HADIAH UNTUK MURID PESANTREN AL-BUKHARI

  • ham am
    Message 1 of 5 , Sep 23, 2004
      Assalaamu`alaa Rokhmawan wa kum,wr,wbr,

                      # SEKILAS TENTANG AL MAA-IDAH 44 #

      Selama ini al maidah sudah jarang muncul di mimbar ini,Ham-am rasa semua sudah faham,ter nyata masih ada yg mempertikai kan ayat ini, mungkin ada yg kurang puas hati tentang kebenaran ayat yg satu ini,atau ragu2 tentang apa yg sedang di jalan kan oleh indon,yang lebih lucu lagi,apabila rokhmawan bertanya:
       apakah dlm tubuh GAM/TNA ada ulama?
      kalau tak ada macam mana hidup nya org yg tak ada bimbingan para ulama,

      wahai pembaca yg budiman,coba kita perhatikan pertanyaan ini,
      saya rasa ini tak penting untuk di jawab,sebab ulama dgn GAM/TNA adalah dua jurusan yg berlainan, sama macam kita tanya :
      apakah dlm TNI/ABRI ada Ulama? saya rasa ini pertanyaan yg paling bodoh,yg mereka tanya kan hanya untuk melampias kan rasa busuk hati benci nya pada kelompok lain,
      kalau lah dlm GAM tak ada ulama,apakah mereka sudah bukan GAM lagi? sangat 2 sempit wawasan nya,malah mereka bertanya pada ustz,Ahmad,mana ada ulama di Aceh yg ternama,
      alangkah buta nya mereka akan sejarah aceh,yg mereka pikir di aceh tak ada ulama,mereka yg tinggal di lorong yg terpelosok dan kono di solo umpama,tentu tak tau di aceh ada ulama,sebab ulama aceh tidak berkecimpung dlm kenegaraan dan politik uang,dalam badan pemerintah sudah ada bidang utk org 2tertentu,kecuali sekali2 perlu ulama turun tangan utk menasehati, maka para ulama di aceh lebih suka menjalan kan tugas nya seperti menghidup kan pesantren2,seperti tgk,abu Daud lhok nibong dgn pesantren Darul Huda nya, atau  tgk usman kuta krueng,dan tgk ibrahim panton labu,tgk blang blahdeh,tgk di lamno,tgk lam ate'ek, tgk,aziz samalanga,sangat banyak tak cukup jari kalau mau hitung,yg mereka semua nya ada pesantren masing2,tak sedikit juga murid nya dari malaysia,singapur pun dari pulau jawa medan ramai yg belajar di aceh sampai detik sekarang ini,
      yg perlu di ingat oleh mereka yg tak tau bahwa di aceh ada Ulama,
      sebenar nya maaf, mak bapak anda di jawa solo pun tau sembahyang ber ibadah adalah berkat Agama Allah yg mula-mula datang nya dari aceh,baca sejarah islam nusantara,
      dari aceh lah islam di bawa ke jawa,bila sudah tau sikit ilmu kewahabiyan ,wah terus lupa diri and then mengatakan aceh atau gam tak ada ulama,
      memang lah tak serupa bagai ulama di jawa,mereka siap buat promotion atau pameran yg bahwa saya ulama,atau terus keluar kan fatwa seperti golput haram,kalau org malaysia tanya: haram amende tu abang !,haram taik kucing kee?
      lihat lah ulama anda seperti Kiyai HJ ABD RAHMAN WAHID,yg gila pangkat dan duit,ulama buat lah kerja ulama,negara biar lah org lain yg uruskan,ini sibuk mau ngurus negara pulak,ulama yg tak berpedoman pada ayat dan hadist,akhir nya apa yg jadi bila negara di tangan nya,hah jadi apa,, jawab lah ,,apa jadi,,,  malu mau jawab?
      yg jadi negara -negaraan,sultan brunei kasih sedekah utk pengungsi aceh,ulama anda yg namanya gusdur yg lahab,ini tipe ulama anda?,nanti saya hadiah kan al-maidah 44 buat nya,sama macam anda yg tak cukup akal,ulama anda yg telan amanah bulat2,tp boleh anda katakan di  Aceh tak ada ulama ,mungkin maksud anda tak ada ulama macam model gusdur ya? !, ber arti saya salah faham pak, ini saja tentang ulama,panjang 2 nanti anda sakit hati,takut juga kalau FAZADA HUMULLAHU MARAAZA,

