Re: [Bayi-Kita] inhalasi

  • Konnie
    Message 1 of 7 , Nov 1, 2006
      Di nebulizer kali...ya, tapi anak saya juga baru umur 7 bulan sekarang,
      kalai lagi pilek biasanya saya mengandalkan matahari pagi aja.....biar
      alami..

      Kalau toh mau di uapin pake air panas biasanya saya tidak kasih apa-apa tapi
      di tempat yang benar-2 tertutup jadi hawanya enggak kemana-mana, kalau
      memang mau di kasih mendirngan kasih transpulmin.

      Rgds,

      Nie
      Message 2 of 7 , Nov 2, 2006
        Dear Mom - Dad....

        Saya anggota baru nih, mohon sharing pengalaman ya....
        Bayi saya saat ini berumur 3 bulan 2 minggu, ASI ekslusif , hanya sempat
        diberi Formula pada 1 minggu pertama, waktu saya masih belum PD denan jumlah
        ASI yang diproduksi.
        Pada saat2 awal--ASI lebih sering diberikan via sendok, karena menyusunya
        susaaaah sekali, bahkan nangis kejer (aduh apa ya bahasa indonesianya) dan
        kelihatan sebal dengan volume asi yang keluarnya sedikit...
        Karena lama kalau pakai sendok, akhirnya saya beralih ke dot (avent), dan
        memang jadi lebih mudah menyusunya, 60 cc - 80 cc sekali minum.
        Dengan berjalannya waktu, ASI lebih mudah dan lancar keluarnya, akhirnya
        frekuensi menggunakan dot lebih sedikit, hanya 1 kali dimalam hari --100-120
        cc. Sisanya disusui langsung. Menyusu via dot masih gampang juga.
        Nah problem mulai berlangsung di 3 minggu terakhir. Karena saya mulai masuk
        bekerja, maka setiap siang susu diberikan via dot....tapi bayi saya sekarang
        menolak Dot...saya sudah coba berbagai merek dot, pigeon, avent, huki, dan
        bahan silikon maupun rubber. Bahkan juga via sendok tetap tidak
        mau --dilepeh..... Alhasil sesiangan sering hanya masuk 180-250 cc. Baru
        pada saat saya pulang dia mau menyusu langsung.
        Yang saya heran :
        1. Setahu saya dari teori, bayi kan sering bingung puting dan lebih suka
        menyusu via dot dari pada puting, kok ini sebaliknya ya ?
        2. Ada yang punya info dot apa yang paling mirip dengan menyusui...supaya
        dia mau minum dengan dot...karena untuk menyusui di siang hari ngga mungkin
        karena saya bekerja.
        3. Kenapa walaupun ngga pakai dot--pakai sendok, dan ASInya sdh masuk mulut
        kok tetap dilepeh ya....
        4. Banyak yang mengatakan...coba formula deh...siapa tahu bayinya
        bosan...sampai saat ini saya bertahan tetap dengan ASI, karena toh simpanan
        ASI peras drumah mencukupi (setiap hari saya meninggalkan sekitar 350-400
        cc). Apa memang bisa dia bosan dengan ASI ? kayaknya ngga ya ? tapi terus
        terang saya seram dengan kenaikan berat badannya yang lambat...saat ini
        beratnya baru 5.5 kg, tapi memang anaknya aktif dan suka bermain....
        5. Untuk menyusui langsung, rata2 berapa lama ya...bayi saya biasanya
        menyusui sekitar 10-13 menit. setelah itu mulutnya dilepas dan dikatupkan
        ngga mau menghisap lagi...berapa cc ya yang masuk....?

        pls sharing dan infonya ya.....bener2 sedanng bingung nih....
        thanks
        Rina
      • