya yang bisa
        ikut pertemuan dengan Guru Besar Michigan + funding ini? Dua orang
        aja gak pa-pa kan? Biar gak keliatan rame banget. Paling enggak dua
        orang ini nantinya bisa mensosialisasikan hasil pertemuan tersebut ke
        temen-temen JPAR yang lain. Pertengahan bulan ini waktunya.

        Terima kasih buat perhatiannya, ditunggu buanget reply nya.

        Salam Damai,
        Nisa

        M Solihin Fikri
        Department of Communication Studies
        Faculty of Social and Political Sciences
        Gadjah Mada University
        Yogyakarta - INDONESIA

        http://defickry.wordpress.com
        www.pramukaugm.org
        www.peace-generation.org
        www.ppsdms.org

        Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

      • annisagita
        Message 3 of 4 , Mar 11, 2008
          kemarin kita pikir untuk peace tour kita mau nembak SD yang sudah
          matang pengajarannya termasuk dalam hal ini kurikulumnya terbuka. kita
          berharap Peace Tour ini nantinya akan diintegrasikan dengan kurikulum.
          di budi mulia juga insyaallah udah ada jaringannya (melalui PSKP).
          Kemarin juga sempet bingung, tapi untuk yang satu ini kegiatan ini
          harus bener2 dapat dukungan dari pihak sekolah. jadi gak berakhir
          kayak angin lalu setelah program ini dijalankan.
          Bukannya mau underestimate sekolah lain, tapi jejaring SD yang
          connected dengan anak2 pisgen kan yang dari ASKADOL itu, dan menurut
          assessment kita masih kurang untuk mendukung program ini.
          Ntar dech kita kabari hasil ketemuan ma prof itu.

          Buat temen2 JPAR yang lain terimaksih banyak masukan dan dukungannya.
          ntar kita kabari lagi ya.
          Buat defri, insyaallah kita siap membantu untuk KKN. kl mau ketemu
          pisgen emang kamu pergi kemana def? ke PSKP? udah gak ada orang, cuma
          barang-barang kita. markasnya ganti ke ambarukmo plaza. he..he.. ---

          Message 4 of 4 , Mar 11, 2008
            Wah...pada pindah ke Amplaz?? ngapain neng..nonton mulu neh keknya....
            jadi pengeeeeeennnn.....