Egyptians free to join militants in Syria: Advisor to President Morsi

  • Ali Al Asytar
    Message 1 of 10 , Jun 14, 2013
      Komentator:
      ibn al KinanaJun 14, 2013 01:16
      Para muslim persaudaraan adalah alat Zionisme internasional dan tentara Mesir adalah alat Amerika, saya bisa mengatakan ini dengan keyakinan karena aku Mesir dan tahu cukup baik dari penyakit yang dideritanya. Mesir diduduki oleh Inggris pada tahun 1882 dan telah sejak saat itu ditundukkan imperialisme Barat, sekarang diwakili oleh Amerika Serikat dan Zionisme internasional. adegan agama didominasi oleh wahabies salafi dan umumnya karena ketidaktahuan .... disebut Sunni, Mesir berada dalam keadaan yang buruk, baik secara ekonomi dan fisik. Mesir masih diduduki oleh Amerika dalam bentuk tentara berbahaya dan persaudaraan menyedihkan, tapi aku masih memiliki beberapa harapan bahwa pada tanggal 30 sesuatu yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan dia ..Klik untuk Tingkat ReplyRating19

      Baca komentator lainnya dibawah sekali!

      Seorang penasehat Presiden Mesir Mohammed Morsi mengatakan Mesir bebas untuk bergabung dengan militan Takfiri didukung asing melawan pemerintah di Suriah.

      Khaled al-Qazzaz mengatakan pada hari Kamis bahwa Kairo tidak mengadopsi langkah-langkah terhadap mereka yang berusaha untuk melawan pemerintah Suriah bersama dengan militan ekstremis.

      "Hak perjalanan atau kebebasan bepergian terbuka untuk semua orang Mesir," kata pejabat Mesir.

      Qazzaz, yang penasehat Presiden Morsi di luar negeri, kekhawatiran lebih lanjut menolak bahwa Mesir yang berjuang bersama gerilyawan Takfiri di Suriah akan pulang seperti ekstremis, meskipun kelompok tersebut melanjutkan serangan terhadap polisi Mesir dan militer di utara Semenanjung Sinai. "Kami tidak menganggap mereka sebagai ancaman," katanya.

      Beberapa lusin warga Mesir dilaporkan telah tewas saat berperang melawan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad selama beberapa bulan terakhir kekacauan di Suriah, namun jumlah tersebut belum dikonfirmasi secara independen.

      Pada bulan Mei, Presiden Assad mengatakan bahwa militan dari 29 negara yang berbeda berperang melawan pemerintah di berbagai negara.Gejolak di Suriah meletus pada Maret 2011. Sejak itu, banyak orang, termasuk sejumlah besar tentara dan aparat keamanan Suriah, telah tewas.Pada tanggal 13 Juni,

      Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay mengatakan bahwa setidaknya 93.000 orang telah tewas sejak pecahnya militansi yang disponsori asing terhadap pemerintah Suriah.MKA / HSN / HMV

      Komentar (43)
      Tambahkan Komentar Klik Disini

      Catatan:
      Pendapat yang dinyatakan dan link yang disediakan pada halaman komentar kami adalah pandangan pribadi dari kontributor individual dan tidak mencerminkan pandangan dari Press TV.

      Khalid M BhattiJun 14, 2013 04:07
      Apa yang terjadi di kalangan muslim adalah keluar dari imajinasi kita? Mengapa muslim sedang bermain kristen dan kartu Zions unbelieveable Mengapa mereka incumbent untuk menghancurkan theirselves, adalah seseorang menjawab pertanyaan Mengapa mereka tidak membiarkan Suriah untuk menentukan nasib mereka? Mengapa seluruh dunia berdiri terhadap Suriah dan tidak melawan Israel, yang merupakan penyebab sebenarnya dari pertumpahan darah, dan atrosities aparthaied Mengapa barat tidak bisa melihat reruntuhan berbaring di tepi barat dan Gazza? Mengapa ini masalah humanrights sellective? Ketika muslim akan bersatu dengan puting differencses mereka ke samping? Tolong jangan lakukan ketidakadilan dengan Suriah, halte berikutnya akan Mesir, Saudia Arabi, Qatar, Turki, Iran dan pakistan, jangan lupa bahwa.Klik untuk Tingkat ReplyRating0

      Wanita IranJun 14, 2013 03:58
      Mr.Morsi Saya berdoa kepada Allah bahwa Anda akan memiliki kekuatan yang cukup untuk memecat penasihat jahat untuk komentarnya yang mengejutkan dan memalukan bagi semua muslim.Klik untuk Tingkat ReplyRating2

      pertanyaan untuk Mr Morsiin membalas Wanita Iran2013/06/14 04:55:24
      Kita perlu juga meminta mereka "Muslim" syekh / pemimpin mengapa mereka mendorong Mesir untuk berperang di perang suci ketika ia tidak memiliki makna atau arti sejauh otentik jihad yang bersangkutan.Klik untuk Tingkat Nilai0

      DTJun 14, 2013 15:28... Dan dibagi jadi akan Anda jatuh. sini endeth pelajaran.Klik untuk Tingkat ReplyRating4

      BahramJun 14, 2013 03:08
      Apa penasihat!?Klik untuk Tingkat ReplyRating6

      issoopJun 14, 2013 14:12
      Bangunan Egypt
      Dam baik di sungai Nil daripada berbaur dengan urusan Suriah!! melihat nasib dengan EthiopiaKlik untuk Tingkat ReplyRating10

      Fakta DisampaikanJun 14, 2013 02:01
      Banyak orang di bagian komentar menentang ide saya bahwa Morsi adalah bagian dari klan yang sama. Ini dia, ini punggung atas mantan posting saya tentang Identitas Sejati Morsi itu.Klik untuk Tingkat ReplyRating15

      JleelJun 14, 2013 01:57
      Hal ini cukup menarik untuk menonton Erdogan meminta Morsi untuk memilih pemerintah sekuler di Mesir. Dan Al Jazeera menerbitkan sebuah artikel mengutip sumber-sumber pemerintah AS bahwa pesawat Turki jatuh oleh Suriah berada di ruang udara Suriah ketika ditembak jatuh, ketika Erdogan mencemaskan itu. Dan Qatar utama mengklaim bahwa rezim Saudi akan segera diganti dan bahwa AS dan Inggris memanggilnya ke London untuk membahasnya. Benar-benar masing-masing dan setiap orang di timur tengah adalah lawan yang lain. Tapi mereka dan tuan mereka, AS dan Eropa dan Israel adalah semua bersatu melawan Suriah dan sekarang mempersenjatai Al Qaeda terhadap Suriah. Jelas Suriah terkena sheikh Arab dan Erdogan yang adalah hamba Israel.Klik untuk Tingkat ReplyRating14

      Untuk Mr.Khaled al-QazzazJun 14, 2013 01:26
      Saya telah ke Mesir dua kali dan mengunjungi "Piramida" dua kali sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia tapi sekarang planing untuk mengunjungi Mesir untuk kali ke-3 sejak Mr.Khaled al-Qazzaz telah menambahkan namanya menjadi 7 keajaiban dunia jadi sekarang kita memiliki jumlah 8 keajaiban dunia, saya terkejut righ sekarang dan harus terburu-buru untuk tiket buku sebelum terlambat dan mendorong lain untuk melakukannya ..... lolKlik untuk Tingkat ReplyRating7

      Kami memiliki Erdogan lain?Jun 14, 2013 13:25
      Morsi hanya mungkin berakhir mengikuti jejak Erdogan dan sekarat kematian munafik setelah upayanya untuk memanipulasi peristiwa di negara lain adalah kegagalan.Klik untuk Tingkat ReplyRating18

[...]

