Re: [MC-ers] CLEO VS AQUA

  • Rizky Hassan
    Message 1 of 13 , Mar 4, 2008
      Dear MC ers,

      Menurut saya CLEO memang berani berhdapan face to face dgn market leader dgn ber strtegy unik dan memikat secara impulsive dg warna tutup yg orange menyala dan botol yg unik plus mixing dgn minuman air mineral dgn kandungan O2 di dalamnya (Tentu lebih menyehatkan).

      TANOBEL FOODS sebagai pembuat minuman ini memang cukup creative dlm menarik minat customer membeli prductnya dgn model unik, warna dan plus kelebihan yg tidak dimiliki market leader.

      Kalau kita melihat product unggulan lainya yaitu CLEO galon mini dgn warna putih transparant (Model bentuk19 liter menjadi 3 atau 4 liter, I'm not so sure about this measurement).

      They think diffrent lah to grab global market for mineral water...

      Regards,
      Rizky

      Message 2 of 13 , Mar 4, 2008
        setahu saya, cleo dan aqua membidik pasar yang beda karena sistem pengolahan dan kategori air minum dalam kemasan yang beda. cleo masuk di air minum demineral dimana semua kandungan mineral anorganik yang ada di air sudah dihilangkan dengan sistem Reverse Osmosis dan ditambahkan Oksigen sedangkan aqua mengklaim diri sebagai air "mineral" dan tanpa tambahan Oksigen.
        dalam waktu dekat ini pihak Standar Nasional Indonesia (SNI) akan mengeluarkan peraturan baru bahwa air minum yang memiliki zat padat terlarut (TDS / Total Dissolved Solid) berada di bawah 10 akan dikategorikan air demineral atau air yang mendekati murni dan akan berbeda dengan aqua atau dengan merek lain yang mengusung air mineral.
        harga cleo menjadi lebih tinggi karena terkait dengan proses pemurnian tersebut dan penambahan Oksigen jadi saya kira wajar kalau harga cleo lebih mahal dari aqua namun harga cleo jauh lebih murah bila dibandingkan dengan air heksagonal misalnya.
        sehingga cleo membidik orang-orang yang sudah lebih aware akan kesehatan dan manfaat air murni.
        itu sekedar tambahan dari saya. tq

        Jimy Simarmata
        CV GLOBAL - Manado
        produsen INNOVATIVE
        air minum Demineral
        jl. Sam Ratulangi no. 461 manado
        t. (0431) 851545
        f. (0431) 854512

      • tatang yudiatmoko
        Message 3 of 13 , Mar 4, 2008
          Saya rasa tidak radikal. Dalam menentukan harga jual sebuah produk tidak hanya semata-mata hanya sebatas mendapat untung, perusahaan berjalan lancar, dapat mengembangkan perusahaan, tanpa melihat posisi sebuah produk. Artinya kita hanya menentukan berapa harga yang pantas yang hanya dilihat dari ongkos produksi semata dan asal untung. (banyak perusahaan air minum kemasan yang dapat menjual produknya dengan harga murah tanpa memikirkan posisi produknya). Pembagian pasar dapat dilihat sebagai ulah produsen, tetapi juga dapat dilihat sebagai ulah konsumen. Secara defakto akan ada konsumen yang merasa posisinya dalam mengkonsumsi kebutuhannya berada lebih tinggi dari konsumen yang lain. Cara yang paling mudah dipakai untuk hal tersebut adalah pembagian berdasarkan harga.Produk tertentu dengan harga tertentu hanya akan dibeli oleh konsumen tertentu. Jika pasar itu memang ada, mengapa tidak melakukan penempatan posisi produk kita pada posisi tertentu dengan menggunakan
          skala harga ? Tentunya dibarengi dengan pembeda dari produk. tidak hanya dengan cara asal harganya paling mahal. Mercedes Benz tidak akan pernah memasuki pasar menengah ke bawah meskipun secara produksi bukanlah hal yang susah. Demikian juga dengan Sony, akan selalu mempunyai harga yang lebih mahal dari pada merk lain, terlepas dari biaya produksi.
          Sekian dulu dari saya.
          Tatang Yudiatmoko, S. H ( 085694890669 )

        • abdul aziz audah
          Message 4 of 13 , Mar 4, 2008
            Dear MC-ers,

            Mungkin saya mengenal CLEO hampir 2 tahun ini meski tidak mengamati harganya.

            Berani memasang harga lebih tinggi tentu harus diimbangi dengan keberanian memberi lebih pada konsumen. Jika tidak tentu akan mengecewakan dan ditinggalkan, karena demikianlah yg terlihat di sekitar kita : Harga Menjajikan Sesuatu yg sesuai dengannya(harga itu sendiri).
            Harga rumah di gang sempit dan di jalan raya tentu berbeda, demikian gambaran yg ada di benak masyarakat kita.

