(help) Memperbanyak air ketuban

  • My Lea
    Message 1 of 5 , May 27, 2009
      Dear All Moms,

      Tolongin dunk...
      Kemarin priksa ke DSOG trus dibilang kalo air ketubannya sedikit karena mbrembes keluar. trus aku nanya, gimana cara memperbanyak air ketuban, dokternya ga langsung jawab karena lagi konsen ke USG, dan aku juga lupa, pas dah selesai ga nanya lagi. akhirnya aku nanya ma mbah google, tapi bukannya nemu jawabanya malah bikin aku tambah cemas, karena banyak info yang baru aku tau, kalo kekurangan air ketuban membahayakan janin.

      disini kan banyak moms yang pinter2 & berpengalaman, sharing dunk, gimana biar produksi air ketuban bisa bertambah banyak. karena aku pingin banget melahirkan secara normal...
      thanks...

      regards,

      Lea
      (yang mau jadi ibu n lagi cemas)

    • juliadona.axamandiri@yahoo.com
      Message 2 of 5 , May 28, 2009
        To mom lea..

        Perbyk minum air kelapa muda sampai usia kandungan 8 bln saja insya alloh jd byk.

        Mudah2xan infoku membantu.

        Thx

        Mommy Maryam Euis

        Sent from my BlackBerry�
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

        Message 3 of 5 , May 28, 2009
          Hi mba Lea,
          aku juga sempet kekurangan cairan air ketuban saat trimester 1 & 2...
          waktu itu terliat dari USG-nya, dokter nyaranin spy aku banyak2 istirahat (tidur yg cukup) dan minum air yg banyak... pdhl mnrtku kayanya uda kaya onta minum melulu... dan pipiiiisss melulu...
          so far cuma itu saran dia (berkali2), dan alhamdulillah di trimester akhir air ketubannya terliat banyak :)

          moga membantu :)
          za

          ________________________________

          Message 4 of 5 , May 28, 2009
            umur kehamilan ibu berapa ya...

            air ketuban, seharusnya baru pecah pada saat pembukaan lengkap pada saat persalinan. tapi masih dianggap normal bila ketuban pecah diatas fase aktif yaitu sekitar pembukaan 4 cm ke atas.

            di bawah itu, pecahnya ketuban dianggap tidak normal. disebutnya Ketuban Pecah Dini (KPD) atau Ketuban Pecah sebelum waktunya (KPSW)
            pecahnya ketuban ditandai air ketuban yang keluar melalui vagina. bisa keluar sekaligus, bisa merembes sedikit2 tergantung seberapa besar kebocoran dan seberapa besar tekanan rahim.

            yang dikhawatirkan bila ketuban pecah / bocor yang utama adalah infeksi. karenanya pemberian antibiotik menjadi penting.

            umumnya bila kehamilan dibawah 37 mgg, dokter akan berusaha mempertahankan kehamilan hingga saatnya persalinan (40mggu) dengan menyarankan ibu banyak istirahat dan memberikan antibiotik. Repotnya, pecah ketuban biasanya disertai kontraksi yang kalau tidak berhasil diatasi bisa menyebabkan mulainya proses persalinan. sehingga bila umur kehamilan masih muda misal 28 mgg maka bayi akan lahir prematur dan ini membahayakan pada janin/bayi.
            Bila umur kehamilan diatas 37 mgg, maka biasanya dokter akan menyarankan supaya persalinan bisa saja di mulai. mengingat umur kehamilan sudah cukup, dan supaya mengurangi resiko infeksi.

            coba tanya lagi kepada dsognya bu.   atau minta pendapat kedua.

            Message 5 of 5 , May 28, 2009