      Keadilan untuk AfrikaJun 14, 2013 13:11
      Aku tidak percaya tersebut dapat posisi Mesir karena itu berarti kegilaan di luar kendali. Ini berarti mereka menolak resolusi konflik secara damai.Klik untuk ReplyRating13

      Tingkat Kofiko Bayaarin balasan terhadap Keadilan bagi Afrika2013/06/14 02:38:35
      Ini adalah situasi yang saling menguntungkan khas, orang Afrika militan yang berasal dari Mesir dan negara Afrika Utara lainnya, akan mendapatkan makanan gratis disumbangkan oleh barat. sebagai imbalannya, tidak akan melawan karena mereka tidak berjuang untuk melepaskan africa dari pendudukan nyaKlik untuk Tingkat Rating3

      Siapa saja melihat ini dipercaya didahulukan?
      Jun 14, 2013 13:08
      Semua sisi politik, dan saya sedih dan sakit untuk melihat Mesir mengaktifkan Suriah seperti ini, tetapi semua sisi politik, apakah ini cara perang akan berjuang sekarang? Aktor non-negara yang disponsori oleh aktor negara untuk membakar ibukota negara lain negara-negara demokratis lainnya? Ini tren aneh baru yang ditetapkan oleh zionis tidak taat hukum, tidak bertanggung jawab, tidak etis, ilegal. Ini melemparkan semua aturan hukum keterlibatan keluar jendela! Bagaimana apakah ada yang menanggapi hal ini, terutama dengan kelambanan dan kepatuhan kekejaman ini oleh pengadilan dunia, dan semua kelompok anjing penjaga lain yang dinyatakan akan terus perang penjahat & teroris (& sponsor mereka) untuk tugas? Jika saya dapat menempatkan sebuah kata cepat keluar ke Mesir: REALLY?!Klik untuk ReplyRating13

      TingkatJalalJun 14, 2013 12:55Ini adalah jenis metode Machiavellian yang disebut saudara muslim adalah playing.Misery adalah dosa yang harus berjuang sangat keras dan itu adalah bahwa kemiskinan yang mendikte kita "mulim Saudara" jenis mereka dengan perut lapar action.People dapat bahkan tidak berpikir apalagi membangun country.Egypt beradab seharusnya tidak pernah diambil lebih mereka bisa mengunyah.Klik untuk Tingkat ReplyRating9

      Ajayeb fi MasrJun 14, 2013 12:51
      Mr.Khaled al-Qazzaz dapat Anda kencangkan sabuk Anda sebagai seorang pria ketika Anda pergi ke kantor atau seseorang els melakukannya untuk Anda, itu baik untuk memiliki martabat littile pada kulit Anda, suara yang Anda sukai Obama menderita kompleks rendah diri yang mendorong Anda menjadi budak Zionisme.Klik untuk Tingkat ReplyRating11Das KapitalJun 14, 2013 12:45

      Berita ini tidak mengejutkan saya, saya menemukan Sunni Mesir sangat secterian esp terhadap Syi'ah, meskipun Syiah hampir tidak memiliki kehadiran di negara, saya menyalahkan sikap secterian fanatik yang banyak memiliki di Mesir pada kemiskinan di negara yang didukung Barat Persia Negara-negara Teluk Arab telah mengeksploitasi dana radikal Syaikh salafi Mesir yang menyebarkan apa-apa kecuali kebencian.Klik untuk Tingkat ReplyRating3

      Mesir adalah menggelikanJun 14, 2013 12:39
      Mesir adalah neighter terorganisir atau stabil. Fogive saya, tapi ini negara-negara Arab adalah total sampah. Mengapa tidak menyalurkan milisi Anda ke Israel dan librate sesama Arab di Pallestine?Klik untuk Tingkat ReplyRating18

      LwinJun 14, 2013 12:28Itu adalah cara untuk menyingkirkan pembuat masalah di Mesir mengetahui bahwa Takfiri ini tidak akan kembali ke Mesir hidup.Klik untuk Tingkat ReplyRating12

      S BaluJun 14, 2013 12:07 Khaled Al Qazzaz TIDAK akan MEMILIKI .... UNTUK MENGATAKAN KE EYGPTIANS untuk pergi dan LEBERATEPALESTINE ATAU AL Quds? Menunjukkan bahwa DIA ADALAH BERUSAHA SILAHKAN MASTER NYA DI TEL AVIV!Klik untuk Tingkat ReplyRating15

      KBJun 14, 2013 11:50
      Begitulah bebas merusak dolar. Segera Afrika Selatan akan menjadi seperti itu rusak oleh dollar gratis.Klik untuk Tingkat ReplyRating11AUZZYJun 14, 2013 11:28MAN INI Egypts PRESIDEN ADVISOR.I TIDAK BISA PERCAYA AKU MEMBACA PERSAUDARAAN MUSLIM this.The ADALAH KORUPSI DAN EVIL, ORANG-ORANG MUSLIM TIDAK MEREKA BISA MASON GRATIS ATAU BEBERAPA LAINNYA SETAN CULT.Klik untuk Tingkat ReplyRating23HessJun 14, 2013 11:19Ini menunjukkan AS dan Isreal berhasil soffucating dan mengalihkan revolusi Egyption untuk kepentingan dan tujuan mereka sendiri. Mereka memilih calon penjajah setelah disqualifing banyak nasionalis calon hood kakak yang baik. Iblis adalah keluar dari kantong lagi dan lagi dan lagi. Ini telah menjadi sangat alasan orang ME dan Muslim secara umum telah ditundukkan dan digadaikan atas selama berabad-abad sekarang.Klik untuk Tingkat ReplyRating24Pertanyaan saya adalahJun 14, 2013 11:16Apakah Mesir bebas untuk pergi dan melawan Israel yang menduduki tanah Palestina inci demi inci???Klik untuk Tingkat ReplyRating28

      ZACJun 14, 2013 10:38Dapatkah seseorang tolong jelaskan kepada saya mengapa ini resmi Mesir tidak mengatakan hal yang sama berkaitan dengan egyption memasuki Palestina dan pertempuran Israel. SERIUS IM BINGUNG.

      Klik untuk Tingkat ReplyRating24KJin membalas ZAC2013/06/14 11:11:12Silakan lihat jawaban di bawah ini untuk "Afrika."Klik untuk Tingkat Rating9FloydJun 14, 2013 10:30Saya tidak berpikir Suriah memiliki sesuatu yang perlu dikhawatirkan.Klik untuk Tingkat ReplyRating8Rakasa MesirJun 14, 2013 10:28Sekarang aku tahu mengapa Gamal Abdel Naser digunakan untuk menempatkan Muslim Brotherhood di penjara, oh Ikhwanul Kesalahan maaf ....., Israel berada dalam kontrol penuh dari Mesir, saya tidak mengerti mengapa Morsi berpikir ia lebih baik dari Mubarak.Klik untuk Tingkat ReplyRating11a sssJun 14, 2013 10:23hm ..... Bayangkan muslim persaudaraan 4 hal, apa shmful 2 u MorsiKlik untuk Tingkat ReplyRating5

      Mesir selesaiJun 14, 2013 10:22Apa reactiion Morsi untuk penasehatnya, tampaknya Mesir bunuh diri.Klik untuk Tingkat ReplyRating4Dari TanzaniaJun 14, 2013 10:12Aku mencium bau 3 Perang Dunia! Suriah akan memenangkan perang melawan pro zionis wayang dan bandit.Klik untuk Tingkat ReplyRating7

      Umer KhanJun 14, 2013 09:49Hancur ini tentara salib sementara mereka masuk dalam wilayah Suriah. ini adalah hamba Amerika dan Israel dan jika mereka mengklaim bahwa mereka adalah Muslim, mereka berbohong.Klik untuk Tingkat ReplyRating30

      kebenaran yang menyedihkan ....Jun 14, 2013 09:27Ketidaktahuan dicentang mengarah ke korupsi di semua tingkatan dan ini adalah salah satu contoh tragis! Malu pada siapa pun yang tidak bisa membedakan antara kebenaran sejati dan kepalsuan jelas. Itu saja yang saya harus mengatakan, tidak ada kata lain yang memadai.Klik untuk Tingkat ReplyRating26

      AfrikaJun 14, 2013 09:23Apakah ada keraguan sekarang siapa Ikhwanul Muslimin mengambil pesanan dari? AS mengumumkan mereka akan menyediakan senjata, dan hanya pada isyarat Mesir mengumumkan mereka akan menyediakan tenaga kerja. Ketika datang ke Suriah, "hak perjalanan atau kebebasan bepergian terbuka untuk semua orang Mesir" ... ketika datang ke Palestina dinding baja sedang dibangun. Sungguh ironis. Kepemimpinan Mesir telah terbukti luar bayangan keraguan bahwa mereka adalah antek dari komplotan rahasia Zionis.Klik untuk Tingkat ReplyRating42

      Sekarang kita sekarang dalam membalas Afrika2013/06/14 12:41:50Anda memberikan jawaban yang benar Saya hanya menambahkan sedikit untuk M.Brotherhood komentar Anda tampaknya tidak mahal sama sekali dan harga untuk Zionisme ke efford untuk parchase rakasa aib tersebut kepada Islam itu mudah dan sekarang budak berada di bawah pengawasan penuh Zionisme internasional Berkat Tekan Tv untuk berita ini yang bagaikan sinar matahari ke halaman ini..Klik untuk Tingkat Rating9

