1545Sebuah refleksi diri....dan ucapan terima kasih juga...kepada semua.

  • lebah buayawati
    Jan 27, 2007
      Hi , gimana kabarnya semua memasuku semster baru ini dll?

      Foto-foto PIOS kemaren ada ga ?Pajang dong di Friendster biar kugrab.Apalagi yang ada perkapnya.

      Membaca imel kalian tuh membuatku merenung.Dan aku barusan membaca tentang calon presiden USA dari kubu Demokrat yaitu Barrack Obama.
      Ada sebuah artikel di latimes.com ( cari sendiri ya fullnya ) yang mengutip kata - kata orang tentangnya yaitu :

      He gained the respect of the law review's famously divided factions by listening to all sides.
      Former staffer Michael Froman, now a corporate executive who has supported Democratic presidential candidates, agreed that when Obama led the law review in 1990 and 1991, much of the staff's right wing "felt comfortable" with Obama, even those in the conservative Federalist Society.
      "It's funny," Froman said, "but it's the same thing I hear now from some conservative friends of mine — not that they agree with him on policy, but that they feel he hears them out. Unlike some of the firebrands on both the left and the right, he was just a very good listener."
      Interviews with more than a dozen people associated with the law review, both liberals and conservatives, found no one who did not profess respect for Obama.He was thoughtful, and he listens. People came to appreciate that
      He seemed more mature," Mack said. "Everyone understood he was a liberal. He didn't hide that.
      "We had opinions, and we argued. But he was always able to make common ground .

      Sori ga kuterjemahin dan ada beberapa yang kupotong.
      Tidak , zz ga sedang mendukung siapapun baik individu , kelompok atau media manapun.
      Ngapain , aku tidak secara khusus baik formal atau non formal mengkaji ilmu sosial.

      Hanya sisi teknis yang menonjol dari kutipan tersebut bahwa ada banyak hal yang bisa diperdebatkan , dipertentangkan atau dipersetujukan atau apapunlah tetapi  bagaimana pentingnya mendengarkan sisi pihak lain baik yang berbeda secara berhadapan / berlawanan / diametral maupun yang berbeda dalam cara lain.

      Kalo dalam bahasa Inggris not just to hear ( masuk kuping kiri keluar kuping kanan dan sebaliknya ) tetapi to listen.

      Zz g tau Wiwit mo ke Jakarta untuk apa , atau seberapa parah yang akan kau hadapi .Cuma zz berharap hanya karena seseorang memperlakukanmu secara buruk terus kamu kehilangan dorongan untuk memperlakukan orang lain secara baik termasuk mendengarkan pandangan yang berbeda

      Kalau bukan untuk alasan etis anggaplah untuk alasan kepraktisan.
      Mendengarkan itu praktis karena jumlah ucapan yang harus kita pertanggung jawabkan menjadi lebih sedikit .
      Mendengarkan itu praktis karena menjadikan kita mempunyai lebih banyak informasi dan kekayaan cara pandang yang bisa kita gunakan untuk menghindari , menyelesaikan atau merubah masalah menjadi peluang yang menguntungkan tidak saja diri kita tetapi semua pihak yang kebetulan kita nggap manusia.
      Mendengarkan itu....( tambahi dewe)

      My bestfriend Anita di Jakarta dan dia sempet takut sampai muntah - muntah segala karena merasa " aduh gua masuk lewat rekomendasi bos gua dimainin sama anak - anak lama ga ya " , dengan mempersamakan prosesku di tekan saat di Jogja abis gempa di sebuah lembaga yang sialnya mempunyai orang berintegritas nol ( waktu itu aku sampai ngamuk - ngamuk => baca = aura hampa diriku + marahnya Mere + ngambeknya Vicki ketika ada orang tidak menepati janji +Supri & P-man saat marah ).
      Tapi akhirnya nggak segitunya .
      Katanya ( lebih kurang , versi aslinya panjang banget ) " .. ternyata dengan mencoba memberi senyuman tulus dan mendengarkan setiap orang sebagai manusia yang berhak dihargai .Nggak perlu berhasil yang penting mencoba...hidup lebih mudah lo,karena aku tidak terlalu berfikir tentang bagaimana orang mempengaruhi hidupku , hanya lebih pada bagaimana aku mempengaruhi hidupku "

      Coba deh baca blog terbaru Vicki .
      Hidup di Jakarta itu capek ya.
      karena berpura - pura itu menghabiskan energi .
      Kemaren waktu ke Jakarta bestfriendku meledak en hampir berantem dengan satpam pagar depan luar tempat kerjanya Vicki.
      Aku mentertawakan bestfriendku saat itu .
      Dan akhirnya seperti kata Charlie Chaplin kalo ga salah " hidup itu dari jangka pendek adalah tragedi , tapi jangka panjang adalah komedi ".

