Fwd: Menjelang Lebaran 2013

  • Mulyadi Dharmadi Liu
    Message 1 of 1 , Aug 7, 2013

      Menjelang Lebaran 2013

      Halo teman2,

      Sudah sebulan lebih saya tidak posting. Walau tidak ada makalah tertentu untuk disampaikan, selain kesibukan rutin bersama bu Ansye mengelola toko di kabupaten Bogor, ada beberapa aktivitas yang ingin saya sampaikan untuk teman2.

      Pasca Posting Usulan Konsep 3 Segmen  BBM-DN

      Bulan lalu saya mengusulkan konsep penjualan BBM dibagi menurut: Segmen Menerima Subsidi (motor& penumpang umum) – Segmen Tidak Disubsidi (mobil pribadi/ ekonomi) – Segmen Mensubsidi (mobil mewah& besar). Dengan segmentasi itu, selain akan mendukung perekonomian rakyat kecil, mereduksii kemacetan lalin/ panas kota/ polusi udara, walau tanpa menaikkan harga, Pertamina akan memperoleh keuntungan ganda.

      Sayang, menjelang bulan puasa pemerintah tetap menaikan harga BBM dengan metode konvensional. Walau konsep usulan saya itu tidak diterapkan, saya masih melakukan riset, perbandingan, serta proyeksi yang menunjukkan konsep ‘diferensiasi S-M-L’ lebih baik dan efektif dibanding proyeksi konsep ‘one size for all’. Namun setelah mempertimbangkan manfaat jika diposting, saya berpendapat penyampaian analisa dan proyeksi setelah keputusan diberlakukan, justru bisa mendatangkan kebingungan yang kontra produktif. Walau sementara tidak memposting analisa dan proyeksi itu, jika situasi mendukung, saya masih mengharapkan jalan tengah agar pemerintah kita bisa menyediakan premium/ bio-solar super-murah bagi kendaraan penumpang masyarakat umum, para pengguna sepeda motor dan roda-3.

      Menemui para penolong pak Mul

      Sementara ini, saya (=Mulyadi Dharmadi) beberapa kali berkomunikasi dengan pak Mulyadi dan pak Iman (para penolong ketika tangan saya patah tertabrak mikrolet di Kampung Melayu April yang lalu). Beberapa kali saat di Jakarta, saya tidak keburu menemui mereka (seperti biasa, kemacetan menjadi kendala…)  Namun hari Minggu 14Juli, saya bersama bu Ansye, Elsha, Dona, Jovan berhasil menemui pak Mulyadi di Warung Padang miliki Uni di Kampung Melayu. Bu Ansye mewakili keluarga kami, menyampaikan rasa terima kasih kepada pak Mulyadi dan juga kepada Uni. Pak Mulyadi juga menjelaskan bahwa selama seminggu di bulan puasa Ramadhan itu, sudah terjadi 4x kecelakaan motor di depan terminal Kampung Melayu.

      Kemudian ditemani pak Mulyadi, kami mengunjungi pak Iman (yang adalah sohib sejak kecilnya pak Mulyadi) yang sedang bekerja memasangkan banner di kantor Partai Demokrat-Jakarta Timur. Rupanya seperti saya, pak Iman dan pak Mulyadi juga sudah lama bergabung dengan Partai Demokrat. Ketika menanyakan stiker Partai Demokrat yang belum bisa saya beli di DPP PD, pak Imam juga mengatakan memang sampai saat itu PD belum mencetak ulang stiker. Namun pak Iman memberikan stiker Demokrat yang ada di meja tamu kantor untuk Elsha. Kemudian kami juga berfoto bersama, dimana Elsha memegang stiker itu. Sayang karena masalah teknis saya belum bisa mengupload foto dari HP itu untuk teman2. Oya, dalam lebaran ini, kami merencanakan untuk kembali mengunjungi serta bersilaturahmi dengan kawan-kawan di Kampung Melayu itu.

      Selamat Jalan Bapak Bangsa …

      Walau sering menyampaikan analisa dan solusi terobosan, sebenarnya saya jarang mengikuti berita. Selain sibuk dengan pekerjaan toko, saya sering menghindari berita yang memicu hiper-aktifitas. Namun ketika bermaksud melihat jadwal Pekan Raya Jakarta (yang ternyata sudah tutup), secara tidak sengaja saya membaca portal berita internet yang mengabarkan bahwa pak Taufik Kiemas telah berpulang ke rahmat Illahi. Saya berduka akan kepulangan almarhum yang sangat baik kepada saya. Saya juga menyesali terlambat mengetahui berita itu. Seandainya tahu lebih dini, saya tentu akan hadir melayat, menemui keluarga, khususnya mbak Mega untuk mengungkapkan simpati serta bela sungkawa saya.

