Burung manyar

  • Asep Saefudin
    Message 1 of 8 , Feb 20, 2001
      Burung manyar

      Hallo Selamat Pagi,

      Saya mau tanya, dari rekan2x semua apakah pernah tahu burung Manyar.
      Dulu saya sempat punya burung Manyar. Warnanya seperti burung Branjangan.
      dari segi makanannya pun tidak jauh berbeda, yaitu sejenis kacang2xan seperti
      makanan burung Kenari. Hanya, burung Manyar ini seperti kenari, maksudnya
      burung ini tidak pernah diam dibawah sangkar seperti burung Branjangan/Apung.

      Pernah saya liat diDaerah Kerawang, ada orang yang jual burung itu (Manyar), burungnya
      sudah jadi (gacor) suaranya bagus, banyak variasinya dan keras. Orang tersebut
      tawar harga Rp 100.000,-

      Mungkin untuk burung manyar ini banyak jenisnya, katanya sih, burung yang saya
      ceritakan diatas Burung Manyar kelapa. apa betul ...??

      Juga dari rekan2x semua apakah sudah ada yang bisa ternak silang untuk burung
      manyar dengan burung kenari...??

      Wassalam,....tuingg......tuingg......
      asp.

    • Ujang Tamara
      Message 2 of 8 , Feb 20, 2001
        Selamat pagi sa-kabehna
        Salam... tring ling...tuit...tiii.tttt

        Burung manyar itu ada beberapa jenisnya,
        yang terbaik itu Manyar Emas, warnanya sama dengan yg
        lain, tapi lebih banyak kuning dikepalanya.

        Saya belum pernah dengar suara asli burung nyamar,
        tapi kalau yg bunyi kenari memang ada dan bagus,
        serupa dengan Kenari namun agak halus dikit.

        Saya pernah baca dibuku "Birding in Indonesia", burung
        ini masuk ke-kelas burung gereja dan Kenari Melayu (yg
        satu ini saya belum pernah lihat, tapi ada katanya di
        jawa & sumatra).
        Saya rasa Nyamar bisa dikawinkan dengan Kenari, tapi
        harus dicari yang dari yg anakan. saya belum pernah
        dengar ada yg coba ternakin, mudah-2an teman-2 yg lain
        mau mencobanya.

        Demikian info dari saya, silahkan komentar dari
        teman-2 lainya, biar ngeramein nih.

        Wassalam, Ujang T.

      • Ujang Tamara
        Message 3 of 8 , Feb 20, 2001
          Salam tring lingg....tuitttttttt tuittttt.

          Ada pertanyaan nih, untuk bagi-bagi pengalaman.
          Burung saya lgi ngeram, dan bungkus telurnya sudah
          retak. Saya sempat lihat ada gerakan didalamnya.
          Namun besoknya saya lihat lagi, ternyata anakannya
          tidak keluar, sesuda saya angkat dan buka, ternyata
          anakanya sudah mati. Khawatir telur yg lain juga
          tidak bisa terbuka, akhirnya yg baru retak saya buka,
          dan anakannya keluar, namun gerakannya lemah (semuanya
          ada 3 telur).

          Yang menjadi pertanyaan, apakah sang induk tidak
          membantu buka kulit telurnya?
          Apakah memang proses telur menetas itu, didorong dari
          gerakan dari dalam ?
          Apakah anakannya kurang sehat/kuat? Turunan tidak
          baik?

          Hari ini saya belum lihat apakah burung itu disuapin
          induknya atau tidak. Teman saya yg sudah lama ternak
          pernah cerita, kadang-2 ada indukan yg pasif, tidak
          mau kasih makan anaknya.
          Tolong dikasih info, biar teman-2 yg lain juga tahu
          mengatasi permasalahan seperti ini.

          Hatur nuhun,
          UjangT

        • Ujang Tamara
          Message 4 of 8 , Feb 21, 2001
            Salam tri ling..ling......

            PELUANG BISNIS BURUNG MANYAR.

            Saya semalem sempat baca soal burung macar, dan
            jenisnya agak banyak. Tersebar didaerah SUNDA
            BESAR(Sumatera, malasia, kalimantan, jawa & Bali).
            Saya uda sering lihat itu burung dipasar harganya Rp.
            5,000 dan termasuk burung yg tidak laku, tapi setelah
            saya lihat yg bunyi Kenari dan melihat keindahan warna
            kuning emasnya, saya benar-benar tertarik. (Hanya
            belum mikirin tamabahin burung jenis baru).