      special untuk utz rokhmawan ,
      maaf sedikit saya sentuh tentang" waman lam yahkum bimaa anzalallaahu faulaaika humulkaafiruun," al-maidah ayat 44, tentang ini sengaja Ham-am sentuh kerana nampak nya anda masih was2,dan sudah pun saya tahu dgn jelas bahwa anda ustz rokhmawan
      memang gelap atas ilmu nahu sharaf,ini terbukti dari beberapa kali Ham-am pancing untuk kita buat pembahasan,tapi anda pura2 tak layan,memang anda tak kata tak tau, tapi lisanul hal afsahu min lisanil maqal,keadaan yg saya nampak dari gerak gerik anda sudah mencukupi,atau lebih paseh dari anda mengatakan tak tahu,dan saya pun bukan sudah tau sangat,tapi ini yg saya belajar dgn ulama aceh dulu,masa saya kecil lagi,saya belajar sebentar saja,
      maka saya tak berani menyombongkan diri,kerana ilmu saya kurang,
      sebetul nya usz,Ahmad sudah menjawab nya,tapi anda tetap bertegang, jawaban beliau lebih menjurus ke gaya bahasa yg senang di fahami oleh si umum,sebab beliau tau siapa yg bertanya, rupa nya masih juga di tolak,maka saya pun bukan nya mau menunjuk-nunjuk,tapi ini saya tuju kan kepada murid pesantren al-bukhori, kalau ada yg kurang jelas sila perjelas,
      wahai murid2 yg bersifat adik saya,di dlm al-maidah 44,ada tersirat MAN,menurut istilah ulama nuhah,man disitu adalah Isem mausul,dia nya terbagi 2,ada mausul nassun ada musytarakun,
      isem mausul yg musytarakun ada 6 ,seperti Man,ma,ayyun,al,zu,za,
      yg perlu kita lihat disini adalah Man,man ini khusus di pakai untuk musyarikat,arti nya Man: sese orang,makna nya siapa saja,laki atau perempuan kecil besar,rakyat atau raja,kalau mereka  menghukum bukan seperti yg ti turun kan allah,maka mereka itu orang2 kafir,
      nah disini di ibarat kan dgn Man,maka tak pilih bulu,siapa saja,tak kira rokhmawan Ahmad sudirman,Ham-am,kalau menghukum dgn undang2 lain selain yg di turun kan allah maka kita bertiga kafir,termasuk juga kalau siapa yg ada di pucuk pimpinan indon,
      Allah akan sapu juga,mega wati sukarno,gusdur bapak gusdur,semua Allah sapu,
      ini lah makna MAN di dlm al-maidah,maka tiada siapa yg boleh tentang walau guru besar nya al-bukhori, lain kalau Allah `ibarat kan dgn:  Allazii ,pun makna sese orang jugak,
      tapi,allazii isem mausul yg Nassun,yg khusus di pakai untuk mufrad muzakkar, maka disini jelas mega wati bukan kafir,sebab di tuju oleh allazii hanya kepada laki, ada lagi isem mausul yg nassun seperti Allatii, kalau lah Allah `ibarat kan dlm al-maidah dgn allatii,maka sangat jelas sukarno,suharto,habibi,gusdur,tak boleh di panggil kafir dgn sebab menjalan kan UUD45,
      sebab allatii di pakai utk mufradah muannasah, perempuan saja,maka jelas lah MEGA kafir,maka apa yg ditakut kan memanggil mereka kafir?Allah sudah memanggil kafir kepada mereka dgn sejelas jelas nya,kecuali tak faham Al-qur`an, jgn salah faham baca betul2,ini lah fungsi ilmu nahwu,dan salah satu ilmu untuk mentafsir kan apa yg kurang jelas,baik qur`an atau hadist,ada juga rokhmawan bilang hadist tak boleh di tafsir kerana sudah jelas,jelas bagi org yg padai,didunia ini yg bodoh lebih ramai,maka nya ilmu nahwu[alat]wajib juga belajar bukan sunat,untuk memendek cerite,
      maka saya sudah sebut 2 isem mausul yg nassun, semua nya ada  8,cuba utsz,rokhmawan tolong sebut kan yg 6 lagi,biar seluruh murid pesantren Al-bukhori faham,saya mintak tolong ustaz jawab 6 lagi isem mausul yg Nassun,
      kalau anda tak faham dgn ilmu ini, macam mana anda kata kan org GAM/TNA jahil ilmu
      fikih dsb, padahal ilmu ini yg susah utk di fahami,ilmu fikih anak kecil pun tau,
      sebelum saya akhiri saya mau tau apakah dalam TNI/ABRI ramai sangat Ulama ? kenapa kerja nya org2 ini di aceh tak menurut ulama? ulama akhir zaman,[mutaakhiriin]macam gusdurya,terima kasih mohon maaf jika tersinggung,

      ROKHMAWAN DAN SUMITRO JARANG JWAB PERTANYAAN SAYA,mungkin pertanyaan saya tak berkualiti?,atau kalian takut saya makan,
      apa pendapat USTZ AHMAD tentang mereka yg tak jawab ?
      kalau mereka tak layan saya pun mau letak jawatan juga dimimbar ini,
      Allah yg lebih tau semua nya,WALLAHU  A`KLAM,

      Ham-am
      kuala lumpur
      nacara2004@...
      rohma wawan <rokh_mawan@...> wrote:
      Bismillaahirrohmaanirroohiim

      Assalaamu �alaikum Wr.Wb

      Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman, NII, GAM/TNA, HT Serta yang Sejenisnya Penyebab Perpecahan Islam

      Semakin lama itu Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman semakin kelihatan keluguannya di atas kebingungan dan kesesatannya. Coba saja perhatikan tulisannya atas komentar baliknya. Mana ada dia menjawab pertanyaan-pertanyaan inti saya, jelas ini menunjukkan kepengecutannya dalam berdiskusi dan berdebat.

      Baiklah Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman yang saya persoalkan adalah bukan Al-Maidah 44, 45, 47 karena boleh-boleh saja anda menunjuk hidung orang islam si A, si B termasuk kafir tetapi harus melalui kaidah ilmu salah satunya lewat bimbingan ulama rabbani atau ulama rusydi. Nah untuk yang satu ini ( lewat bimbingan ulama rabbani ) maka itu Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman tidak bisa menjawabnya padahal sudah berapa kali saya pertanyakan kepadanya, namun sampai detik inipun belum ada jawabannya. Saya ulang pertanyaannya, adakah ulama di dalam tubuh NII, GAM/TNA pada saat sekarang ini ?. Apakah ada ulama rabbani yang berpendapat seperti anda wahai Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman ( mengatakan dengan terang-terangan atau bahkan telah mengeluarkan fatwa bahwasanya Amin rais, SBY dll beserta pendukungnya termasuk kafir ) ?.

      Ingat fatwa seorang atau lebih ulama rabbani atau ulama rusydi terhadap kekafiran seorang islam ( Gus Dur, Saddam Husein ) bukan berarti semua orang yang di dekatnya termasuk kafir juga. Adakah fatwa ulama rabbani yg mengatakan tentang kekafiran Amin Rais, SBY, Hamzah Haz dll besrta pendukungnya ?. Jelas sekali sampai detik ini pun belum ditemukan fatwa yg dimaksud kecuali fatwa terhadap Gus Dur, Sadam Husein.

      Saudara-saudaraku di mimbar bebas ini, itu Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman berlagak seperti seorang ulama rabbani yang mengeluarkan fatwa.

      Kemudian marilah kita tengok komentar amburadulnya ini, �Karena Wahabiyin Rokhmawan dan Salafi-Solo-Wahabi-Saudi masih buta tentang kata-kata dan kalimat-kalimat yang dipergunakan dalam dunia hukum. Dengan dipakainya kata "man lam yahkum bimaa anzala Allahu fa ulaaika humul kafiruun". Dimana dipakainya kata "man" menunjukkan kepada subjek atau sipelaku atau orang yang berbuat. Didalam kata dan kalimat hukum perkataan "man" ini sering dinyatakan, misalnya dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan kata-kata: "Barang siapa melakukan perbuatan karena pengaruh daya paksa, tidak dipidana.(KUHP, Pasal 48). "Tidak dipidana, barang siapa melakukan perbuatan pembelaan terpaksa untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, kehormatan kesusilaan atau harta benda sendiri maupun orang lain, karena ada serangan atau ancaman serangan yang sangat dekat pada saat itu yang melawan hukum."(KUHP, Pasal 49, (1)) "Barang siapa melakukan perbuatan untuk melaksanakan ketentuan undang-undang, tidak dipidana. (KUHP, Pasal 50) "Barang siapa melakukan perbuatan untuk melaksanakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang, tidak dipidana. (KUHP, Pasal 51 (1))

      Sekarang dengan memakai dasar hukum inilah jaksa penuntut umum dan hakim dalam satu pengadilan menjatuhkan hukuman atau vonis kepada siterdakwa. Untuk menyatakan si terdakwa itu harus dimasukkan kedalam subjek hukum yang terdapat dalam isi dasar hukum tersebut.

      Misalnya kita ambil contoh dasar hukum KUHP Pasal 51 ayat 1: "Barang siapa melakukan perbuatan untuk melaksanakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang, tidak dipidana. (KUHP, Pasal 51 (1))

      Nah sekarang, untuk memberikan pokok sipelaku atau subjek yang dimaksud oleh isi dari dasar hukum KUHP Pasal 51 ayat 1 itu, maka jaksa penuntut umum dan hakim meberikan nama-nama subjek atau pelaku pelanggaran tindak pidana hukum itu, misalnya Amien Rais, Akbar Tandjung.

      Kemudian disaring, apakah benar Amien Rais dan Akbar Tandjung melakukan perbuatan untuk melaksanakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang ? Kalau jawabannya, "ya", maka hukumannya atau vonisnya adalah Amien Rais dan Akbar Tandjung tidak dipidana.

      Contoh yang diajukan oleh Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman dimaksudkan untuk menguatkan argumennya tentang AL-maidah 44, 45, 47. Seperti tulisannya, �Dengan dipakainya kata "man lam yahkum bimaa anzala Allahu fa ulaaika humul kafiruun". Dimana dipakainya kata "man" menunjukkan kepada subjek atau sipelaku atau orang yang berbuat�.

      Jelas sekali Itu Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman telah mencampuradukkan hukum toghut dengan hukum Alloh SWT.

      Wahai Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman kata-kata dalam hukum pidana maupun perdata tidak sama dengan kata-kata yg ada dalam hukum Alloh SWT ( Al-qur �an ) dan yang jelas ketika ulama rabbani membahas Al-maidah 44, 45, 47 yang ditujukan kepada Gus Dur, Saddam Husein tidak pernah menggunakan argumentasi seperti itu ( hukum perdata dan hukum pidana ). Maka dari itu alasan atau argumentasi anda wahai Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman adalah sangat lemah sekali, apalagi yang mengatakan itu adalah bukan seorang ulama rabbani melainkan hanya seorang ustadz TPA ( Anak-anak ) bahkan seorang pelarian politik yg pengecut dan penuh kebid �ahan. Jelas ini merupakan alasan yg diada-adakan untuk menyesatkan umat islam di indonesia dan di Aceh. Belum lagi kalau kita lihat hasil dari pada apa yg diucapkan Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman tentang seputar takfir kepada penguasa yg dzalim. Itu Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman akan dianggap oleh seorang islam yg lugu dengan sebutan �mubayyin� atau �ustadz�. Namun bagi orang-orang yg faham ilmu agama islam justru sebaliknya, dia ( Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman ) termasuk orang yg berusaha menyesatkan orang islam lainnya. Tahukah bagaimana janji syaiton kepada Alloh terhadap manusia bani adam ?. Karena syaiton di kutuk oleh Alloh SWT bahwasannya dia akan masuk neraka jahannam maka syaiton atau iblis tersebut berjanji kpd Alloh,  aku ( syaiton ) akan menyesatkan manusia kecuali orang-orang mukhlishin/mukhsinin. Semoga Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman cs bukan termasuk golongan tadi. O yaa kita kembali kepada hasil yg di dapatkan dari perkataan takfir seperti Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlu Ahmad Sudirman. Hasilnya yaitu PEMBUNUHAN�sebenarnya ini sudah sering saya bahas lewat komentar-komentar yg telah lalu. Secara garis besarnya saja, bahwasanya kafir harby boleh kita bunuh, nah kalau penguasa atau pejabat RI dan pendukungnya yg beragama islam dinyatakan oleh Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman termasuk kafir maka sudah pasti orang yg teracuni virusnya akan berlomba-lomba membunuh atau melawan mereka semua.

      Sekali lagi atas pertanyaan saya kemaren, mengapa anda Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman berkeyakinan bahwasanya hadist-hadist mengenai sikap seorang mukmin terhadap penguasa yg dzalim hanya ditjukan kepada Darul Islam dimana hukum-hukum Alloh dapat ditegakkan ?. Kalau seandainya alasan anda sama seperti yg kemaren-kemaren maka jelas itu adalah alasan yg dibuat-buat berdasarkan hawa nafsu.

      Wahai Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman ternyata anda begitu lugu sekali terutama mengenai kata-kata TAKLID, JAHIL. Kedua kata ini sudah saya terangkan lewat komentar saya yg lalu-lalu dan mengenai jahil barusan saya terangkan kemaren tetapi mengapa betapa lugunya sekali anda yg mengatakan bahwasannya kami taklid, jahil ?. Coba terangkan makna yg sesungguhnya dari kata-kata tersebut. Setelah anda ( saudaraku di mimbar bebas ini ) mengetahui apa yg dinamakan taklid dan jahil bahkan seorang ustadz ataupun ulama dimanapun berada yg sudah pasti mengetahui maksudnya maka tidak akan berani mengatakan kalau kami taklid, jahil ini semua dikarenakan jelas bahwasanya di dalam Manhaj Salafush Shalih terdapat banyak ulama rabbani yg menjadi bimbingan kami dan setiap ikhwan salafy bergerak di atas bumi terutama dalam beragama ada dasar, dalil aqli dan dalil naqlinya shingga tidak terjerumus ke dalam kebid �ahan. Sedangkan yang terjadi pada NII, GAM/TNA jelas mereka semua bergerak di atas bumi tidak punya pegangan Sunnah ( kecuali sedikit ) melainkan hanya berdasarkan hawa nafsu belaka dan setelah kami tegur mereka maka merekapun marah-marah, balik memukul kami dan walaupun begitu tetap saja mereka berjalan diatas pendapatnya sendiri yg ternyata merupakan pendapat yg sesat dan menyesatkan maka inilah makna lain dari TAKLID. Bagaimana pendapat anda mengenai seorang pencuri yg ketahuan orang lain ?. Bagaimana pendapat anda mengenai ahli kemaksyiata atau kesyirikan yg di tegur seorang ustadz ?. Mereka semua akan marah, cari alasan dan bisa juga  balik pukul kepada sang ustadz.

      Wahai Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman cs, dengan sikap anda demikian di atas ( yang tidak punya ulama pada saat sekarang, taklid, jahil, sesat dan menyesatkan ) merupakan sebab dari adanya umat islam yg berpecah belah ( perpecahan umat islam ).

      Secara etimologi, iftiraq berasal dari kata al-mufaraqah (saling berpisah), dan al-mubayanah (saling berjauhan), dan al-mufashalah (saling terpisah) serta al-inqitha' (terputus). Diambil juga dari kata al-insyi'ab (bergolong-golongan) dan asy-syudzudz (menyempal dari barisan). Bisa juga bermakna memisahkan diri dari induk, keluar dari jalur dan keluar dari jama'ah. Secara terminologi, perpecahan adalah keluar dari As-Sunnah dan Al-Jama'ah dalam masalah ushuluddin yang qath'i, baik secara total maupun parsial.

      Perpecahan tidak terlepas dari ancaman dan siksa serta kebinasaan. Tidak demikian halnya dengan ikhtilaf walau bagaimanapun bentuk ikhtilaf yang terjadi diantara kaum muslimin, baik akibat perbedaan dalam masalah-masalah ijtihadiyah, atau akibat mengambil pendapat keliru yang masih bisa ditolerir, atau akibat memilih pendapat yang salah karena ketidaktahuannya terhadap dalil-dalil sementara belum ditegakkan hujjah atasnya, atau karena uzur, seperti dipaksa memilih pendapat yang salah sementara orang lain tidak mengetahuinya, atau akibat kesalahan takwil yang hanya dapat diketahui setelah ditegakkan hujjah.

      Terburu-buru memvonis orang lain keluar dari Ahlus Sunnah wal Jama'ah dalam masalah-masalah furu termasuk bid'ah dan penyimpangan yang tidak boleh dilakukan. Sikap seperti itu sangat tercela. Bila ia melihat saudaranya jatuh dalam perbuatan bid'ah, hendaknya mengecek terlebih dahulu, menanyakannya kepada ahli ilmu, serta menganggap orang yang melakukannya jahil, atau melakukannya karena takwil atau ikut-ikutan saja dan butuh nasihat serta bimbingan. Dan hendaknya ia perlakukan saudaranya itu dengan lemah lembut terlebih dahulu. Sebab tujuan kita adalah membimbingnya kepada hidayah bukan memojokkannya.

       Perpecahan pasti terjadi berdasarkan berita yang sangat akurat, meskipun relitas dan logika belum mampu membuktikan kebenarannya!. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah menyampaikannya melalui hadits-hadits beliau yang shahih dengan beragam lafal. Peringatan terhadap bahayanya juga telah beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam sampaikan. Peringatan yang disampaikan berkali-kali itu merupakan sinyalemen bahwa perpecahan pasti terjadi tanpa bisa dihindari!.

      Beliau menyebutkan bahwa kelompok Khawarij ( NII, GAM/TNA, HT, LDII dll ) akan memisahkan diri dari umat, akibatnya mereka melesat keluar dari agama. Istilah 'keluar dari agama' bukan berarti kafir keluar dari Islam, akan tetapi maknanya adalah keluar dari asas Islam, keluar dari hukum-hukum dan batas-batasnya. Istilah 'keluar dari agama' kadang kala berarti kekafiran kadang kala tidak sampai kepada batas kafir. Kadang kala bermakna memisahkan diri dari umat Islam, yaitu dari jama'ah, atau memisahkan diri dari jalur Sunnah Nabi yang dilalui oleh Ahlus Sunnah.

      Iftiraq (perpecahan) itu sendiri mulai terjadi setelah Utsman bin Affan Radhiyallahu 'anhu terbunuh. Pada masa kekhalifahan Utsman, belum terjadi perpecahan yang serius. Namun ketika meletus fitnah di antara kaum muslimin pada masa kekhalifahan Ali bin Abi Thalib, barulah muncul kelompok Khawarij dan Syi'ah. Sementara pada masa kekhalifahan Abu Bakar Radhiyallahu 'anhu dan Umar Radhiyallahu 'anhu, bahkan pada masa kekhalifahan Utsman Radhiyallahu 'anhu, belum terjadi sama sekali perpecahan yang sebenarnya.

      Faktor terpenting yang memicu terjadinya perpecahan dan yang terdahsyat efeknya terhadap umat adalah konspirasi dan makar yang dilancarkan oleh berbagai kaum pemeluk agama, seperti kaum Yahudi, Nashrani, Shabi'un (penyembah binatang dan dewa-dewa), Majusi dan Dahriyun (atheis). Demikian pula barisan sakit hati yang masih menyimpan dendam terhadap Islam dan kaum muslimin. Karena jihad Islam telah menyudahi kekuasaan mereka dan menghapus kejayaan mereka dari muka bumi. Seperti kerajaan Persia dan Romawi. Di antara mereka masih tersisa segelintir oknum yang bertahan di atas kekafirannya serta masih menyimpan dendam kesumat terhadap Islam dan kaum muslimin.

      Salah satu fenomena kerancuan dalam metodologi memahami agama yang merupakan sebab perpecahan umat ialah memisahkan diri dari para ulama rabbani. Yaitu sebagian penuntut ilmu, juru dakwah dan pemuda memisahkan diri dari ulama rabbani. Mereka merasa cukup menimba ilmu agama melalui buku, kaset, majalah dan media-media lainnya. Mereka enggan menuntut ilmu dari para ulama. Hal ini jelas merupakan gejala yang berbahaya bahkan merupakan benih perpecahan umat.

      Di antara sebab-sebab perpecahan adalah asumsi yang berkembang bahwa mengikuti para imam-imam yang berada di atas hidayah dan ilmu sebagai sikap taqlid (membebek) yang dilarang. Kerancuan seperti ini sering kita dengar dari sebagian orang yang sok tahu. Mereka berkata : "Mengikuti syaikh-syaikh adalah taqlid". Sementara taqlid tidak dibolehkan dalam agama, mereka manusia dan kita juga manusia, kita berijtihad sebagaimana mereka berijtihad, kita memiliki sarana berupa buku-buku, zaman sekarang sarana ilmu tersedia lengkap, mengapa kita harus mengambil ilmu dari ulama ?, inilah pernyataan-pernyataan atau pertanyaan-pertanyaan/pernyataan-pernyataan maupun perbuatan dari seorang Ahlul Ahwa dan atau Ahlul Bid�ah maupun Bahlul ( Ahmad Sudirman cs, Hasan Tiro dkk, NII, GAM/TNA ).

      Walloohu �alam bi showab

      NB : Wahai Si Ahlul Ahwa, Ahlul Bid �ah dan Bahlul Ahmad Sudirman mengapa anda tidak mau mengomentari tulisan emas dari ulama rabbani tentang kebid �ahan pernyataan adanya tauhid hakimiyah atau mulkiyah ?

      Wassalaam