      Sekitar tahun 1996, saya pertama berjumpa mas Taufik (panggilan akrab kami, keluarga DPC PDI-Kabupaten Bogor kepada almarhum), ketika pertama kali mengikuti pertemuan Jumat malam sesama pejuang usai acara shalat bersama di rumah almarhum dan mbak Mega di Kebagusan. Ketika kami duduk di tikar, bu Muji (teman DPC Bogor asal Kediri) mengatakan  bahwa orang di sebelah kanan saya adalah mas Taufik. Mas Taufik tersenyum ramah dan mengulurkan tangannya kepada saya. Ketika saya tanyakan siapa mas Taufik itu, bu Muji mengatakan bahwa mas Taufik adalah suami mbak Mega. Mas Taufik mengangguk sambil kembali tersenyum dan sekali lagi mengulurkan tangan kepada saya. Kemudian mas Taufik dengan ramah berkata:”Terima kasih ya, Mul…” (maksudnya atas fax-fax dan kesetiaan saya kepada mbak Mega) sambil menepuk dan memijat paha dekat lutut kanan saya.

      Kesetiaan dan keberanian para pejuang PDI memang sangat memberi kekuatan yang membesarkan hati mbak Mega yang juga menjadi basis kekuatan terbendtuknya  PDIPerjuangan   . Namun factor dibalik sukses yang melebihi segenap perjuangan kami, kehadiran dan keberadaan mas Taufiklah  yang merupakan sumber ketentraman dan semangat terpenting bagi mbak Mega. Bahkan ketika saya menyerahkan kaset rekaman lagu Mars PDI yang saya cipta dan nyanyikan, mbak Mega menanda tangani dada kiri rompi jaket PDI yang saat itu saya kenakan: mtaufiq - MBAK MEGA . Tanda tangan jaket rompi itu kemudian saya bordir dan masih saya rawat dengan rapih hingga sekarang.

      Saya bersyukur ketika mas Taufik terpilih dan menjabat sebagai ketua MPR. Saya merasa senang karena jabatan ketua MPR sempat djpegang oleh pribadi yang sangat baik kepada saya. Walau tidak sempat hadir saat kedukaan dan pemakaman almarhum, kepada mbak Mega, keluarga serta keluarga besar PDIPerjuangan, saya ingin menyampaikan rasa bela sungkawa yang dalam atas  wafatnya mas Taufik  yang saya kasihi. Semoga Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang melimpahkan pengampunan atas dosa-dosa, menerima amal ibadah dan kebaikannya.

      Selamat jalan mas Taufik. Selamat jalan Bapak Bangsaku...

      Camp Pria Sejati ~ Pengembangan Potensi Kepriaan

      Juli lalu Andy Savero (kawan belajar& berlatih berbagai ilmu dalam BlueMountains2010 peergroups) memforward undangan camp Pria Sejati yang akan diselenggarakan di sebuah vila di Ciawi. Rupanya saya bisa mengikuti camp secara gratis adalah berkat dukungan dr. Karta yang mensponsori biaya sekitar 30 pria untuk mrngikuti camp itu. Dr. Karta adalah seorang pengusaha dari Lippo-Karawaci yang sudah merasakan manfaat setelah mengikuti camp Pria Sejati pada beberapa peroide sebelumnya. Adapun Camp Pria Sejati diselenggarakan  oleh CMN, suatu organisasi Kristiani yang mengembangkan kepribadian  pria. Adapun pengembangan kepribadian yang dilakukan dalam camp, menggunakan metode yang dikembangkan oleh  almarhum Edwin Cole, penulis buku Maximize Manhood (kesempurnaan seorang pria)

      Dalam camp yang hanya dihadiri kaum pria ini, kami diajarkan pemahaman mengenai tanggung jawab pria sebagai sumber pokok bagi segenap anggota keluarga. Dari sumber yang baik, akan mendatangkan kesejahteraan dan ketentraman dalam keluarga. Sebagai pokok, karakter dasar pria sejati adalah paduan antara kelembutan dengan ketegasan, cinta kasih dan kesetiaan yang merupakan sumber keharmonisan dalam hubungan keluarga yang berkwalitas. Segenap peserta diberi kesempatan untuk mengungkapkan hal-hal tersembunyi, sementara bersama teman-teman, para fasilitator memdukung dalam penyelesaiaannya. Begitu banyak kesaksian hubungan keluarga (termasuk keluarga yang sudah sangat berantakan) dipulihkan melalui camp-camp Pria Sejati ini. Bahkan bu Ansye sampai menangis terharu menerima paket yang saya siapkan dan titipkan ketika saya masih berada dalam camp itu. Kini saya dan bu Ansye kembali pada suasana bulan madu keluarga yang akan kami pertahankan hingga kematian memisahkan kami.

