Perkembangan kiri di Prancis - kampanye pilpres (1)

  • lotus
    Message 1 of 1 , Apr 12, 2012

      Teman-teman,

          Saya tidak tahu apakah ada di antara teman-teman ada yang diam-diam mengikuti perkembangan pemilihan presiden di Prancis ?. Saya sangat menganjurkan untuk mengikuti pertumbuhan dan perkembangan golongan, yang sekarang, di dalam kampanye pemilihan 2012 telah bergabung ke dalam apa yang dinamakan "Front de Gauche" ( FdG, "Front Kiri").

                      Semula saya sangat ingin menerjemahkan beberapa pîdato Jean-Luc Mélanchon untuk forum ini, demikian juga programnya … tapi keburu pemilihan selesai. Maka saya pilih untuk menulis apa yang bisa saya tulis saja dulu.

                      Mengapa saya menganjurkanuntuk mengikuti pilpres di Prancis kali ini ?

      Pertama, secara sepintas lalu saja bisa dilihat suatu perkembangan yang menakjubkan, kalau dilihat dari rating kampanye pemilihan. Pada awal kampanye FdG yang diwakili oleh Jean-Luc Melenchon (JLM), bekas sayap radikal kiri di Partai Sosialis, salahsatu pendiri FdG, pada awalnya hanya mencapai sekitar 5 % dan berada dalam kedudukan ke-5 setelah  François Holland (PS) 29%, PS), Nicolas Sarkozy (UMP) 26%,  Marine le Pen (Front National) 17%) dan François Bayrou (Modem) 10%. Dalam proses, ternyata FdG luarbiasa cepat meningkat, terlebih-lebih cepat setelah ada rapat raksasa di lapangan Bastille pada tanggal 18 Maret, dan kini hampir (atau bahkan sudah) menyalib No. 3, Marine Le Pen, dengan 14,5% . Pengikut-pengikut Jean-Luc Melenchon menganggap bahkan golongan kanan sudah semakin panik. Di dalam rating tertentu, dan yang tidak pernah dikemukakan lagi akhir-akhir ini, pernah dikemukakan baha FdG sudah menduduki posisi ke tiga dengan 15% , mengalahkan ekstrem kanan yang turun (11%). Tapi angka 14,5% dari minggu lalu dipertahankan terus, rating-rating baru tidak diumumkan,  dan bahkan Marine le Pen diangkat-angkat , media  banyak membahas bahwa pemuda usia 18-25 tahun mayoritas memilih ekstrem kanan. Dipertahankannya ekstrem kanan pada tempat ketiga adalah sangat penting bagi Nicolas Sarkozy maupun François Holland agar bisa menakut-nakuti orang, supaya ekstrem kanan tidak menduduki rating 2 dan itu berarti masuk dalam putaran ke-2 pilpres, maka "vote utile", "pilihlah yang berguna", tak usah memilih kelompok-kelompok lain, membikin suara akan terpencar-pencar.

      Serangan-serangan terhadap FdG bertubi-tubi, tapi bahkan lawan-lawannya terpaksa mengakui bahwa JLM melalukan sebuah kampanye yang sangat baik dengan bakatnya sebagai orator serta  argumentasi-argumentasinya yang tak terkalahkan. Sebuah kampanye tingkat tinggi.

                      Alasan kedua, mengapa saya menganjurkan mengikuti kampanye ini, karena apa yang diajukan FdG di dalam programnya, adalah sangat baru dan menurut perkiraan saya akan membawa dampak yang sangat jauh.

                      Menurut Jean-Luc Melenchon sendiri, program FdG merupakan sebuah sintesis dari perjuangan kaum kiri Prancis. Kalau kita dulu umumnya mengenal semboyan revolusi Prancis : Liberté, Egalité, Fraternité, maka di dalam pidato-pidato dan program FdG kita akan menjumpai kata-kata atau ungkapan-ungkapan yang baru, setidaknya dengan isi baru : « Partage » (« Berbagi » – pen), « Planification écologigue » (Planifikasi ekologis – pen), « Révolution citoyenneté » (« Revolusi Warga » - pen), « Sixième Republique » (« Republik ke-VI », « Regle Vert » (« Aturan Hijau »), « Coopérative des Ouvriers de Production » (« Koperasi Buruh Produktor », « Limitation de revenue maximale » (« Pembatasan pendapatan maximale ».

                      Kata-kata atau ungkapan baru itu mencerminkan adanya pandangan atau konsep baru untuk mengubah masyarakat yang sedang sakit mengalami berbagai krisis-krisis kapitalisme berturut-turut, yang mengakibatkan kesengsaraan bagi rakyat pekerja, seperti adanya pemecatan-pemecatan bursa, yaitu bukan karena perusahaan itu menjadi bangkrut atau tidak rentabel, tapi karena kaum finans sengaja mengorbankan buruh-buruh untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi dan yang semakin lebih besar lagi. Lahir apa yang dulu tidak pernah ada, yaitu lapisan pekerja baru yang disebut « pekerja miskin », mayoritas perempuan,  dengan kontrak kerja sementara dan waktu kerja yang dipotong-potong. Mereka menerima gaji 600-700 € per bulan, jauh lebih kecil dari gaji minimum per bulan  (1400€), sehingga kehidupan mereka menjadi sangat rawan, bisa makan, tapi tak bisa menyewa rumah, atau tak sanggup berobat ketika sakit, tak bisa membayar listrik/gas  dan kebutuhan-kebutuhan lain yang sangat mendasar. Dengan pendapatan yang sedemikian kecil, mereka juga tidak bisa memperoleh  kredit apa pun, tidak bisa beli mobil, tak bisa beli rumah, dengan kata lain hanya bisa mati.  Kehidupan bukan lagi kehidupan, telah berubah menjadi perjuangan untuk survive. « Apalah artinya hidup, kalau seumur hidup bergulat supaya bisa survive », demikian kata Jean-Luc Melenchon di rapat akbar di Toulouse, kota yang pada tanggal 5 April telah dilanda gelombang merah dengan 70 000 peserta yang hadir membanjiri dua lapangan dan jalan-jalan Toulouse. Silahkan klik : http://www.jean-luc-melenchon.fr/2012/04/05/discours-au-meeting-de-toulouse-2/

      juga : http://www.youtube.com/watch?v=67pO749EvW0