SENSI Seputar Asuransi 1 : Asuransi & Kupasi

  • Freddy Pieloor
    Message 1 of 1 , Nov 26, 2012
      Dear Sahabat Milis yang terkasih,

      Selamat pagi dan salam sejahtera,

      Sebagai praktisi asuransi saya merasa prihatin dengan kesadaran dan pemahaman masyarakat Indonesia akan keberadaan dan manfaatnya bagi mereka.

      Oleh sebab itu saya bersama para praktisi dan pemerhati asuransi lainnya membentuk KUPASI (Komunitas Penulis Asuransi Indonesia).

      Kami (KUPASI) memiliki niat dan tujuan untuk membangun kesadaran dan literasi masyarakat, agar lebih banyak yang terlindungi.

      Kupasi memiliki tag line : "mencerdaskan mencerahkan"

      Pendiri Kupasi antara lain:
      Pak Irvan Rahardjo
      Pak Sugiharto
      Pak Hotbonar Sinaga
      Pak Herris Simanjuntak
      Pak Hasbullah Tabrani
      Pak Arman Juffry
      Pak Kasir Iskandar
      Pak Kapler Marpaung
      Pak Mucharor Djalil
      Ibu Ana Mustamin
      Pak Munawar Kazan dan
      Freddy Pieloor

      Kami semua memiliki spesialisasi masing-masing baik dalam sudut materi (kelas asuransi), maupun media penulisannya.

      Dan mulai Selasa ini, saya akan menulis khusus tentang subjek asuransi (terpisah dgn hari Rabu - The Financial & Family Day), karena begitu banyaknya materi asuransi yang pantas dibahas.

      Bahkan di kelas Perencanaan Keuangan (CFP), asuransi merupakan modul tersendiri dari 5 modul yang diajarkan (Pajak, Investasi, Asuransi, Pensiun dan Warisan).

      Saya sendiri berangkat/berasal dari asuransi sejak 1987, dan tertarik dengan FP sejak 2001 dan terjun di FP mulai tahun 2008.

      Untuk itu saya mohon persetujuan Owner dan Moderator untuk meluluskan tulisan Selasa SENSI, dan sebelumnya terima kasih.

      -----

      Asuransi adalah sebuah konsep gotong royong, dimana tertanggung membayar iuran premi kepada penanggung (sebagai pengelola) dan kumpulan premi akan dipergunakan untuk membayar (meringankan) kepada tertanggung yang mengalami musibah (atas risiko) yang dijamin polis (kontrak/perjanjian).

      Asuransi adalah Proteksi keuangan atas musibah yang menyebabkan kerugian (keuangan) dan atau kerusakan atas diri dan atau harta benda yg dimiliki, dengan mengembalikan posisi keuangan tertanggung seperti sesaat sebelum terjadinya kerugian (asuransi umum) dan memberikan santunan kpd ahli waris atas penghasilan yang hilang (asuransi jiwa).

      Asuransi adalah "bisnis" MULIA, karena bertujuan meringankan beban keuangan tertanggung yang dirudung musibah.

      Tidak ada bisnis semulia bisnis asuransi, oleh sebab itu perilaku dan sepak terjang praktisi, pelaku dan pemasar asuransi harus mengaplikasikan prinsip dalam setiap hisapan dan hembusan napasnya :

      "THE UTMOST GOOD FAITH"
      (Azas Kejujuran Sempurna)

      Prinsip utama inilah yang harus dijiwai dan dipeluk serta dipegang teguh oleh setiap insan perasuransian.

      Di perbankan mungkin Anda mengenal 5 C, yang diaplikasikan dalam setiap bisnis dan transaksi perbankan.

      Sangat berbeda dengan PANCA PRINSIP ASURANSI.

      -----

      Masih ada 4 Prinsip Asuransi lainnya, seperti Republik Indonesia memiliki PANCASILA, maka asuransi memiliki PANCA PRINSIP.

      Demikianlah tulisan singkat saya di SENSI pagi ini, semoga bermanfaat.

      Salam,
      Freddy Pieloor
      Si Pialang Asuransi
      PialangAsuransi.com