      Fikirkan sendiri deh Wit karena aku agak kehilangan alur, yang pasti jangan sampai kejelekan orang yang kau temui menutup kemungkinan dirimu menikmati hidup dengan terbuka terhadap kemungkinan ketulusan yang bisa terjadi .
      Jaga dirimu supaya jangan sampai terjebak tapi hargai kemanusiaanmu jangan sampai turun ke tingkatan mereka yang hanya bisa hidup dengan menyakiti orang lain.Berfikirlah tidak dengan cara atau tetapi dengan cara dan.

      Mungkin karena zz emang bercita - cita menjadi orang lapangan dimana memakai parfum harum yang mahal harganya nggak ada gunanya (coba sono pakai hak tinggi di proyek ..aku ga tanggung jawab keselamatan diri oran terkait tapi ), ga tau sih kalo orang yang kerjanya dio bidang memberikan kesan kepada orang lain.

      Hanya pertanyaanku daripada habis energi tuk memberi kesan kenapa tidak untuk  berbuat sesuatu yang riil?

      Soal romantisme: dr pengalaman zz PeaceGen lebih banyak bagus drpd jeleknya.
      En itu membantu orang kaya zz yang mempunyai skill sangat buruk dalam berhubungan antar manusia terurtama dalam hal mengambil keputusan tentang seseorang.

      Karena pengalamanku dengan PeaceGen ; kesalehan formal , kesetiaan terhadap identitas apapun, cara pandang yang berbeda menjadi mudah ku dengarkan dan kulihat dengan pendekatan ' wah ini menarik untuk kupelajari '  untuk kemudian kuhargai dan kunikmati keberadaannya( mungkin dasarnya aku yang agak kurang ajar memperlakukan segala sesuatunya sebagai bahan percobaan( " eh ' kodok ' yang ini lucu deh ") ) .
      Enaknya lagi , jadi mudah melihat ini berada pada sisi integritas yang bisa kutrima ini tidak.

      Praktisnya , aku ketemu orang yang mau menraktir aku makan , buku bahkan peluang pekerjaan di mana aku bukan hanya mendapat hasil sampingan tabungan biaya percobaan untuk skripsi tetapi juga belajar en sempet nemu para kenalan lama.Malah kasus yang paling kacau pun aku disuruh ndaftar beasiswa dan ada kau udah dimasukin di jabatan tertentu tanpa aku sadar sama sekali.
      Belum ketemu orang dengan berbagai jabatan riil yang emang bisa berbuat sesuatu sampai bikin aku bengoong "...ni orang siapa si sebenarnya" .

      Simple example , waktu tahu Atin en Aning mhsw berprestasi aku sempet bingung "..2 orang ini kuapain ya .." .

      Belum bisa nodong orang " .. aku mau ke Prambanan naik sepeda , rumahmu sebelah mana beritahu donk biar aku bisa nongol ke sana mintak air saat haus " .Boleh cek ke Silmi yang ini .Sayang Sigit perkap rumahnya di Jakal km 13an doank .Tapi ada Ade , entar kalo ketemu mo kutodong ah .Eh kalo ada yang mau ke Kaliurang naik sepeda aku mo ikut ya.Kalo ada yang punya rumah di sekitar Borobudur boleh juga loh, soalnya tempat mas Sigit kejauhan.

      Dan nggak tahu ke depan ya , cuma karakter yang keluar di PeaceGen tuh pada akhirnya emang karakter asli yang bagian baiknya.Yang berubah yang buruk ke arah yang baik, tapi nggak tahu  aku yang memakai kacamata kuda atau apa yang baik berevolusi menjadi lebih baik hanya ya itu sedang berevolusi.

