Tulisan: "Nasehat Ayah Kedengaran Aneh"

  • vintratia ct
    Message 1 of 1 , Nov 21, 2012
      Pasang iklan di bulletin
      kami dengan Pick Up Point di berbagai Mall dan Resto: http://myyemayo.blogspot.com/p/pasang-iklan-di-bulletin-kami.html

      Sekali pergi, kami akan
      pergi ke Sepuluh Tempat Lebih. Ikuti perjalanan kami yuk, di: www.sepuluhtempatlebih.blogspot.com

      NASEHAT
      AYAH KEDENGARAN ANEH

           Hari
      itu aku pergi menemani ayahku mencari beberapa peralatan pertukangan. Tidak
      biasanya, kali ini kami pergi berdua saja. Jika aku tidak salah mengingat,
      mungkin terakhir aku pergi berdua dengan ayah  yaitu ketika aku kelas
      1 SMA, sedangkan sekarang, anakku saja sudah dua.
           “Kau
      baik-baik saja dengan Nana?” Tanya ayahku tiba-tiba saat sedang berada di dalam
      toko.
           “Ehhmm,
      yaaa, baik.” Kataku singkat, seraya meneruskan melihat-lihat sisi toko itu.
           “Jika
      begitu jawabmu, menurut ayah, kedengarannya tidak terlalu baik.” Sambung ayahku.
      Aku terdiam sejenak. Setelah 9 tahun menikah dengan Nana, memang 2 tahun
      belakangan ini banyak hal yang terjadi di antara kami.
           “Jujurlah
      pada ayah, ada apa?” Tanya ayah dengan nada datar saja.
           “Ya,
      semua rumah tangga punya permasalahan, yah. Aku hanya merasa belakangan ini
      Nana lebih banyak menuntut.” Kataku lagi.
           “Menuntut
      bagaimana?” Lagi ayah bertanya.
           “Entahlah,
      aku capek dengan segala keluh kesahnya. Ada saja hal-hal yang sebenarnya
      kupikir sepele saja, tetapi entah bagaimana selalu dia berhasil
      membesar-besarkannya. Dulu sepertinya aku bisa sepikiran dengan Nana, tapi… Itu
      dulu. Sekarang, yaaa…”
           “Kau
      tidak pernah berdoa dengan baik kan?” Tiba-tiba ayah bertanya.
           “Maksudnya?”
      Tanyaku bingung. Apa hubungannya permasalahanku dengan berdoa? Aneh sekali
      ayahku ini.
           “Seorang
      kepala rumah tangga harus berdoa dengan baik. Harus punya hubungan yang baik
      dengan Tuhan, supaya ia tetap bisa kokoh berdiri tegas mengatur rumah
      tangganya.” Jawab ayahku, dan aku masih tidak tahu mengapa itu solusi yang
      ditawarkan ayahku. Aku tahu bahwa ayahku seorang suami dan seorang ayah yang
      alim, rajin beribadah, tetapi bagiku, masalah rumah tangga berbeda dengan
      masalah ke-Tuhanan. Entahlah, agak jengkel aku mendengarnya.
           “Kepala
      rumah tangga yang rajin berdoa, akan mampu menguasai dirinya dengan baik. Itu
      pula sebabnya, ia akan mampu menjalankan rumah tangganya. Setiap ada
      pertengkaran ayah dengan ibumu yang tidak dapat ayah selesaikan sendiri,
      biasanya ayah akan berdoa. Pertama-tama ayah berdoa, agar ayah bisa mampu
      menguasai diri ayah sendiri. Setelah tenang, biasanya ayah baru akan mampu
      melihat masalah dengan jernih dan dapat mengusahakan solusinya.” Kata ayah
      tanpa menoleh kepadaku, matanya asyik menelusuri rak-rak toko.
           “Sebagai
      kepala keluarga, berdoalah yang rajin. Tidak semua masalah bisa kita selesaikan
      dengan kemampuan sendiri… Bagaimanapun, kepala keluarga yang berdoa dan tidak
      berdoa, sangat berbeda dalam menjalankan kehidupan rumah tangganya.” Kali ini
      ayahku berkata dengan menatapku dan mengakhiri dengan sebuah tepukan di bahuku.
      Ah! Ayah… Itu nasehat yang aneh, tapi bagaimanapun aku percaya ayah telah
      mempraktekkannya, ayahku memang sosok yang tenang sedari dulu, jadi kurasa,
      tidak ada alasan bagiku untuk tidak mengikuti nasehatnya.

      Yacinta
      Senduk SE, SH, MBA, LLM
      Principal
      of Yemayo Advance Education Center - Kursus Kecerdasan Pribadi Pertama di
      Indonesia untuk usia 2 s.d 19 tahun
      FB
      fanpage: Yacinta Senduk
      Follow
      twitter: @Yacinta_Senduk
      Add
      Yemayo-AEC BB Pin: 2736346A untuk twitter keluarga harian
      Mari berkenalan dengan Pre-School kami untuk
      usia 2 s.d 6 tahun, dengan konsep interaksi penuh dengan
      murid: www.juniory-pre-school.blogspot.com