      KJin membalas Afrika2013/06/14 09:48:31Saya setuju. Mengapa Mesir tidak melakukan perjalanan ke Palestina dan membebaskannya dari rezim apartheid Zionracist? Mereka hanya melawan ketika AS mengatakan kepada mereka untuk melakukannya. Bagaimana munafik mereka dan rasa malu pada merekaKlik untuk Tingkat Rating36Deo CassarJun 14, 2013 09:13Langkah ini diharapkan oleh Morsi Zionis. Muslim persaudaraan diciptakan oleh Zio Kerajaan Inggris pada tahun 1927 untuk menghancurkan Islam dan tempat nyata Mesir dan semua negara Arab di bawah dominasi Zionis. Iran harus buru-buru ke Suriah untuk membela Islam dari agresi militer asing Zionis.Klik untuk Tingkat ReplyRating26

      AKQJun 14, 2013 09:08Wajah sejati Fironi (feroh). Iran harus berhati-hati membuka tangan dengan pengkhianat tersebut. Nah Morsi apa yang harus Anda katakan tentang Anda penasehat menyarankan? atau kau berpaling dari persaudaraan dengan saudara perusak.Klik untuk Tingkat ReplyRating21AliJun 14, 2013 09:05Saya tidak pernah berpikir saya akan mengatakan ini, tetapi jika ini adalah apa yang menjadi Mesir di bawah Ikhwan MB, dengan menyesal saya katakan saya lebih suka memiliki Mubarak kembali. MB telah dasarnya menjadi alat proksi bagi AS di kawasan itu sekarang .. Apa penghinaan kepada semua orang yang memberikan hidup mereka di Tahir persegi!Klik untuk Tingkat ReplyRating29

      apiyaJun 14, 2013 08:54mengapa Anda membiarkan millitants untuk pergi ke Suriah dan membunuh saudara & saudara di sana? ini adalah sampah.Klik untuk Tingkat ReplyRating31Abul Abaas El Safah SMPJun 14, 2013 08:23Mesir memberikan kontribusi untuk memerangi pejuang Kurdi dan hampir setengah juta pekerja dan pejuang untuk membantu Saddam perang agaist Iran, tapi tidak Kuwait .. Kabar baiknya adalah pejuang Mesir memerangi nilai plus atau minus nol .. Mintalah tentara Israel untuk varifications ..Klik untuk Tingkat ReplyRating22NADSin membalas Abul Abaas El Safah SMP2013/06/14 11:35:59SANGAT BENAR MEREKA ADALAH TIKUS bertulang HANYA KUAT KETIKA WAKTU TERHADAP TEBAK ATAS KEHENDAK RAKYAT MESIRKlik untuk Tingkat Rating16Floydin membalas Abul Abaas El Safah SMP2013/06/14 10:32:13100 [[]%] benar. Mereka adalah pejuang yang tidak berguna.Klik untuk Tingkat Rating20
    • Ali Al Asytar
      Message 2 of 10 , Jun 14, 2013
        Kemampuan Ahmadinejad menahan diri tetap tinggal dirumah warisan orangtuanya, menahan diri untuk tidak menggunakan mobil mewah, makan makanan dari ransum isterinya dikantor presiden dan berpakaian sederhana sangat tinggi nilainya di zaman kita sekarang ini.

        Marilah kita saksikan presiden RII yang akan terpilih nanti, mampukah berbuat macam Ahmadinejad?  Kalau mampu berarti RII memiliki banyak pemimpin-pemimpin yang representant. Kita harapkan sangat semoga presiden baru nanti memiliki pribadi macam Ahmadinejad. Soal lainnya RII jempolan memang.

        Ada satu hal yang perlu kita jelaskan bahwa lawan politik Ahmadinejad sengaja membesar-besarkan fenomena Ahmadinejad dengan ibunda Chaves Hugo Venezuela. Andaikata persepsi mereka itu benar, tidak mungkin fenomena tersebut mampu menafikan kebrilianan Ahmadinejad kendatipun ramai mereka yang sebetulnya belum mampu memahami sisi ideology dan philosofis. Andaikata mereka tidak bertujuan mendiskreditkan Ahmadinejad, buat apa photo tersebut diabadikan macam kinerja musuh Islam saja sepakterjangnya.

        Beberapa bulan yang lalu IRIB memforward tulisan dimana seorang penzina masih saja diminta nasehat oleh seorang Nabi, hingga saya katakan itu palsu, mustahil seorang Nabi minta nasehat pada seorang penzina. Ironisnya Ahmadinejad tidak berzina tetapi dicela macam penzina. Sebaliknya saya memahami bahwa di fenomena tersebut Ahmadinejad telah mampu  mengangkat nilai "Kemanusiaan" yang kerap dilupakan para mursyid dan ulama yang dikritik Shahid Dr Ali Syariati. Dan pembaca dapat menyaksikan bagaimana kalapnya mereka ketika berhadapan dengan Rausyanfikr Iran yang mampu membuat pemikir Barat belum siuman sampai hari ini.

        Untuk mengetahui bagaimana kelirunya ulama yang mengkritisi Ahmadinejad, lihatlah cuplikan "PENDIDIKAN ISLAM KAFFAH", bagaimana pengorbanan Nabi Adam memakan buah "kearifan" atau khuldinya dalam persepsi setan, membuahkan nilai yang brillian secara ideologis dan philosofis:

         "M3 ditempatkan Allah dalam Syurga bersama permaisurinya Siti Hawa. Allah memberitahukan mereka berdua agar jangan mendekati pohon ini (hazihis syajarata) sebagai batas daerah operasionalnya di kawasan Syurga. Secara syar'i M1 dan permaisurinya digelincirkan Syaithan dengan mengatakan bahwa pohon itu bernama pohon Kekal (khuldi). Agar kekal tinggal di Syurga, M3 ditawarkan untuk memakannya. Dan M3-pun tergoda bersama permaisurinya. Ka rena telah melanggar batas yang telah ditentukan Allah, M3 berobah statusnya menjadi Ma nusia yang bernama Adam dan keduanya diperintahkan turun ke Bumi. Karena pelanggaran yang dilakukan M3 akibat ulah M2, Allah masih menerima taubatnya di Dunia yang kelak akan kembali lagi ke Syurga. Hal ini dapat kita lihat dalam Surah Al Baqarah ayat 35 - 38.

        Secara philosofis kendatipun Syaithan menggoda M3, M3 tahupersis resiko memakan buah kayu tersebut yang secara philosophis juga lebih tepat dinamakan buah Kearifan. Ketika M3 sadar mereka tidak produktif di alam surgawi, mereka berkorban demi kemanusiaan dengan cara me makan buah Kearifan . Kendatipun resikonya diturunkan ke Bumi, sebagai hukuman dari pelanggaran yang mereka lakukan, namun mereka juga punya nilai plus yaitu disamping punya Wa wasan dan Kearifan mereka juga sudah dapat berproduksi sementara sebelum memakan buah kearifan, mereka harus tunduk patuh secara mutlak terhadap Konstitusi yang ada di Syurga, tanpa memberi kesempatan kepada mereka untuk berfikir bebas dan juga bebas berbuat de ngan segala resikonya.

        Diatas segalanya mereka melepaskan diri dari status Malaikat yang tunduk patuh secara mutlak kepada Allah menjadi Manusia yang bebas berbuat dan mengembangkan keturunannya (berpro duksi). Pengorbanan M3 sangat diharapkan manusia sebagai keberuntungan. Andaikata M3 tidak mahu memakan buah Kearifan, sampai hari ini mereka tetap berdua saja yaitu M3 dan permaisurinya Siti Hawa. Sebab di Syurga hanya tempat bersenang-senang dan menikmati fasilitas Syurga yang serba kompleks, gemerlap dan fantastis, bukan tempat bekerja dan mela hirkan bayi. Andaikata di Syurga dapat melahirkan bayi, otomatis memerlukan kerja, paling kurang Baby Sister, buat perawatan bayi-bayinya. Padahal di Surga tidak ada anak-anak dan juga tidak ada orang tua. Umur mereka semua muda belia dan jangan lupa kelak Imam Hassan dan Imam Hussein sebagi ketua pemudanya di Syurga (Hadist Nabi suci)"

        Rakyat Iran belum ada tandingannya di zaman kita sekarang ini kecuali "komunitas Hizbullah" di Libanon tetapi systemnya belum sempurna. Untuk membuktikan asumsi saya ini simaklah apa kata Syari'ati tentang Islam sejati atau Islam murni:

         ALMARHUM DR ALI SYARIATI ADALAH AHLI PIKIR ISLAM YANG SANGAT BRILLIANT

        SEBAGAIMANA DULU SAYA BERTANYA-TANYA KENAPA IMAM ALI AS
        DIBENCI KEBANYAKAN "SAHABAT" RASULULLAH SAWW
        SAYA JUGA BERTANYA - TANYA SEKARANG
        BENARKAH SYAHID DR ALI SYARIATI DIBENCI ORANG
        SEBAGAIMANA KETERANGAN TULISAN BERIKUT INI?
        (hsndwsp)
        Acheh - Sumatra

        Bismillaahirrahmaanirrahiim

        Biografi Ali Syari’ati
        The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World menyatakan bahwa sulit menemukan biografi intelektual Syari’ati yang otoritatif. Banyak sisi kehidupan Syari’ati yang tetap tersembunyi. Sejak ia wafat, setiap tahun memang banyak karyanya yang diterbitkan di Iran untuk mengenangnya, namun datanya tidak lengkap, tersebar, dan bercorak hagiografis, sehingga agak sulit dibedakan antara kebenaran dan legenda.

        Ali Syari’ati lahir 23 November 1933, di desa Maziman, pinggiran kota Masyhad dan Sabzavar, Propinsi Khorasan, Iran. Desanya berada di tepi gurun pasir Dasht I Kavir, di sebelah Timur Laut Iran. Dia lahir dari keluarga ulama. Ayahnya, Muhammad Taqi Syari’ati adalah seorang ulama yang mempunyai silsilah panjang keluarga ulama dari Masyhad, kota tempat pemekaman Imam Ali Al-Ridha(w 818), Imam ke delapan dari kepercayaan Islam Syi’ah.

        Kehidupan Syari’ati berakar di pedesaan. Di sanalah seperti ditulisnya dalam otobiografinya pandangan dunia Syari’ati pertama kali dibentuk. Dia begitu bangga akan leluhurnya, yang merupakan ulama-ulama terkemuka di masanya dan mereka memilih menyepi di gurun Kavir.

        Guru pertama Syari’ati adalah Taqi Syari’ati, ayahnya sendiri, yang memutuskan untuk mengajar di kota Mashyad, dan tidak kembali ke desanya seperti tradisi leluhurnya. Sang ayah adalah ulama yang berbeda dari ulama tradisional. Sang ayah ini mempunyai perpustakaan lengkap dan besar yang selalu di kenang Syari’ati, yang secara metaforis dilukiskan sebagai mata air yang terus menyinari pikiran dan jiwanya. Di masa kecilnya ini, Syari’ati gemar membaca di perpustakaan ayahnya yang besar. Bahan bacaannya antara lain Les Miserables (Victor Hugo), buku tentang vitamin dan sejarah sinema terjemahan Hasan Safari, dan Great Philosophies terjemahan Ahmad Aram Syari’atikecil juga mulai menyukai filsafat dan mistisme sejak tahun-tahun pertamanya disekolah menengah.

        Kombinasi sosok intelektual dan aktivis yang terjun langsung ke lapangan membela ketidakadilan ini sedikit membentuk semangat intelektual yang juga aktivis politik revolusioner. Dan dia pula, Syari’ati menyerap pandangan tentang konstruksi sosiologis Marx, khususnya analisa tentang kelas social dan truisme (itsar). Syari’ati mengaku lebih banyak dipengaruhi Massigmon, George Gurvich, Jean-Paul Sartre, dan Franz Fanon. Ketika berada di Perancis, dia sadar bahwa pemikiran Barat bisa mencerahkan sekaligus memperbudak pemikiran pelajar Iran.

        Modernisasi dari atas dan sentralisasi kekuasaan yang dilakukan dengan tangan besi; penerapan cara-cara militer yang ‘mengharuskan represi brutal terhadap mereka yang menentang, menjadi cirri utama rezim kekuasaan Reza Syah. Modernisasi dan Industrialisasi yang dijalankan pada dasarnya berkiblat pada Negara-negara di Eropa Barat.

        Dia melihat adanya proses pembaratan total yang membentuk Eropanoid. Dari sini muncul pemikirannya yang memetakan intelektual menjadi Intelektual Islam yang meniru, dan ‘intelektual sejati’ yang mengikuti tradisi para Nabi dan menyadarkan ummatnya sekaligus punya tanggung jawab dan misi social. Syari’ati juga berusaha memecahkan masalah yang dihadapi Kaum Muslim berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Pada tanggal 18 Juni, Pouran, istri Syari’ati, beserta tiga putrinya hendak menyusul ke London. Tetapi, kali ini pihak berwenang menolak mengizinkan Pouran dan Mona, anaknya yang berusia 6 tahun, untuk meninggalkan Iran. Tetapi Soosan dan Sara, dua anak lainnya, diperbolehkan. Begitu keduanya tiba di Heathrow, Syari’ati menjemputnya dan membawa mereka ke sebuah rumah yang telah disewa di daerah Southampton, Inggris.

        Tetapi keesokan paginya, 19 Juni 1977, Syari’ati ditemukan tewas di Southampton, Inggris. Pemerintah Iran menyatakan Syari’ati tewas akibat penyakit jantung, tetapi banyak yang percaya bahwa dia dibunuh oleh polisi rahasia Iran. Kematiannya menjadi mitos "Islam Militan" Popularitasnya memuncak selama berlangsungnya revolusi Iran, Februari 1979. Saat itu, Fotonya mendominasi jalan-jalan di Teheran berdampingan dengan Ayatullah Khomeini.

        ISLAM AGAMA PEMBEBASAN
        Pemahaman Islam yang ditawarkan Ali Syari’ati berbeda dengan pemahaman maintreem saat itu. Islam yang dipahami banyak orang di masa Syari’ati adalah Islam yang hanya sebatas agama ritual dan fiqh yang tidak menjangkau persoalan-persoalan politik dan sosial kemasyarakatan. Islam hanyalah sekumpulan dogma untuk mengatur bagaimana beribadah tetapi tidak menyentuh sama sekali cara yang paling efektif untuk menegakkan keadilan, strategi melawan kezaliman atau petunjuk untuk membela kaum tertindas (mustad’afîn).

        Islam yang demikian itu dalam banyak kesempatan sangat menguntungkan pihak penguasa yang berbuat sewenang-wenang dan mengumbar ketidakadilan, karena ia bisa berlindung di balik dogma-dogma yang telah dibuat sedemikian rupa untuk melindungi kepentingannya.

        Syari’ati berpendapat bahwa Islam lebih dinamis dari pada agama lainnya. Terminologi Islam memperlihatkan tujuan yang progresif. Di Barat, kata "politik" berasal dari bahasa Yunani "polis" (kota), sebagai suatu unit administrasi yang statis, tetapi padanan kata Islamnya adalah "siyasah", yang secara harfiyah berarti "menjinakkan seokor kuda liar,", suatu proses yang amengandung makna perjuangan yang kuat untuk memunculkan kesempurnaan yang inheren.

        Islam, dalam pandangan Syari’ati bukanlah agama yang hanya memperhatikan aspek spiritual dan moral atau hanya sekadar hubungan antara hamba dengan Sang Khaliq (Hablu min Allah), tetapi lebih dari itu, Islam adalah sebuah ideologi emansipasi dan pembebasan:

        "Adalah perlu menjelaskan tentang apa yang kita maksud dengan Islam. Dengannya kita maksudkan Abu Zar; bukan Islamnya Khalîfah . Islam keadilan dan kepemimpinan yang pantas; bukan Islamnya penguasa, aristokrasi dan kelas atas. Islam kebebasan, kemajuan (progress) dan kesadaran; bukan Islam perbudakan, penawanan dan pasivitas. Islam kaum mujahid; bukan Islamnya kaum ulama. Islam kebajikan dan tanggungjawab pribadi dan protes; bukan Islam yang menekankan dissimulasi (taqiyeh) keagamaan, wasilah ulama dan campur tangan Tuhan. Islam perjuangan untuk keimanan dan pengetahuan ilmiah; bukan Islam yang menyerah, dogmatis, dan imitasi tidak kritis (taqlîd) kepada ulama" .
        Selanjutnya, gambaran Islam pembebasan ditegaskan kembali oleh Syari’ati:

        " Adalah tidak cukup dengan menyatakan kita harus kembali kepada Islam. Kita harus menspesifikasi Islam mana yang kita maksudkan: Islam Abu Dzar Ghifari atau Islam Usman bin Affan, sang penguasa. Keduanya disebut Islam, walaupun sebenarnya terdapat perbedaan besar diantara kedu anya. Satunya adalah Islam ke-khalîfah-an, istana dan penguasa. Sedangkan lainnya adalah Islam rakyat, mereka yang dieksploitasi dan miskin. Lebih lanjut, tidak cukup dengan sekadar berkata, bahwa orang harus mempunyai kepedulian (concern) kepada kaum miskin dan tertindas. Khalîfah yang korup juga berkata demikian. Islam yang benar lebih dari sekedar kepedulian. Islam yang benar memerintahkan kaum beriman berjuang untuk keadilan, persamaan dan penghapusan kemiskinan" .

        Ali Syari'ati menyebut Islam sebagai agama pembebasan. Islam, menurutnya, bukanlah agama yang hanya memperhatikan aspek spiritual dan moral atau hubungan individual dengan Sang Pencipta, melainkan lebih merupakan ideologi emansipasi dan pembebasan. Syari'ati juga mengatakan masyarakat Islam sejati tidak mengenal kelas. Islam menjadi sarana bagi orang-orang yang tercerabut haknya, yang tersisa, lapar, tertindas, dan terdiskriminasi, untuk membebaskan diri mereka dari ketertindasan itu.

        Syariati mendasarkan Islamnya pada kerangka ideologis. Dia memahami Islam sebagai kekuatan revolusioner untuk melawan segala bentuk tirani, penindasan, dan ketidakadilan menuju persamaan tanpa kelas. Syari'ati bahkan mencetuskan formula baru: ''Saya memberontak maka saya ada.''. .

        Islam pembebasan adalah Islam yang diwariskan oleh Imam Husein; kesyahidannya di Karbala menjadi sumber inspirasi bagi mereka yang tertindas untuk memelihara Islam yang otentik itu. Sehingga, Islam yang demikian adalah Islam Syi’ah awal, yakni Islam Syi’ah revolusioner yang dipersonifikasikan Abu Zar al-Ghifari dengan kepapaannya, dan Imam Husein dengan kesyahidannya. Keduanya merupakan simbol perjuangan abadi ketertindasan melawan penguasa yang zalim. Islam Syi’ah revolusioner ini kemudian mengalami "penjinakan" di tangan kelas atas – penguasa politik dan ulama yang memberikan legitimasi atas "Islam" versi penguasa. Ulama, menurut Syari’ati dengan menggunakan jargon Marxis, telah menyunat Islam dan melembagakannya sebagai "pemenang" (pacifier) bagi massa tertindas, sebagai dogma kaku dan teks skriptural yang mati. Ulama bergerak seolah-olah di dalam kevakuman, terpisah dari realitas sosial.

        Menurut pengamatan Syari’ati, selama 7 abad sampai masa Dinasti Safavi, Syi’isme (Alavi) merupakan gerakan revolusioner dalam sejarah, yang menentang seluruh rezim otokratik yang mempunyai kesadaran kelas seperti Dinasti Ummayah, Abbasiyah, Ghaznawiyah, Saljuk, Mongol, dan lain-lain. Dengan legitimasi ulama rezim-rezim ini menciptakan Islam Sunni versi mereka sendiri. Pada pihak lain, Islam Syi’ah Merah, seperti sebuah kelompok revolusioner, berjuang untuk membebaskan kaum yang tertindas dan pencari keadilan. Syari’ati melihat rezim dan lembaga keulamaan, yang bisa jadi terkadang ditunggangi pihak luar, sebagai manipulator masa lampau Iran dan arsitek yang menjadikan tradisi menjadi penjara.

        Rezim Syah Iran tidak membangkitkan agama, tetapi mempertahankan kerajaan yang mandek, sementara para ulama mempertahankan kemandekan Islam. Menurut Syari’ati, apa yang terjadi di Iran adalah, bahwa di satu sisi, para ulama yang menjadi pemimpin agama selama dua abad terakhir telah mentransformasikannya menjadi bentuk agama yang kian mandek, sementara di sisi lain orang-orang yang tercerahkan yang memahami kekinian dan kebutuhan generasi dan zaman, tidak memahami agama. Akhirnya, kata Syari’ati, "Islam sejati tetap tidak diketahui dan tersembunyi dalam relung-relung sejarah".

        Bagi Syari’ati, Islam sejati bersifat revolusioner, dan Syi’ah sejati adalah jenis khusus Islam revolusioner. Tetapi entah mengapa dalam perjalanan waktu kemudian Islam telah berubah menjadi seperangkap doa-doa dan ritual yang tidak bermakna sama sekali dalam kehidupan. Islam hanya sebatas agama yang mengurus bagaimana orang mati, tetapi tidak peduli bagaimana orang bisa survive dalam kehidupan di tengah gelombang diskriminasi, eksploitasi, dan aneka penindasan dari para penguasa zalim. Agama model seperti ini yang sangat disukai para penguasa untuk menjaga kekuasaannya tetap aman, tanpa ada gangguan dari orang-orang yang ingin mengamalkan Islam sejati.

        Gagasan Syari’ati tentang Islam revoluioner atau Islam pembebasan sejalan dengan gagasan tentang teologi pembebasan (theology of liberation) yang banyak diusung oleh tokoh-tokoh revolusioner baik di Amerika Latin maupun Asia. Ide dasar pemikiran antara Syari’ati dengan para pengusung teologi pembebasan hampir sama, yakni ingin mendobrak kemapanan lembaga resmi keagamaan (ulama, gereja) yang posisinya selalu berada pada pihak kekuasaan, dan berpaling dari kenyataan ril Ummatnya yang selalu ditindas oleh kekuasaan itu. Mereka sama-sama memberontak dan tidak puas dengan seperangkat doktrin yang telah dibuat oleh ulama atau gereja untuk melindungi kepentingan kelas atas dan menindas kelas bawah. Islam revolusioner dan teologi pembebasan sama-sama berupaya untuk mengakhiri dominasi lembaga resmi agama dan mengembalikan hak menafsirkan agama itu kepada rakyat, sehingga doktrin-doktrin yang terbentuk adalah ajaran agama sejati yang berpihak pada kepentingan rakyat.

        Seperti yang pernah dinyatakan oleh Leonardo Boff, Teologi Pembebasan adalah pantulan pemikiran, sekaligus cerminan dari keadaan nyata, suatu praksis yang sudah ada sebelumnya. Lebih tepatnya, masih menurut Boff, ini adalah pengungkapan atau pengabsahan suatu gerakan sosial yang amat luas, yang muncul pada tahun 1960-an yang melibatkan sektor-sektor penting sistem sosial keagaman, seperti para elit keagamaan, gerakan orang awam, para buruh, serta kelompok-kelompok masyarakat yang berbasis keagamaan.

        Teologi Pembebasan adalah produk kerohanian. Dan harus diakui, dengan menyertakan di dalamnya suatu doktrin keagamaan yang benar-benar masuk akal, Teologi Pembebasan telah memberikan sumbangsih yang amat besar terhadap perluasan dan penguatan gerakan-gerakan tersebut. Doktrin masuk akal itu telah membentuk suatu pergeseran radikal dari ajaran tradisional keagaman yang mapan. Beberapa diantara doktrin itu adalah ; 1). Gugatan moral dan sosial yang amat keras terhadap ketergantungan kepada kapitalisme sebagai suatu sistem yang tidak adil dan menindas, 2) Penggunaan alat analisis Marxisme dalam rangka memahami sebab-musabab kemiskinan, 3) pilihan khusus pada kaum miskin dan kesetiakawanan terhadap perjuangan mereka menuntut kebebasan, 4) Suatu pembahasan baru terhadap teks keagamaan, 5) Perlawanan menentang pemberhalaan sebagai musuh utama agama 6) Kecaman teradap teologi tradisional yang bermuka ganda sebagai hasil dari filsafat Yunani Platonis.

        Sejalan dengan kerangka pikir gerakan teologi pembebasan yang diusung oleh kalangan revolusioner di lingkungan agama Katholik, Islam revolusioner atau Islam pembebasan kurang lebih mempunyai kerangka pikir yang sama. Teologi pembebasan berbasis pada kesadaran rohani dan Islam pembebasan juga berbasis pada kesadaran Islam sejati atau otentik. Masing-masing mempunyai tujuan untuk menjadikan agama sebagai sarana untuk memperjuangkan tegaknya keadilan, meruntuhkan segala sistem despotik dan otoriter dan menjaga agar tidak ada penindasan di muka bumi ini.

        Sebagaimana yang telah terekam dalam sejarah Islam, bahwa kedatangan Islam adalah untuk merubah status quo serta mengentaskan kelompok yang tertindas dan eksploitasi; mereka inilah yang disebut dengan kelompok masyarakat lemah. Masyarakat yang sebagian anggotanya mengeksploitasi sebagian anggota yang lainnya yang lemah dan tertindas, tidak disebut sebagai masyarakat Islam (Islamic society), meskipun mereka menjalankan ritualitas Islam. Ajaran Nabi menyatakan bahwa kemiskinan itu dekat dengan kekufuran, dan menyuruh umatnya untuk berdoa kepada Allah agar dapat terhindar dari keduanya. Penghapusan kemiskinan merupakan syarat begi terciptanya masyarakat Islam. Dalam hadis lain Nabi menyatakan, bahwa sebuah negara dapat bertahan hidup walau di dalamnya ada kekufuran, namun tidak bisa bertahan jika di dalamnya terdapat dhulm (penindasan).

        Sayangnya, sebagaimana yang telah digelisahkan oleh Syari’ati, Islam yang bersifat revolusioner ini segera menjadi agama yang kental dengan status quo. Islam sarat dengan praktek feodalisme dan para ulama justru menyokong kemapanan yang sudah kuat itu. Mereka lebih banyak menulis buku tentang kaidah-kaidah ritual dan menghabiskan energinya untuk mengupas masalah-masalah furû’iyah dalam syari’at, dan sama sekali mengecilkan arti elan fital Islam dengan menciptakan keadilan sosial dan kepedulian Islam yang aktif terhadap kelompok yang lemah dan tertindas (mustad’afîn). Mereka mengidentifikasi dirinya sebagai mustakbirîn (orang yang kuat dan sombong).

        Seperti yang telah disebut di muka, Syari’ati "menuduh" ulama sebagai sumber utama atas penyelewengan ajaran Islam yang bersifat revolusioner. Di tangan ulama, Islam telah menjadi agama "orang mati" yang tidak berdaya melawan "orang-orang yang serakah". Dalam konteks Iran, ulama telah merubah Syi’ah dari kepercayaan revolusioner menjadi ideologi konservatif; menjadi agama negara (din-i dewlati), yang paling tinggi menekankan sikap kedermawanan (philanthropism), paternalisme, pengekangan diri secara sukarela dari kemewahan. Sedangkan pada pihak lain, demikian Syari’ati menggambarkan, ulama mempunyai hubungan organik dengan kemewahan itu sendiri melalui kelas berharta.

        Karena ulama Syi’ah memperoleh pemasukan dari Khams (sedekah) dari sahm-i Imâm (bagian dari zakat), mereka tak terhindarkan lagi terkait kepada orang kaya, negara tuan tanah, dan pedagang bazaar. Sebagai respon terhadap orang yang mengklaim bahwa ulama Syi’ah lebih independen dibandingkan dengan ulama Sunni. Syari’ati berargumen bahwa hal itu mungkin benar pada masa sebelum Safavi, tetapi tidak demikian setelahnya.

        Kritik terhadap Syari’ati
        Kritik yang cukup pedas dari Syari’ati kepada golongan ulama membuat para ulama menberikan reaksi balik. Muthahari, salah sorang ulama terkemuka, memandang Syari’ati telah memperalat Islam untuk tujuan-tujuan politis dan sosialnya. Lebih jauh Muthahari menilai, aktivisme politik protes Syari’ati menimbulkan tekanan politis yang sulit untuk dipikul oleh sebuah lembaga keagamaan seperti Hussainiyeh Ersyad dari rezim Syah.

        Dan Memang, setelah Syari’ati banyak mengkritik lembaga ulama dan rezim, Hussainiyeh Ersyad akhirnya ditutup paksa oleh pasukan keamanan. Selain Muthahhari, masih banyak ulama sumber panutan (marja’ taqlid) seperti Ayâtullah Khû’i, Milani, Rohani, dan Thabathâba’i yang juga turut mengecam suara-suara kritis Syari’ati. Bahkan mereka mengeluarkan fatwa yang melarang membeli, menjual, dan membaca tulisan-tulisan Syari’ati.

        Setelah Syari’ati mengkritik ulama yang dinilainya sebagai akhund, Syari’ati lantas menyampaikan tipikal ulama ideal. Menurutnya, ulama ideal, secara sederhana, adalah ulama aktivis, yang menggalang massa untuk melakukan gerakan protes. Sehingga dalam hal ini, ia menjadikan ayahnya sendiri dan Ayâtullah Muhammad Baqir Sadr (dihukum mati oleh pemerintah Republik Islam Iran (?) tahun 1979) atau pemikir aktivis dari kalangan Sunni seperti al-Afghani sebagai idolanya. Khomaeni tentu saja cocok dengan kerangka Syari’ati mengenai ulama. Tetapi Syari’ati tidak pernah menyatakan perasaannya secara terbuka tentang Khomaeni. Informasi yang ada nampaknya memberikan indikasi bahwa Syari’ati mengakui Khomaeni sebagai pemimpin besar.

        DAFTAR PUSTAKA

        The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World, Esposito: 2001, 294

        Ekky Malaky, Ali Syari’ati ; Filosof Etika dan Arsitek Iran Modern. (TERAJU;Jakarta, 2004)

        Ali Rahnema, "Ali Syari’ati: Biografi Politik Intelektual Revolusioner (Jakarta:Erlangga, 2002)

        Azyumardi Azra, Pergolakan Islam Politik; Dari Fundamentalisme, Modernisme Hingga Post-Modernisme (Jakarta: Paramadina, 1996)

        Muhammad Nafis, "Dari Cengkeraman Penjara Ego Memburu Revolusi: Memahami "Kemelut" Tokoh Pemberontak", dalam M. Deden Ridwan (ed.), Melawan Hegemoni Barat: Ali Syari’ati dalam Sorotan Cendekiawan Indonesia (Jakarta: Penerbit Lentera, 1999)

        Ali Syari'ati, Ideologi Kaum Intelektual: Suatu Wawasan Islam, Mizan, Bandung, 1985)

        Robert D. Lee, "Ali Shari’ati", dalam Mencari Islam Autentik: Dari Nalar Puitis Iqbal, Hingga Nalar Kritis Arkoun, terj. Ahmad Baiquni (Bandung: Mizan, 2000)

        Michael Lowy, Teologi Pembebasan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)

        Wahono Nitiprawiro, Teologi Pembebasan: Sejarah, Metode, Praksis, dan Isinya (Yogyakarta: LkiS, 2000)

        Asghar Ali Engineer, Islam dan Teologi Pembebasan, terj. Agung Prihantoro (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003), cet. III
        Diposkan oleh Cecep Sopandi, 09 Mei 1986 di 00:47

        Oleh : Cecep Sopandi
        Mahasiswa Sosiologi Agama UIN Jakarta

        Michael Lowy, Liberation Theology (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)
        Wahono Nitiprawiro, Theology of Liberation: History, Methods, Praxis, and the contents (Yogyakarta: LKIS, 2000)
        Asghar Ali Engineer, Islam and the Theology of Liberation, trans. Great Prihantoro (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003), cet. III
        Posted by Cecelia Sopandi, May 9, 1986
        at 00:47
        Diposkan oleh ACHEH - KARBALA di 07.20

        .

        Message 3 of 10 , Jun 14, 2013
          SAYYED HASSAN NASRULLAH:
          HIZBULLAH MEMBELA SURIAH DAN LIBANON
          MELAWAN PARA EKSTREMIS

          Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengatakan kehadiran gerakan perlawanan Lebanon di Suriah bertujuan membela rakyat Suriah dan Lebanon melawan para ekstremis.Nasrallah mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Jumat bahwa ada sebuah proyek Amerika, Israel dan Takfiri untuk menghancurkan tidak hanya Suriah tetapi seluruh wilayah.

          Pemimpin Hizbullah melanjutkan dengan mengatakan bahwa intervensi asing di Suriah tetangga dimulai sebelum gerakan perlawanan terlibat dalam konflik.

          Nasrallah mencatat bahwa sebagian besar Suriah mendukung pemerintah mereka, namun ironisnya puluhan ribu militan dikirim ke negara Arab dari negara-negara demokratis di kawasan untuk diduga memperjuangkan demokrasi.

          Dia juga menekankan bahwa Hizbullah tidak akan mengubah posisinya di Suriah dalam menghadapi ancaman.

          "Dunia akan datang untuk bertarung di Suriah dengan uang mereka, dengan senjata mereka, dan dengan media mereka," tambah Nasrallah.

          Gejolak di Suriah meletus pada Maret 2011, dan banyak orang, termasuk sejumlah besar tentara dan aparat keamanan Suriah, telah tewas sejauh ini.Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay mengatakan pada 13 Juni bahwa setidaknya 93.000 orang telah tewas sejak pecahnya militansi yang disponsori asing terhadap pemerintah Suriah.