            Saya hanya ingin kasih ide saja, bahwa burung ini pada
            dasarnya bisa diternak dalam sekala besar (mungkin!),
            jika kita bisa bikin Manyar yg jinak dengan suara
            merdu, saya yakin burung nyamar kita bisa go
            International.

            Untuk info juga, burung blacktroath, sanger dan
            mozabik adalah burung-2 liar diafrika, yg sama halnya
            kaya burung pipit, kaca mata, jiblek yg banyak kita
            dapati didepan rumah (....dulu waktu rumah saya
            dikampung...., sekarng sih hanya sekali-kali saya
            lihat jiblek hinggap di pohon depan rumah..)
            Untuk burung import kita keluarin banyak Rp. bayar $,
            kapan kita bisa dapat $ untuk burung lokal kita.
            Indonesia termasuk daerah yg memiliki jenis burung
            terbanyak didunia (amazon dan afrika).

            Jadi inimah ide aja......
            Mudah-mudah ada yg tertarik, untuk memulainya.

            Wassalam....
            UjangT.

          • Asep Saefudin
            Message 5 of 8 , Feb 21, 2001
              RE: [Kenari-Mania] Burung manyar

              Hallo Salam tuing....tuing.....tret

              Kang Ujang, dapet informasi dari buku yang mana yach.......
              mungkin Kang Ujang punya buku referensi mengenai Jenis Burung Manyar
              atau sebangsa burung kenari. apakah saya bisa beli ditoko buku ..??

              Ngomong2x telurnya udah netas semua belum, sampai sekarang saya
              belum mulai berternak, baru cari Pe-Jantan yang bagus. dan nanti sekalian
              mau beli betinanya yang udah siap kawin.

              Khang Ujang, Kalau bolah tau harga burung Manyar emas dan manyar biasa
              di pasaran berapa untuk bahan.......
              Saya pernah liat burung Manyar di Kerawang, bulunya itu lurik seperti warna
              bulu Branjangan/Apung, apakah ini juga termasuk burung manyar....

              Wasalam,
              asep.

> [...]

                > lain
                > mau mencobanya.
                >
                > Demikian info dari saya, silahkan komentar dari

                ------------------------ Yahoo! Groups Sponsor ---------------------~-~>
                eGroups is now Yahoo! Groups
                Click here for more details
                http://us.click.yahoo.com/kWP7PD/pYNCAA/4ihDAA/sUTVlB/TM

            • Ujang Tamara
              Message 6 of 8 , Feb 21, 2001
                Akang Asef,

                Bukunya kalau tidak salah "Burung di, Jawa, Sumatra
                dan Kalimantan' terbitan bird-net, bogor. Kerjasama
                dengan LIPI, ada versi bahasa inggrisnya. Bukunya
                sejenis esiklopedia burung, cukup lengkap
                penjelasannya dan ada gambarnya. Membahas jenisnya,
                bentuk, kelamin dan penyebarannya. Harga buku Rp.
                60.000,- saya beli diairport cengkareng. Coba cari
                ditoko gramedia (waktu di Surabaya saya lihat ada, JKT
                & BDG saya belum lihat), harganya ada 2 yg kertasnya
                bagus/tipis halus kena Rp. 200 ribuan yg tebal Rp. 60
                rb.

                Saya pernah lihat di Jatinegara, ada banyak manyar,
                tapi kelihatannya kebanyakan perempuan (laki biasanya
                ada kuning dikepala) harganya Rp. 5 rb, manyar emas yg
                bakalan saya belum pernah lihat, dibuku sih
                penyebarannya di Sumatra. Burung manyar sekarang ini
                belum tergolong burung pavorit, sama dengan burung
                Kacamata. Kalau udah jadi paling mahal Rp. 100 rb.
                Jadi perkiraan saya harganya sih sekitar 5-10 rb,
                mungkin bisa lebih murah, karena saya belum tawar.

                Saya rasa itu manyar juga mungkin Manyar Tampiun yg
                saya lihat dibuku (ejaannya kali salah??, saya coba
                cari dikamus tapi engga ada), yang kuning dikepalanya
                disebut Manyar Jambul. Kalau manyar emas dada depan
                dan kepala kuning semua (dominan).

