Tanda2 Saintifik ttg Gempa??

  • red_now14
    Message 1 of 3 , Jul 27, 2006
      Temen2,
      informasi ttg gempa dan tanda2nya di bawah ini, cq dapet dari milis
      lain. Tapi wallahua'lam ttg kebenarannya...
      Semoga Bermanpaat...sebenernya, ada contoh fotonya, tp karena cq gak
      tw cara attach foto via milis, so coba di cek Photos di milis ini.
      Thanx

      Sekedar informasi,

      Sebagaimana pemberitahuan BMG Jepang adanya awan lurus di Bantul -
      Jawa Tengah tanggal 12 Juli 2006 akan terjadi gempa dan gelombang
      tsunami.

      Oleh BMG Indonesia dianggap sepele, dan ternyata tanggal 17 Juli
      2006 - MENJADI KENYATAAN.

      Sekarang kita perlu kembali waspada dan berpasrah diri, karena AWAN
      LURUS KEMBALI TERLIHAT DI SEKITAR KAWASAN KUNINGAN - JAKARTA.

      Kapan terjadinya - tidak ada yang dapat mengetahui...

      Info dari Sdr. Wahyu. Bagaimana tanggapan dari Moderator KBK Geologi ?

      Kemaren pagi sekitar jam +/- 06:00 - 06:30 AM gue ngeliat bentuk
      awan berdiri tegal lurus vertikal membelah langit... gue pernah baca
      kalo itu tanda2 dari akan timbulnya gempa bumi...krn gue gak ada
      camera atau hp camera jadi gue gak bisa mengabadikan bentuk awannya,
      tapi untung ada salah satu orang dari milist yg gue ikut ngeliat juga
      dan dia sempet memfoto bentuk awan tersebut... so, ini email salah
      satu milist-nya...swear gue gak boong,

      Dan bentuk awan yg gue liat sama persis sama orang yg memfoto dari
      milist tetangga tersebut, dan posisinya juga sama persis yg dia
      bilang yaitu, dari arah timur...jadi gue cuma ingin menyampaikan aja
      informasi ini, ya kalo emang ternyata bener2 akan ada gempa
      setidaknya dengan adanya email ini gue berharap kita semua udah siap2
      dan berdoa, dan mempasrahkan diri sama Allah...so Secepatnya kalo
      bisa kirim atau beritahu informasi ini kesemua orang yg lo kenal..
      thanks.. mudah2an bermanfaat, kalo ternyata salah gue minta maaf...

      Keterangan...

      1. Gambar yg ada di sebelah kiri (berwarna) adalah awan yg diambil
      sama orang milist kemaren, dan bentuknya sama persis dengan bentuk
      awan yg gue liat kemaren pagi.
      2. Gambar yg sebelah kanan (Tidak berwarna) itu contoh foto awan di
      Jepang sebelum terjadinya gempa bbrp tahun yg lalu.

      Selasa pagi, 18 Juli 2006 pukul 06.05 WIB

      Guys, ada fenomena menarik pagi ini, awan tipis dengan posisi hampir
      tegak lurus di langit arah timur laut. Ada yg sempat memperhatikan
      gak tadi pagi?
      ini picnya. Kira kira mirip dengan awan yang ada kalau mau ada
      gempa...

      Seperti email berikut ini..

      CIRI CIRI GEMPA

      Kemarin di Fuji TV ada acara yang bagus banget tentang gempa. Disitu
      dijelasin apa penyebab gempa dan apa impact-nya. Bagi yang belum tau,
      kayaknya informasi kayak gini penting juga untuk diketahui...

      Gunung mau meletus masih relatif memungkinkan diketahui dari awal
      lewat pemantauan aktivitas perut gunung. Angin typhoon mau dateng
      juga Masih memungkinkan dibaca arahnya dan diukur kecepatannya. Tapi
      kalo gempa sama sekali nggak bisa diprediksi kapan akan terjadi...
      Nggak ada penelitian yang bisa sama sekali tepat memprediksi gempa.
      Itulah makanya gempa itu sangat berbahaya.

      Tapiiiiii........ biarpun susah diprediksi, ada beberapa fenomena
      alam yang patut dicermati dan bisa dianggap "alert" sebagai tanda
      akan adanya gempa.

      Niih tanda-tandanya :

      1.Mulai sekarang kalo jalan jangan suka nunduk. Liat-liat deh ke
      langit... Kalau di langit keliatan ada awan yang bentuknya seperti
      angin tornado atau seperti pohon atau seperti batang... pokoknya
      bentuknya berdiri... bisa dibilang itu adalah awan gempa yang
      biasanya muncul sebelum gempa terjadi. Liat deh gambar yang ada di
      attachment. Itu foto awan yang muncul di Kobe, Jepang, sebelum
      tragedi gempa besar Kobe 17Januari '95.