          Pada bulan Mei, Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan militan dari 29 negara yang berbeda berjuang melawan pemerintah di berbagai negara.MAM / KA / SS 22 4  64

          Berita Terkait:
          'Tidak ada pejuang Hizbullah menangkap di Suriah'
          Hizbullah membunuh 20 militan Suriah
          20 roket ditembakkan oleh militan menghantam Lebanon
          Hizbullah mengutuk serangan Beirut
          Mortir membunuh 1, melukai 1 di Lebanon
          Nasrallah punggung memerangi gerilyawan SuriahKomentar (13)Tambahkan Komentar Klik DisiniCatatan: Pendapat yang dinyatakan dan link yang disediakan pada halaman komentar kami adalah pandangan pribadi dari kontributor individual dan tidak mencerminkan pandangan dari Press TV.eric49Jun 14, 2013 20:23Jenderal Sayyed Hassan Nasrallah.I salut pejuang Anda, seperti di antara yang terbaik dalam kehidupan tidak bersalah banyak World.Too telah hilang untuk keserakahan thesesatanist rogues.Soon, negara yang paling arab akan datang bersama-sama melawan ancaman umum! Segera, api akan hujan , pada mereka yang bertanggung jawab untuk semua kekejaman. Hanya kemudian, kita akan menemukan Peace! Insya Allah.Klik untuk Tingkat ReplyRating3FalesteeniJun 14, 2013 19:22"Kehadiran gerakan perlawanan Lebanon di Suriah bertujuan membela rakyat Suriah dan Lebanon melawan para ekstremis" TENTU SAJA, Karena Angkatan Bersenjata Lebanon yang Lemah Syahwat & TIDAK untuk melindungi warga negara mereka sendiri PASTI HIZEBALLAH memiliki kewajiban moral untuk melakukan SO, Hassan Nasrallah tahu dari pengalaman masa lalu ketika datang ke Tentara Lebanon menghadapi MUSUH yang Angkatan Darat Lebanon akan PENYERAHAN MENYERAHKAN senjata mereka & menawarkan musuh secangkir TEH! PANJANG Live HIZEBALLAH, SURIA & The REPUBLIK ISLAM IRAN.Klik untuk Tingkat ReplyRating12HassaniJun 14, 2013 07:15Saham Hassan terus meningkat seperti Matahari. Baik Tuhan Matahari dan Bulan sedang di atasnya.Klik untuk Tingkat ReplyRating15baffa umarJun 14, 2013 07:05saya sangat senang melihat kemenangan tentara Suriah untuk mulia pertarungan ini dibuat dengan militan mereka.Klik untuk Tingkat ReplyRating14Tidak Muslim tapi aku setuju.Jun 14, 2013 18:49Saya pikir itu adalah berkat yang Anda dapat datang dan membantu orang-orang di Suriah, semakin cepat teroris asing ditangani dengan baik. Mereka perlu menunjukkan bahwa mereka memiliki tidak ada tempat di negeri ini.Klik untuk Tingkat ReplyRating3zaraJun 14, 2013 18:42Mashhallah Nasrallah Mashallah Nasrallah Masya Allah Nasrallah.May membantu kami dan mungkin saudara-saudara kita di timur tengah bebas dari penjajah dan kolonialisKlik untuk Tingkat ReplyRating2AHMEDJun 14, 2013 06:39ANDA SUNGGUH HERO SALUT SAYA UNTUK ANDA BRAVE HATI.Klik untuk Tingkat ReplyRating2Keadilan untuk AfrikaJun 14, 2013 06:31Hizbullah memiliki rasa hormat saya untuk menjadi organisasi revolusi yang berdiri untuk keadilan murni dan menolak supremasi rasis 'pengganggu dan tukang daging dari Amerika Serikat / Uni Eropa berusaha untuk memiliki umat Islam bebas yang tersisa seperti yang telah dimiliki Arab Saudi, Qatar, Bahrain dan lain-lain. Dukungan saya untuk Hizbullah informasi dengan baik dan selalu belajar.Klik untuk Tingkat ReplyRating1AbbasJun 14, 2013 06:29Nya Holliness nasarallah adalah sebuah inspirasi bagi semua orang di jalan Islam, keadilan dan fairness.When di jalan keadilan dan kejujuran Anda bisa menghadapi bukan hanya satu tapi sepuluh obama itu. Kemenangan ke Syria-God Bless Tentara Suriah dan HizbullahKlik untuk Tingkat ReplyRating2MalaysiaJun 14, 2013 06:29DIA HARUS MENJADI PRESIDEN LEBANON,,,,, SEBENARNYA YANG LEBIH KEMUDIAN, HARUS PRESIDEN SEMUA NEGARA ARAB.Klik untuk Tingkat ReplyRating1fakta tak terbantahkan.Jun 14, 2013 06:25Tidak perlu pernah mengatakan dua kata dalam membela keputusan ini untuk melawan dalam mendukung Tentara Suriah sah karena tidak punya otak. Orang lain dalam situasi ini akan melakukan hal yang sama untuk sekutu-jika mereka pernah diserang dalam brutal, cara yang tidak etis, & ilegal yang sama (dengan menimbun teroris asing). Lihatlah 9/11 misalnya. The kami ditabrak hanya 19 orang dari al-ciada, menurut laporan resmi oleh mccain, & Lieberman, dalam waktu 15 menit waktu. Dan berapa banyak negara melompat dan bergabung dengan kami untuk 'melawan pelaku kejahatan yang melakukan ini' di Afghanistan, dan kemudian di Irak. Berapa banyak negara? inggris, canada, belanda, aus,. Berapa banyak lagi? Tapi sekarang Anda memiliki Suriah dibombardir dengan lebih dari 19 teroris dari THE organisasi TERORIS SAMA menurut washington (coba ratusan ribu), jauh lebih banyak daripada 2879 orang tewas oleh mereka di Suriah .. dan mereka (washington & london) memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang Hizbullah datang untuk membantu dalam menjaga perbatasan mereka sendiri jelas?Klik untuk Tingkat ReplyRating0Afghgani KhanaJun 14, 2013 06:24seumur hidup syed hasan nasrullah panjang kehidupan syria, ..... bloddy amricanKlik untuk Tingkat ReplyRating27tan InggrisJun 14, 2013 06:12Anda telah mencapai begitu banyak kemenangan pada setiap tingkat, keinginan saya terbaik untuk Anda dan Hizbullah, seperti jutaan orang lain di seluruh dunia berdoa bagi Anda. saya telah melihat Sunni, dan Kristen berdoa untuk kemenangan Anda. apa kepribadian Anda memberi hormat.Klik untuk Tingkat ReplyRating40
        • Ali Al Asytar
          Message 4 of 10 , Jun 15, 2013

            'Senjata AS mengalir ke militan melalui Turki'

            Sebuah pesawat kargo Amerika lepas landas dari Pangkalan Udara Incirlik di Turki tenggara. (File foto)

            Sat Jun 15, 2013 04:07 GMT16275 10
            Penyerahan senjata, yang meliputi senapan serbu, bahu-dipecat granat berpeluncur roket dan rudal anti-tank, akan dilakukan melalui CIA, laporan mengatakan. "Laporan media mengatakan Turki, anggota NATO, kemungkinan menjadi tujuan transit AS memasok senjata mematikan untuk militan asing yang didukung melawan pemerintah Suriah.

            Amerika koran USA Today mengutip Christopher Harmer, analis Institut untuk Studi Perang, yang mengatakan bahwa AS pemeriksaan menggunakan Turki Incirlik Air Base, yang secara teknis sebuah pangkalan udara NATO, sebagai hub untuk memasok militan di Suriah dengan senjata.

            "AS bergerak kargo melalui sana sepanjang waktu," kata Harmer, menambahkan bahwa membangun rute pasokan ke militan "tidak sulit."Laporan itu menambahkan bahwa senjata yang dipasok AS yang direncanakan mencapai teroris di kota utara Suriah Aleppo melalui selatan Turki.

            Surat kabar Amerika menegaskan bahwa Washington telah mengirimkan peralatan komunikasi kepada militan yang disebut Tentara Pembebasan Suriah melalui Turki.

            "Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan telah memungkinkan senjata dari Arab Saudi dan Qatar untuk bergerak melalui negaranya, dan ia mendukung penggulingan Presiden Suriah Bashar Assad," kata USA Today.

            Ankara telah menyambut baik keputusan Washington untuk mengirim senjata kepada militan.