      Adhya , kamu pernah ke Australia tho .Ada coklat spesifik yang cuma ada di NZ en Australia ga?Natalie janji mo bawain coklat banyak- banyak jadi aku mo mesen yang bukan berkacang mete atau kacang tanah biasa tapi yang cuma ada di 2 tempat itu.Kasih donk sugesti.

      Maaf kalo menggurui ..apalagi nggak nambah jelas .
      Baru nerjemahin sesuatu buat Reza yang huek mlingkar - mlingkar bahasanya en komputer kena virus.Bukan alasan hanya penjelasan.
      Jadi sekali lagi mohon maaf atas blah blahnya.

      Aslinya cuma pegen bilang :
      Dear all aku sayang kalian semua ,tolong jangan pernah salah faham aku menaksir satupun dari kalian , aku paling mencintai perkap.
      Lain kali "rapatnya" jangan pake buah colongan ya....kalo yg kemaren itu buah "colongan".

      Rambutan di tempatnya Aji banyak banget kata adiknya ampe dikasih ke kelinci peliharaanya.
      Udah itu aja take care

      zz
      PS : to all terima kasih karena memberiku kesempatan untuk belajar tertawa dalam menhadapi kodok - kodok kehidupan.nikmat nian hidup ini ...
      eh tapi kalo ada tips ngadepi  orang berintegritas nol beritahu ya.Kalo yang ini pasti energi mentalku abis total.
      .

      we_with cuakep <breakcombion@...> wrote:

      Peace Camp 2007 sudah 2 minggu berakhir...
      Ada perasaan gembira, sedih dan haru setelahnya. Lebih-lebih bagi temen2 SCP&PION yg telah bersatu padu tidak hanya untuk mensukseskan PIOS tapi juga menjadi bagian satu sama lain yang saling menguatkan. Dari proses PIOS aku lebih merasakan bahwa perdamaian "tdk hanya sekedar tdk ada konflik atau perang, perdamaian mencakup seluruh aspek positif dlm hub atr manusia". Bahwa ketika kita pengen merasa tenang, dan menamainya "hatiku damai" itulah artinya aspek positif dimaksud. Bahwa dengan PIOS aku berusaha untuk jadi asertif... Semoga gak jadi avoiding lagi kalau punya masalah. Menjadikan sesuatu untuk diselesaikan walaupun akan ada "pahit" dalam beberapa saat.Ini yang aku&nisa coba buktikan di kampus. Ketika harus bekerja sama dgn orang yg "maaf" menyebalkan, tapi kita harus keukeuh untuk menyerang masalahnya bukan orangnya...Finally kita semua OK2 aja, acara masih dalam proses yg berjalan lancar...

      Bagi para "cicit buaya" yang baru, juga demikian berarti. Setidaknya ada perasaan yang membuat kita menarik nafas sedih, haru tapi juga bahagia ketika bisa membantu mereka.. Walaupun masalahnya toh bukan masalah luar biasa. Justru masalahnya sangat umum dijumpai remaja, diseluruh dunia bahkan..Anyway, kita bisa saling menguatkan untuk berkontribusi menggalang perdamaian.. ..

      Kepada kalian semua, keluarga besar PeaceGen aku mau berterima kasih sedalam-dalamnya. Untuk Sony, Dhite, Ai, Anggit, Aldy, Uke, Wiwin, Mere, Nisa, Fikri, Tutut, Ajeng, Iyuz, Katon, Widha, Astrid, Ratna, Heri, Victor, Ranggi, Dondi, Ave, Jhonny, Mas sigit, Mas Supri, Dewi Cantik, Mbak Hani, Mas Reza, Mas Angky, Mbak Zizah, Mas Koko dan anggota Peace Gen lainnya terima kasih semua......

      Salam Damai
      WIWIT

      Need Mail bonding?
      Go to the Yahoo! Mail Q&A for great tips from Yahoo! Answers users.

      "Aerodynamically a bee can't fly .
      But since a bee don't know the law of aerodynamics , a bee fly."
      Mary Kay Ash
      Don't know who she is but worthy word she does has.

      No need to miss a message. Get email on-the-go
      with Yahoo! Mail for Mobile. Get started.

    • Show all 16 messages in this topic