      Audiensi di kantor Gubernur DKI

      21 Juni, saat mengemudi di jalan Majapahit, saya menerima telpon dari staf balaikota DKI mengenai permohonan audiensi dengan pak Jokowi dimana saya diminta datang ke Balai Kota siang itu. Di Balai Kota, saat itu pak Jokowi diwakili oleh pak Moko, staf yang memimpin pertemuan beberapa pemohon audiensi. Para tamu dipersilakan menyampaikan apa yang diusulkan dalam ruang presentasi. Karena sedikit terlambat, saya mendapat giliran terakhir dari sekitar 5 undangan yang memberikan presentasi kepada pak Moko dihadapan sekitar 20 orang staf Pemda DKI. Tidak sampai 10 menit setelah duduk, pak Moko menyilakan saya menyampaikan presentasi. Sambil memegang surat permohonan audiensi yang saya pinjam dari pak Moko, saya jelaskan bahwa saya adalah seorang inventor yang sering merancang berbagai konsep terapan.

      Selain menawarkan ulang konsep pesawat pengering banjir, saya juga menawarkan solusi perumahan sehat-hijau-mandiri yang saya namakan konsep Kampung Cluster. Konsep Kampung Cluster ini adalah gabungan dari konsep Kampung Susun, Kampung Deret, dengan Konsep Green Energy (tidak harus tergantung PLN/ generator)- Taman Kota& Habitasi Udara& Air- Manajemen Transportasi& Perparkiran- reduksi polusi dan panas lingkungan- Penyediaan Lahan Perumahan Kota, Manajemen Pemasaran/ Sistim Kontrak Sewa-Beli sehingga terjangkau oleh masyarakat bawah hingga menengah atas.

      Selain tertarik konsep itu, pak Moko juga menanyakan apakah konsep pesawat pengering banjir itu dengan teknik memindahkan hujan.  Saat itu saya katakan bahwa materi yang saya tawarkan justru adalah abstrak (resep/ cara kerja )nya bukan produk pesawatnya. Adapun abstrak serta penjelasannya akan disampaikan sesuai perjanjian kontrak dalam 10 termijn disepakati. Tentu setiap saat jika Pemda merasa sudah paham dan merasa tidak perlu termijn berikut, penjelasan itu tidak perlu dilanjutkan ke termijn selanjutnya. Bahkan setelah 10 termijn selesai, namun berdasarkan pengukuran teknis atas hasilnya, ternyata konsep itu gagal, saya akan kembalikan pembayaran kontrak itu. Atas penjelasan itu, pak Moko berjanji akan menyampaikan usulan saya kepada pak Jokowi. (Thank you, pak Moko…)

      Terima kasih kepada pak Jokowi atas undangan serta kesempatan presentasi bersama pak Moko. Semoga pertemuan itu akan berlanjut secara progresif pada masa-masa mendatang. Walau agak terlambat, saya bersama keluarga dan juga teman-teman tentunya mengucapkan selamat ulang tahun yang hari itu genap berusia 52 tahun. Semoga Tuhan mengaruniai pak Jokowi panjang umur, sehat sejahtera bersama keluarga. Kiranya segenap impian Jakarta Baru, Jakarta Kita dalam kepemimpinanan Joko-Basuki, akan terwujud secara nyata dalam 5 tahun ini. Amin.

      Teman2,

      Itulah sekilas aktifitas saya belakangan ini.

      Kepada saudara-saudariku kaum Muslimin,

      Menyambut hari raya lebaran, saya bersama keluarga, ikut mewakili umat Kristiani dan umat beragama Indonesia, mengucapkan selamat merayakan hari kemenangan yang mengatasi hawa nafsu dan dosa.

      “Selamat Iedul Fitri 1434 Hijriah.

      Mohon maaf lahir dan bathin.

      Semoga rahmat dan kebajikan Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang senantiasa menyertai kehidupan kita di bumi Nusantara.