            CLEO memberikan disain kemasan yg lebih, namun saya belum tahu kelebihan lainnya. Ada yg melengkapi???

            Abdul Aziz Audah
            www.tehrempah.com
            Kalibokor 3-26 Surabaya
            031-5049475
            0888 3525 122

            Message 5 of 13 , Mar 4, 2008
              dear pak sukardi

              Memang betul CLEO bukan merek baru. Brand CLEO sudah ada dipasaran cukup
              lama, tapi saya lupa tahunnya sekitar tahun 2002 Majalah SWA pernah membahas
              "radical" nya CLEO....didirikan oleh beberapa anak muda- CLEO waktu itu
              adalah AMDK dengan rasa (seperti aquaria)- kalo ga salah aquara diluncurkan
              untuk menghadang CLEO.

              Kekagetan kita serupa tapi tak sama.

              Kalo saya malah kaget "lha Brand CLEO masih ada tho?" ketika melihat di
              GIANT MARGO CITY minggu 02 maret kemarin- saya langsung ambil 2 kemasan
              1500ML. Kekagetan saya bertambah pas meminum CLEO-sambil menikmati
              Ayat-Ayat Cinta di Platinum"Lha kok ga ada rasa nya, ?tadi mendi beli aqua".

              Lebih kaget (sama hal nya pak sukardi)," Bandrol nya melebihi si market
              leader aqua?".....
              Komentar terhadap Cleo....
              * Kemasan sangat menarik-warna nya beda banget dari kebanyakan AMDK yang
              identik dengan biru.
              *tapi kemasan yang seolah isi nya menyegarkan, beraroma buah...secara
              pribadi setelah meminum nya
              "mendingan AQUA deh"

              --
              iwan rusmana

              Business Dev dept Melilea International
              02199271423/08111871356

            • maria rosaline
              Message 6 of 13 , Mar 4, 2008
                dear pak sukardi,

                menurut saya memang bermain dlm pasar amdk memanglah tidak mudah, apalagi kl tdk ada diferensiasi produk yg membedakan antara prod yg satu dgn yg lainnya, ditambah lagi dlm traditional market, price sgt sensitif sedangkan di modern market produk amdk sering dipersepsikan dgn Aqua (generik).kebetulan sy jg bekerja di prhn amdk.
                Kl saya lihat CLEO mencoba konsep brand is much powerful than product (spt kutipan david Aaker), di mana harga bukanlah satu2xnya kekuatan untuk meraih pangsa pasar tetapi ditekankan dr kekuatan product differentiation (content, context, infrastructur) spt kutipan dr hermawan kertajaya.Jadi mereka tidak takut akan price sensitif dari konsumer melainkan konsumer bisa melihat perbedaan/keunggulan produk mereka. Cleo mengklaim sbagai air oksigen dan kl sy lihat pendistribusian mereka di outlet modern market sudah mulai merata. Hanya yg perlu diperhatikan menurut sy adalah edukasi yg konsisten kpd masyarakat dgn klaim air oksigen mereka, agar masyarakat aware akan air oksigen.

                Sebelumnya kl ada pendapat sy yg salah mohon dikoreksi, terima kasih.
                regards,
                rosa

              • Teddie !
                Message 7 of 13 , Mar 4, 2008
                  Simple saja sih pak..kalo saya melihat manajemen CLEO sudah menghabiskan
                  bbrp milyar untuk bikin branding dan bentuk yg keren abis ituu..
                  Yaa kalo gak cepet2 balik modal dengan menjual harga mahal apa lagi?
                  sebenarnya rasa dan manfaat CLEO dengan Brand market leader merk AQUA juga
                  sama aja tho? :D

                  oh ya, ibu saya sedang melakukan riset tingkat mineral dan kebersihan produk
                  air minum bermerek.
                  saya lihat kok merk AQUA ada di level tingkatan paling bawah ya?

                  dari tingkat mineral yang rendah, kebersihan dan kemurniannya juga paling
                  bawah. walau saya lihat secara kasat mata sama aja sih rasa dan putih
                  beningnya..

                  tadi siang ibu saya mencoba membandingkan aquaria dengan aqua..ternyata kok
                  masih bersih dan murnian aquaria yaa.. hmm..apa ada yg salah dengan riset
                  ibu saya.

                  ada yang bisa menginformasikan benchmarking produk2 yg di lihat dari higenis
                  dan bersihnya untuk bahan referensi ibu saya? mohon informasinya. terima
                  kasih.

                • irwan aja
                  Message 8 of 13 , Mar 4, 2008
                    Saya sependapat dengan bu rosa.
                    Yang menjadi pertanyaan lanjutannya, seberapa besar pasar dari konsumen yang memang care dengan kandungan oksigen or memang tidak price sensitive? apalagi disaat semua biaya hidup tamba susah jadi bikin orang berfikir untuk first thing first, air mineral standar higienis layak konsumsi. Lagi pula, kalo memang yang diandalkan product diffrentiation, seberapa kuatkah difrensiasi tersebut dapat bertahan untuk modal bersaing yang sustainable, secara AQUA tergolong korporasi yang mudah adaptif terhadap demand sehingga ga susah untuk dia bikin produk yang sama dengan CLEO, or even better.

