Re: ( BisMania ) Mohon Informasi Bus Malam Super Exe Semarang - Bogor

  • fuad
    Message 1 of 32 , Feb 4, 2010

      Untuk Semarang-Ambarawa, selain Nusantara ada Ramayana patas (Jogja-SMG) kalo SK gak lewat Ambarawa.

      Untuk Semarang-Bogor bisa dicoba Raya atau Mulyo Indah dengan seat yang nyaman, minim fasilitas entertainment tapi cocok untuk yang pengin istirahat aja sepanjang perjalanan.

      Pada tanggal 05/02/10, Ardianto Ratri <Ratri.Ardianto@...> menulis:

      Dear rekan,

      Saya adalah seorang peminat bus yang benar – benar baru, dahulunya (dan sampai sekarang sih) seorang railfans.  Di kantor saya, sudah 3 orang yang menggemari bus dan aktif di forum bismania.

      Kami biasanya saling bertukar informasi mengenai keunggulan moda transportasi yang menjadi kebanggaan masing-masing.

      #Kenapa saya jadi dulu gak suka bus?

      Nah, saya sebenarnya punya bad momen dengan bus, masa kecil saya dihabiskan di kota kecil di Jawa Timur yaitu di Kabupaten Jember. Ketika masa libur sekolah tiba, ayah dan ibu saya selalu mengajak saya untuk ke rumah nenek di Madiun dengan menggunakan bus MILA Sejahtera jurusan Banyuwangi – Jogja kalo tidak salah. Keberangkatan malam hari, kondisi penuh sesak, dan kadang2 mesti oper di Probolinggo (gak tau nih kenapa mesti oper, taunya selalu bapak ngajak turun minum kopi dulu sebelum pindah bus) merupakan mimpi buruk buat saya. Walaupun sudah mengkonsumsi obat anti mual, tetap saja saya mabuk selama perjalanan.

      Berbanding 180 derajat dengan hal itu, ke Madiun menggunakan kereta api Argopuro merupakan surga untuk saya. Perjalanan pagi dari Jember, tempat duduk yang lega, pemandangan gunung di kiri dan kanan (secara di tahun 90 an, kalo guru menyuruh menggambar, kan harus menggambar gunung plus sawah dan tiang listrik, nah pas banget ama pemandangan yang saya lihat di pinggir kereta itu) serta tukang dagang yang secara aktif menawarkan dagangannya silih berganti tanpa memperdulikan metode marketing MLM dan sejenisnya menjadikan naek kereta adalah pengalaman yang luar biasa untuk saya saat itu, hehehe... (^_^)v

      Apalagi, pada tahun itu, menurut pengalaman saya, di seputaran Jawa Timur, tidak banyak bus yang benar2 bagus dari sisi interior maupun eksteriornya, saya seringnya menjumpai Kenongo, jember indah, akas, tjipto, dll.

      #Kenapa sekarang saya suka bus?

      Saya sekarang bekerja di Karawang, Karawang adalah kota kecil dengan sebutan kota lumbung padi dan kota pangkal perjuangan yang berada di pinggir jalan tol Jakarta – Cikampek. Di Karawang juga ada pool bus Agramas (yippiee..!!) dan juga Warga Baru. Serta puluhan bus dari berbagai PO yang melewati tol Jakarta – Cikampek menjadi santapan saya di setiap pagi saya berangkat kerja. Di kantor pun, racun2 dari teman2 saya para BMC juga merasuki saya begitu dalam, foto interior Shantika high deck (*photo courtesy : Fajar Rahadian) – mohon ijin mas fajar untuk publish fotonya – adalah foto pertama yang ditunjukkan rekan saya. Terus terang saya jreeenng... ”wah ada tho bus kaya gini?hehehe..” belum lagi foto Sumber Kencono double gardan itu, wah mantaaabb menurut saya..jadilah saya join milis bismania ini untuk lebih mengenal bus plus orang2 yang sehobi juga.

      #Trus mau saya apa lagi?

      Nah, kebetulan tanggal 15 Februari 2010 ini akan ada CDD (Compensation Day of Holiday) untuk menukar libur IMLEK, saya berencana untuk melakukan central java mini touring sendirian, nah rute saya adalah : Karawang – Semarang – Ambarawa – Jogjakarta – Muntilan – Semarang – Bogor. Tujuan saya touring ini adalah :

      1. Nyobain ngerasain naek Shantika high deck Jakarta – Kudus yang terkenal itu O(^_^)o
      2. Jalan2 di Semarang
      3. Maen ke museum kereta api Ambarawa
      4. Jalan2 ke Jogja
      5. Ada kawinan temen kantor di Muntilan
      6. Pulang langsung ke bogor

      Apakah rekan2 berkenan membantu saya membuat ittienary untuk perjalanan ini? Sarannya misalnya bus apa yang sebaiknya saya naiki yang nyaman dan cepat, tempat2 bagus untuk didatangi, dan alternatif transportasi yang lain.

      Kalo itinerary yang saya bikin sih seperti ini :

      1. Karawang – Semarang : Shantika
        1. Naik jurusan Jakarta – Kudus, nanti turun di Krapyak aja keknya. Berangkat jam 19.00 – kira2 sampai di Krapyak jam 4 pagi
        2. Stay di terminal semarang sampai jam 6 pagi
      2. Semarang – Ambarawa : ???
        1. Naik SK atau Nusantara jurusan Jogja, turun di Ambarawa untuk melanjutkan ke museum kereta api. Jam 9 pagi sampai Ambarawa
      3. Ambarawa – Jogjakarta : ???
        1. Naik bus apa aja kali ke Jogja, berangkat jam 4 sore – sampai jogja jam 6 sore
      4. Jogjakarta – Muntilan : ???
        1. Naik bus jogja – semarang, berangkat dari jogja jam 8 pagi – jam 10 sudah sampai muntilan
      5. Muntilan – Semarang : ???
        1. Naik bus jogja – semarang, berangkat dari muntilan jam 2 siang – jam 4 sudah sampai semarang
      6. Semarang – Bogor : ???
        1. Naik bus Kudus – Jakarta naek Nusantara, berangkat jam 7 malem – jam 5 pagi sampai lebak bulus
        2. Naik bus LB – Bogor bisa Agramas atau Bela Utama, jam 6 pagi jalan – jam 8 sampai bogor
        3. Finish, nulis caper, kalo diijinkan mau diposting di milis bismania

      Mohon kiranya masukan rekan2 untuk ittienary saya, bus apakah yang harus saya naiki. Bila dirasa mengganggu mohon japri saya saja di :

      R. Ardianto (Ardi)

      Mail : ardianto.read@...

      YM! : ksatriapapanberoda

      This e-mail and any attachment thereto may contain information which is confidential, privileged or otherwise protected from disclosure and/or protected by intellectual property rights. It may be read, copied and used only by the intended recipient and this only for the purpose for which it has been sent. If you are not the intended recipient, please contact the sender immediately by return e-mail or by telephoning, and delete this message and any attachment from your system. In such case you must not copy this message or attachment or disclose the contents to any other person. We believe, but do not warrant that this e-mail and any attachments are virus free. You should take full responsibility for virus checking. Any opinions expressed in this email are those of the individual and not necessarily of the Company.

      fuad
    • HQM
      Message 32 of 32 , Feb 6, 2010
        mas ardianto, saya dapat info bahwa sejak tanggal 1 pebruari 2010
        shantika buka trayek ke bogor, agen di ruko sukasari tetanggaan sama
        nu3tara, raya, mulyo indah..monggo dicek..CMIIW

        Regards,
        HQM
        08561325020
        saloeqim@yahoo/gmail.com