                Oke selamat ber-nyamarria.
                Salam, UjangT

              • Ujang Tamara
                Message 7 of 8 , Feb 25, 2001
                  Salam tri..ling..ling...tuitt.....t.t..t.t

                  Kemarin saya ke PB Jatinegara dan harga burung:
                  Kaca-mata Rp. 5 (tumpukan kutilang, belum tawar)
                  Kaca-mata Rp. 10 rb (pilihan , belum ditawar)
                  Manyar Emas Rp. 30 (nawarinya 80rb)- bakalan
                  Manyar Tempua/tebu Rp. 5 rb (nawarinya 20rb)
                  Manyar Djambul Rp. 5 rb
                  Saya sempat beli 2 M-emas dan satu Manyar Tebu,
                  Manyar jambul keburu diambil orang.

                  Menurut buku yg saya baca, NYAMAR & KACAMATA sudah
                  lama diseludupkan keluar negri. Kategori favorit
                  (bahkan ada yg sudah diternak).
                  Dan sekarang NYAMAR populasinya semakin menurun, dan
                  penyebarannya makin tidak jelas.
                  Burung yg bagus, indah tidak kalah dengan Kenari dan
                  branjangan, juga burung lainnya.
                  Untuk itu perlu perhatian penggemar burung untuk
                  ikut melestarikannya. Kalau bisa diternak.
                  Bagai mana Mas haryanto, dengan Manyar nya ??

                  Sekedar info saja soal burung MANYAR.
                  Dari buku saya peroleh ada 3 jenis Nyamar, sbb:
                  1. Manyar Tempua :
                  * Bermahkota emas, ukuran 15cm,
                  * Ocehan serak dan nada menciut tinggi terus menerus.

                  * JANTAN- bermahkota dan tengkuk kuning emas, sisi
                  muka hitam, tubuh bagian bawah kuning tua, tubuh
                  bagian atas coklat abu-abu tua dengan sisi bulu pucat.

                  * BETINA- tanpa tanda hitam dan kuning pada kepala,
                  setrip alis, dan dada kuning kecoklatan. Iris
                  coklat, paruh abu-abu kehitaman sampai coklat, kaki
                  coklat muda.
                  * Terdapat di Sumatera/nias, Jawa kebanyakan di Jabar
                  di Bali tidak ada. Bersarang dipohon daerah terbuka

                  2. Manyar Jambul :
                  * Bertopi emas, ukuran 14 cm
                  * Ocehan dan siul terus menerus
                  * JANTAN � Mahkota kuning emas, sisa bagian kepala,
                  dagu, & tenggorokan hitam. Tubuh bagian bawah putih
                  dengan coretan hitam pada dada, tubuh bagian atas
                  coklat kehitaman dengan sisi kuning kemerahan.
                  * BETINA � Kepala coklat dengan coretan hitam pada
                  nahkota, alis kuning tua, ada bercak keputih-putihan
                  pada leher. Iris coklat, paruh abu-abu kehitaman
                  sampai coklat, kaki coklat muda
                  * Di jawa termasuk bawean dan bali, disemak-2, rawa
                  berumput, atau sawah

                  3. Manyar Emas :
                  * Berwarna Kuning Emas, 15 cm dengan muka hitam
                  * BETINA � Alis kuning tua dan tubuh bagian bawah
                  kekuning-2an. Iris coklat, paruh hitam atau coklat,
                  kaki coklat.
                  * Berbiak di D-Toba, sumut, sumbar. Dijawa
                  populasinya local dan tidak umum.
                  * Hidup disemak, rawa terbuka, kadang tempat kering.

                  Selamat bernyamar-ria.

                  http://personal.mail.yahoo.com/
                • Ujang Tamara
                  Message 8 of 8 , Feb 26, 2001
                    Sekedar INFO:

                    Hari minggu saya lihat di Jatinegara ada anak Merak
                    Rp. 200 rb (nawarinnya 350)
                    Kata sipedagang anak merak hasil ternak di Sumbawa.
                    Saya udah pingin beli 2 ekor, karena merak termasuk
                    burung langka.
                    Saya sudah baca literaturenya, dan benar itu anakan
                    merak hijau.
                    Walaupun warnanya belum muncul, tapi sudah tampak
                    warna kehijau-hijauan.
                    Saya tidak langsung membeli, karena takunya itu burung
                    perempuan.
                    Karena yg betina tidak bias mengembangkan ekornya.
                    Jumlahnya kemarin ada sekitar 8 ekor.

                    Mungkin ada teman-2 yg tahu informasi mengenai ayam
                    merak ini.
                    Harga dan kondisinya, apakah sudah yg terbaik.
                    Tingginya sekitar 20 cm, makan toge dan deddak jagung.
                    Mohon dikomentari.