                    CLEO mungkin sudah mendapatkan positioning yang kuat untuk minumal beroksigen (advantage sebagai pionir mungkin?). Tapi kalo ga cepet nyari difrensi yang lain, ga susah buat buat disalip Aqua.

                    -One-
                  • Hary Subyarto
                    Message 9 of 13 , Mar 5, 2008
                      Salam Mc-ers.

                      Untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang sehat tetep diperlukan air yang bermineral ... kenapa air hujan yang de-mineral tidak dianjurkan untuk diminum .. juga air suling, justru dengan teknologi ionisasi sekarang bisa memisahkan air bermineral NETRAL (PH=7 sbg contoh AQUA) menjadi air bermineral dan bersifat basa (Ca,K,Na dll) yang baik diminum.

                      Dengan AIR bermineral ASAM yang TIDAK baik utk DIMINUM (S,Cl,P dll) dengan tujuan untuk mempertahankan PH tubuh 7.4 (manusia sehat).

                      Mengenai TASTE untuk AIR MINERAL BASA lebih terasa SEGER dan mantab, sedang TASTE AIR DE-MINERAL terasa HAMBAR dan ringan serasa Sayur tanpa garam, dalam jangka panjang meminum AIR DEMINERAL bisa menyebabkan tubuh kekurangan Calsium sehingga menyebabkan TULANG KEROPOS karena Calsium tulang diambil tubuh untuk menjaga tubuh pada PH 7,4 .. silahkan ANDA memilih yang mana

                      Untuk INFORMASI lebih LANJUT mengenai AIR MINERAL BASA anda bsa masuk di Yahoogropus >> sehat-berseri

                      Salam
                      Hary Subyarto
                      0811861210
                    • Hary Subyarto
                      Message 10 of 13 , Mar 5, 2008
                        Dear Mc-ers,

                        Masalah AIR MINUM yang ditambahin OKSIGEN ... sebetulnya kurang bisa dibuktikan manfaatnya ... karena oksigen diperlukan tubuh untuk mensuply darah utk dkirim ke OTAK (paling rakus oksigen >> kalau kurang sedikit saja bisa menyebabkan STROKE), oksigen ini disuply melalui PARU-PARU dengan pernafasan, sedang AIR yang masuk ke PERUT tidak ada yang memanfaatkan OKSIGEN tersebut.
                        Selain dari pada itu OKSIGEN yang dipaksakan masuk di AIR akan terlepas ke udara bebas apabila SUHU diatas 20 derajat Celcius ...
                        kesimpulannya apakah OKSIGEN diperlukan untuk DIMINUM ???

                        Salam
                        Hary Subyarto
                        0811861210
                      • jimy halomoan
                        Message 11 of 13 , Mar 10, 2008
                          memang benar tubuh memerlukan mineral sebagai kebutuhannya. namun, selama ini kita disesatkan oleh kampanye yang menyatakan bahwa air mineral sangat bermanfaat untuk tubuh. perlu diketahui bahwa mineral itu terbagi dua yaitu MINERAL ORGANIK yang berasal dari TUMBUH-TUMBUHAN dan MINERAL ANORGANIK yang biasanya terdapat di AIR atau TANAH. dan mineral yang sangat DIPERLUKAN TUBUH itu adalah MINERAL ORGANIK bukan mineral anorganik. itulah mengapa sayur-sayuran yang ber-zat besi tinggi, misalnya, sangat dianjurkan untuk dimakan tetapi air yang ber-zat besi tinggi dilarang untuk diminum, dan biasanya mineral dalam air itu sangat dibatasi untuk dikonsumsi sedangkan mineral organik dalam tumbuh-tumbuhan tidak pernah dibatasi untuk dikonsumi. sedangkan untuk rasa, menurut saya, justru air demineral itu rasanya enak. AIR DEMINERAL sangat baik untuk membantu meringankan kerja ginjal menyaring kotoran dan racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui jalur-jalur pembuangan juga sangat
                          baik dalam membantu penyerapan dan pendistribusian oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
                          mengapa kita sekarang tidak lagi dianjurkan untuk minum air hujan, karena kondisi air hujan sekarang beda dengan kondisi air hujan pada beberapa puluh tahun yang lalu. air hujan sekarang sudah terkontaminasi dengan polutan-polutan yang ada di udara jadi sudah tidak baik untuk diminum jadi bukan karena demineralnya.
                          ini saja tanggapan dari saya, kalau ada tambahan wawasan dari yang laing monggo saya persilahkan

                          Jimy Simarmata
                          CV GLOBAL Manado
                          Air minum Demineral INNOVATIVE
                          T.0431-851545