      Awan yang bentuknya aneh itu terjadi karena adanya gelombang
      elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi,
      jadinya 'menghisap' daya listrik di awan.. makanya bentuk awannya
      jadi kayak tersedot kebawah.

      Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi
      akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi belum tentu
      juga kalau ada awan seperti itu di langit berarti mau ada gempa. Bisa
      aja memang bentuknya seperti itu. Naaah untuk tau apakah itu awan
      gempa atau bukan, coba liat no. 2

      2. Coba diuji medan elektromagnetis di dalam rumah.
      - Cek siaran TV, brebet-brebet apa enggak
      - Kalo ada mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi gak
      transmit data.
      - Coba suruh orang lain kirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang
      diterima brantakan atau enggak.
      - Coba matiin aliran listrik. Cek apakah lampu neon tetap menyala
      redup/remang-remang biarpun nggak ada arus listrik.

      Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet, lampu fax blinking padahal lagi gak
      transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala
      Biarpun gak ada arus listrik, itu berarti memang sedang ada gelombang
      elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan
      gak bisa dirasa manusia.

      Tapi belum tentu juga kalau ada awan gempa di langit dan ada
      gelombang elektromagnetis luar biasa menandakan ada gempa. Untuk
      lebih memastikan lagi, coba liat no. 3

      3. Perhatikan hewan-hewan. Cek apakah hewan-hewan
      seperti "menghilang", lari, atau bertingkah laku aneh/gelisah..
      insting hewan biasanya tajam Dan hewan bisa merasakan gelombang
      elektromagnetis. Naaaaah, kalo tiga tanda-tanda itu ada atau terlihat
      dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Tiga
      tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan kalo memang mau ada
      Gempa berkekuatan besar. Walaupun demikian, adanya awan gempa yang
      bentuknya aneh itu tetep nggak bisa memastikan kapan gempa terjadi.
      Awan seperti itu keliatan di Kobe 8 hari sebelum gempa. Tapi di
      Niigata, awan seperti itu keliatan hanya 4 jam sebelum gempa Niigata
      Oktober 2004. Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi... sebisa
      mungkin langsung lakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari
      hal-hal yang paling buruk.

      Kalo skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita
      harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya
      gelombang bisa puluhan meter, bisa juga cuma dua meter. Tapi biarpun
      cuma 2 meter, gelombangnya nggak main-main. Kekuatannya dahsyat
      (seperti nggak habis-habis) dan tekanannya bisa mencapai 190
      kilogram. Beberapa tanda akan terjadi gelombang tsunami adalah laut
      tiba-tiba menyurut dan burung-burung laut terbang dengan kecepatan
      tinggi ke arah daratan.

      Kalo liat dua tanda seperti itu, langsung selamatkan diri ke daerah
      yang lebih tinggi. Tapi kalo nggak sempet lari sementara tsunami udah
      di di depan mata, Jangan berlindung di balik bangunan yang terbuat
      dari tembok/beton karena Bisa hancur dan malah membahayakan orang
      yang berlindung.

      Sebisa mungkin berlindung di balik daerah rimbunan (pohon, tanaman,
      semak-semak, rawa). Karena kekuatan gelombang jadi terpecah dan nggak
      memusat kalau membentur semak.

      Terakhir, jangan lupa berdoa sama pasrah....semoga kita dilindungi
      Allah.

      Ya sudah, gitu aja... semoga informasinya bisa berguna.
      -------------------------

      Tambahan info di: http://www2s.biglobe.ne.jp/~kinbara/jisin.htm
      http://www008.upp.so-net.ne.jp/hinemosu/jisin/jisin2.htm
      http://quake.exit.com
    • arko java
      Message 2 of 3 , Jul 31, 2006
        Mbak2,mas2,dan smw..

        Makasih ya.Sudah mendukung aku dalam poling sms jawara lifebuoy.tp sayang..aku kalah.jadinya cuma bisa masuk juara 2.

        tp y sdh,ndakp.
        By the way,meski gitu aku seneng bgt.karena selisih ku dg juara 1 msh ndak terlalu jauh,melihat berbagai kondisi.
        Mksh bny ya. Chayo,smw!!

        Oy,ada lomba karya tulis ttg lingkungan.Ayo,bagi yg berminat, ikut sama2. siapa tahu rezekinya.

         (he..)
        regards,
        arko

      • atin prabandari
        Message 3 of 3 , Aug 1, 2006
          selamat ya, dikkkk..
          aku turut mengirim sms lhooooo
          pasti dapat gantinya ntar!
          pa kabar? lama ga kontak..masih no yang kmrn??
          kontak-kontak donk