      Amin”

      Salam Persaudaraan ~ Satu Hati Indonesia,

      Mulyadi Dharmadi

      https://sites.google.com/site/yohanesmulyadiliu/arsip-dokumen

      ELSHINTAgroup@yahoogroups.com, Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, Nasional-List@yahoogroups.com, PROLETAR@yahoogroups.com, MediaCare@yahoogroups.com, Media-Jakarta@yahoogroups.com, PERS-Indonesia@yahoogroups.com, RumahKitaBersama@yahoogroups.com, Indo-Marxist@yahoogroups.com, JakartaBaru@yahoogroups.com,

      JaBoDeTaBek@yahoogroups.com, DPR-Indonesia@yahoogroups.com, DPR-RI@yahoogroups.com, DPR-MPR-watch@yahoogroups.com, Media-Indonesia@yahoogroups.com, Ekonomi-Nasional@yahoogroups.com, Referensi@yahoogroups.com, ama-DKI@yahoogroups.com, KemahMarComm@yahoogroups.com, Lingkungan@yahoogroups.com,

      InternetSehat@yahoogroups.com, Islam-Kristen@yahoogroups.com, BIJAKSANA@yahoogroups.com, Spiritual_Indonesia@yahoogroups.com, FILSAFAT@yahoogroups.com, KataSiBijak@yahoogroups.com, Sekolah-Kehidupan@yahoogroups.com, KisahKehidupan@yahoogroups.com, SahabatKristen@yahoogroups.com, Debate-Religious-Spirituality@yahoogroups.com

      MotivasiIndonesia@yahoogroups.com, Trainer-Indonesia@yahoogroups.com, BumiManusia@yahoogroups.com, Komunitas_Tionghoa_Indonesia@yahoogroups.com, WordSmartCenter@yahoogroups.com, PenulisLepas@yahoogroups.com, Buruh-Migran@yahoogroups.com, Jaringan-Bisnis@yahoogroups.com, Gelora45@yahoogroups.com,

      BizNett@yahoogroups.com, Asosiasi-SDM-Indonesia@yahoogroups.com, Diskusi-Pembebasan@yahoogroups.com, JejaringAntarIman-indonesia@yahoogroups.com, BOGOR-milis@yahoogroups.com, Partai_Demokrat@yahoogroups.com, Berpikir-Positif@yahoogroups.com, JaKer@yahoogroups.com, sekred@...

      redaksi@..., redaksi@..., newsroom@..., redaksi@..., redaksi@..., kirimanpembaca@..., koran@..., john@..., info@..., info@...,

      LEADERSHIP62 <AsiaWorks_LP_62@yahoogroups.com>, LPgabungan@yahoogroups.com, AW_awe@yahoogroups.com, FonsVitae-alumni@yahoogroups.com, KKMKKAJ@yahoogroups.com, BatuHidup@yahoogroups.com, Komunitas-Tionghoa@...,

      Manager-Indonesia@yahoogroups.com, TrainersClub@yahoogroups.com, Free-English-Course@yahoogroups.com, Berita_Katolik@yahoogroups.com, INTI-net@yahoogroups.com, Tionghoa@yahoogroups.com, Budaya_Tionghua@yahoogroups.com, Indonesia_Damai@yahoogroups.com, Politik-Indonesia@yahoogroups.com, Forum_Tionghoa@yahoogroups.com,

      sparklingINDONESIA@..., UNSTOPPABLEpowerwithinIndonesia2006@yahoogroups.com, FinansialINDONESIA@..., INDONESIA-1@..., CourtneySmithTraders@..., Dunia-Emas@yahoogroups.com, Dunia-Pengetahuan@..., Forum-Bela_NKRI@..., fellowChristians@..., IES <ChristianLIFEcommunity@...>

      UNPAR <myUniversitasParahyangan@...>, myAsiaWorks@..., myToastMaster@..., JAbrahamSing2005@yahoogroups.com, ASIAinvesTraders@..., ,Mulyadi.Lau@..., koh@..., Basuki Tjahaja Purnama <ahokbtp@...>, "Persaudaraan" <KungFu-TaiChi_AlamSemesta@yahoogroups.com>,

      Ars’79 <Sinar_Tanudjaja@...>, Ars’79 LiemBunHong <Fugui_Liem@...>, SimSuparmanG< IdeKreasi@...>,
      Lau <Leoni_Sur@...>, Jia-Xiang Sabria <samocha@...>, UKMaranatha SugiriKusteja <ibcindon@...>,  SNAFS-PRANA <