            Para pejabat Turki mengatakan keputusan itu tepat waktu dan akan membantu menciptakan tingkat lapangan bermain melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

            Laporan itu muncul saat Presiden AS Barack Obama telah memerintahkan pemerintahannya untuk memberikan militan di Suriah dengan senjata saat pasukan Suriah kembali kontrol dari daerah yang lebih di negara ini.

            Keputusan itu muncul pada Jumat, sehari setelah AS menyatakan bahwa pemerintah Suriah telah menggunakan senjata kimia terhadap militan dan dengan demikian melintasi Washington "garis merah." Damaskus telah menolak tuduhan itu sebagai "kebohongan."

            Penyerahan senjata, yang meliputi senapan serbu, bahu-dipecat granat berpeluncur roket dan rudal anti-tank, akan dilakukan melalui CIA, laporan mengatakan.Rusia dan PBB telah mengecam keputusan AS untuk mempersenjatai militan di Suriah. Moskow memperingatkan bahwa langkah tersebut "risiko meningkat (kekerasan) di wilayah tersebut."

            Keputusan AS itu disampaikan hari setelah militan mengalami kerugian besar dan kehilangan kontrol kota strategis Qusayr. Pasukan Suriah juga telah memulai operasi habis-habisan untuk mendapatkan kembali kontrol penuh dari kota utara Aleppo.

            Obama telah mendapat tekanan untuk meningkatkan keterlibatan AS dalam konflik Suriah.

            Pada hari Selasa, Mantan Presiden AS Bill Clinton mengatakan kegagalan Washington untuk campur tangan dalam konflik di Suriah akan menjadi "kesalahan yang buruk."

            Suriah telah dicengkeram oleh kerusuhan mematikan sejak Maret 2011, dan banyak orang, termasuk sejumlah besar pasukan pemerintah, telah tewas dalam kekerasan itu.

            Damaskus mengatakan kekacauan telah diatur dari luar negeri, dan ada laporan bahwa jumlah yang sangat besar dari para militan adalah warga negara asing.

            Pemerintah Suriah mengatakan Barat dan sekutu regional termasuk Qatar, Arab Saudi, dan Turki mendukung militan.

            Beberapa organisasi hak asasi manusia internasional telah menuduh militan yang beroperasi di Suriah melakukan kejahatan perang.
            DB / HN 275 10  298

            Komentar (16)
[...]

            ArashJun 15, 2013 08:08
            Tidak ada wahhabi bisa menahan melawan kekuatan perlawanan bahkan dengan USA-wahhabi-zionis. Pemenang adalah IRAN dan ketahanan insya AllahKlik untuk Tingkat ReplyRating0

            ryanJun 15, 2013 07:37
            Apakah AS juga berencana untuk menyertakan mengirim senjata kimia militan? Saya yakin mereka akan menuduh Suriah dan menggunakannya.Klik untuk Tingkat ReplyRating5AlasanJun 15, 2013 06:26Axis of Evil Israel, Amerika Serikat dan Inggris akan menetas banyak konspirasi dan menggunakan semua Sarana Treacherous terhadap pemerintah Suriah selama 2 tahun terakhir, namun Gagal karena Allah adalah Perencana terbesar. Setelah Keruntuhan Amerika Serikat, Inggris, Uni Eropa dan Israel, Suriah Tentu akan Settle Skor ini pasti.Klik untuk Tingkat ReplyRating9

            KhosroJun 15, 2013 06:16
            Tindakan AS akan meningkatkan kontribusinya dalam pembantaian oleh barbar di SuriahKlik untuk Tingkat ReplyRating7

            Hay hayJun 15, 2013 05:52
            Saya berharap Suriah monetring para penghuni kos dan akan attck dan menghancurkan senjata sebelum mereka mencapai teroris. Suriah juga harus membuka gugatan hukum di AS untuk suporting teroris, ini adalah warcrimes. Semoga Rusia akan membantu Suriah untuk menghancurkan senjata. Rusia juga dapat membantu dengan menempatkan senjata datang satelites spy formthier dan memberikan info kepada Militer Suriah.Klik untuk Tingkat ReplyRating9

            KebenaranJun 15, 2013 05:40
            Militan telah memiliki Senjata AS dan Senjata AS telah Pengiriman mereka dari Kroasia selama 2 tahun terakhir. AS ingin "ada Fly Zone" dipaksakan dari Turki dan Yordania yang juga akan gagal dan kedua rezim di Turki dan Yordania bisa Jatuh untuk memungkinkan Musuh Islam di tanah mereka yang telah Hancur Irak, Afghanistan, Libya dan Yaman membantai jutaan Muslim sudah.Klik untuk Tingkat ReplyRating7

            HANYA SEORANG MUSLIMJun 15, 2013 05:31
            Saya berharap pemerintah Turki memahami dengan melakukan hal ini, mereka menyatakan perang terhadap Suriah. Saya berharap Erdogan siap untuk memulai perang dengan negara tetangga yang dan bukan merupakan ancaman bagi Turki. Orang Turki akan membawanya dan menghakimi dia seperti pendahulunya Saddam Husssein yang memulai perang dengan Iran untuk melayani sama Guru Zionis Amerika.Klik untuk Tingkat ReplyRating8

            Noor AhmedJun 15, 2013 05:28
            Turki membuat s Kesalahan Serius dan ini menunjukkan Ankara cukup bodoh untuk tidak mengambil pelajaran dari Neighbours, seperti Pakistan melakukan kesalahan sama di Afghanistan dan Pakistan masih terluka ..... Ingat Militan ini akan kembali ke Turki untuk membuat kalkun bola api .... Tunggu dan Anda akan menyaksikan kata-kata saya ... segeraKlik untuk Tingkat ReplyRating12

            JeanineJun 15, 2013 05:13
            Hanya 11 [[]%] dari Amerika dukungan mempersenjatai ini Al-Qaeda preman namun dikendalikan Kongres AIPAC dan Gedung Putih mengabaikan apa yang Kami Rakyat inginkan. Kami ingin ekspor Freedom, Liberty, Integritas dan bantuan kemanusiaan TIDAK teror Zionis. Waktunya telah tiba bagi kita untuk menuntut pengunduran diri dari Wall St dan penjahat Kongres.Klik untuk Tingkat ReplyRating16

            John ScullyJun 15, 2013 04:44
            Seperti Turki adalah titik pasokan senjata kepada teroris, Suriah harus menyatakan WAR onn Turki sebagai Turki tampaknya telah menyatakan perang di dalam kamu di Suriah, indirectly.That akan mengguncang Erdogan dari sepatu botnyaKlik untuk Tingkat ReplyRating2

            Stan Up TurkiJun 15, 2013 04:44
            Demonstrasi dan protes tentang taman Gizi di tengah Istanbul itu hanya alasan. Jauh sebelum orang-orang yang begitu perhatian dan bahagia tentang Erdogan rahasia dan kolaborasi dalam keterlibatan kekejaman Suriah. Seperti Ali benar disebutkan orang Turki harus berdiri tegas untuk Slap Erdogan di wajah dan menghentikan Kejahatan ini sekali dan untuk semua.  Klik untuk Tingkat ReplyRating2

            Kebebasan BrigadeJun 15, 2013 04:34
            AS membuang-buang itu waktu dan uang dengan menyediakan pembunuh, preman barbar dalam disebut FSA. Mereka tidak membebaskan siapa pun. Suriah harus menghapus entry point pasokan tindakan kriminal ini dan menghancurkan musuh seperti serangga.Klik untuk ReplyRating13

            TingkatSchminnerJun 15, 2013 04:27
            Obama telah ditekan dari kekuatan luar. Ini memberitahu Anda bahwa Obama hanya boneka.Klik untuk Tingkat ReplyRating25

            AliJun 15, 2013 04:15
            Sudah waktunya bagi orang-orang Turki untuk mengakhiri kebijakan dan kegiatan teroris pemimpin mereka. Darah rakyat Suriah akan berada di kepala orang-orang Turki jika mereka tidak melakukan apapun untuk membela apa yang benar dan apa yang sedang terjadi melalui bangsa mereka sendiri.Klik untuk Tingkat ReplyRating28adamu alain membalas Ali2013/06/15 06:35:45Terserah rusia untuk saat ini apa yang akan menjadi berdiri pencegahan merekaKlik untuk Tingkat Nilai0Stop The Dictatorin membalas Ali2013/06/15 05:17:36Nah Said. Sekarang mereka (orang) telah dihadapkan kepala Erdogan dan tidak perlu khawatir, mereka harus mengambil masalah ke tangan mereka sendiri dan tekanan Turki Gov untuk menghentikan pertumpahan darah ini segera.Klik untuk Tingkat Rating9