wanted-terjemahan kitab negarakertagama by Mp Prapanca

    Message 1 of 1 , Sep 20, 2006
      Dear all,

      saya sedang tertarik mendalami kajian sejarah ttg kerajaan-kerajaan besar di nusantara. Hmm.. "nusantara" <----membuat saya berpikir kenapa setiap bicara ttg kerajaan2 selalu dilanjtukan dg kata nusantara buka indonesia..  mungkin karena lingkup nusantara yang dimaksud berbeda dg indonesia ya. ato lingkup kekuasaan kerajaan-kerajaan ini dulu tidak hanya di wilayah indonesia sekarang ini. namun hanya kebetulan mereka pernah ada di wilayah yang sekarang ini masuk indonesia. hmm begitu mungkin. dan kisah kerajaan2 ini jadi bagian sejarah yang tak terpisahkan dari terbentuknya "indonesia".
      kalo begitu kerajaan2 di melayu sekrang malaysia, di thailand, bahkan di india dan china. bukankah mereka juga pnya pengaruh kuat dalam sejarah kerajaan2 "nusantara" dulu.
      mengapa sepertinya tak ada kajian sejarah ttg pengaruh mereka dg "nusantara" dan "indonesia" yg cukup luas dan dalam sekarang?
      sepertinya indonesia jadi negara yang lahir dan hidup sendiri saja. Ya. di mata saya sbg org awam.
      Hmmm..saya gak tahu apakah ini forum yg tepat utk mngungkapkan ini.

      Eh...apakah ada yg tahu dimana saya bisa mendpatkan terjemhan lengkap kitab negara kertagama? saya penasaran bget isinya.

      Tx berat.

      KOKOK

      Get your email and more, right on the new Yahoo.com