LMND Jabar; WATAK KEKERASAN KAPITALISME

  • lmnd_jabar
    Message 1 of 1 , Jan 6, 2009
      lmnd-jabar.blogspot .com

      Dalam dunia kapitalisme, tidak ada yang salah atas nama profit,
      sehingga yang terjadi adalah hal hal yang tidak bisa dimasuk akal.
      Atas nama demokrasi, maka Amerika Serikat menginvasi Irak, bahkan
      rencana selanjutnya adalah mungkin Afghanistan. Padahal yang
      sebenarnya adalah Amerika Serikat mengincar dan mencoba mengamankan
      aset asetnya di Irak dan kawasan lain yang berdekatan dengan Irak.
      Kebijakan ini sendiri dikritisi habis habisan oleh warga Amerika
      Serikat, tetapi Pemerintah Amerika Serikat tetap menjalankan kebijakan
      ini. Terkesan cuek, tetapi semua ini dilakukan demi kapital. Hal ini
      juga saya amati sudah berlangsung sejak lama di Indonesia, tidak
      identik, tetapi konsep yang sama. Yaitu, atas nama kapital, maka semua
      tindakan tidak peduli itu benar atau salah di mata hukum (Indonesia
      atau Internasional), melanggar prinsip bangsa atau tidak, bahkan
      kesapakatan awal mendirikan bangsa ini pun akan dilanggar, untuk
      menjaga stabilitas dan perkembangan kapital akan dilakukan tanpa ragu
      ragu.

      Salah satu yang cukup vulgar, adalah pembakaran basis Serikat Tani
      Riau (STR). Konflik ini adalah konflik yang terjadi antara petani dan
      pemilik modal yaitu PT. Arara Abadi, salah satu anak perusahaan dari
      Sinar Mas. Berawal dari konflik kecil, dan berujung dengan pembakaran
      rumah penduduk. Dalam kronologis1 yang diberikan oleh STR, disebutkan
      bahwa ini adalah perintah atasan. Dengan bekal itulah, pengusiran,
      penangkapan bahkan pembakaran seolah olah dilegitimasi untuk dilakukan
      oleh aparat yang seharusnya melindungi dan mengayomi masyarakat. Media
      cetak dan elektronik lokal tidak mengetahui penderitaan yang dialami
      oleh para petani ini. Tidak tahu, atau pura pura tidak tahu, atau
      dipaksa untuk tidak tahu, saya pun tidak tahu. Tapi saya percaya
      dengan apa yang telah dilaporkan oleh Serikat Tani Riau dalam catatan
      kronologisnya. Dalam alam demokrasi (klaim pemerintah mengenai keadaan
      umum Indonesia), sulit sekali diterima akal bahwa kejadian seperti ini
      terjadi bahkan luput dari media. Ini adalah bukti dari apa yang sudah
      saya paparkan sebelumnya diatas. Dan masih konsisten dilaksanakan oleh
      kaum kapitalis di tanah Indonesia. Bukan tidak mungkin juga, hal ini
      sebenarnya juga terjadi di belahan lain Indonesia, dan di masa depan
      juga akan terulang lagi, atau mungkin lebih parah dan vulgar.

      selengkapnya di
      http://lmnd-jabar.blogspot.com/2009/01/watak-kekerasan-kapitalisme.html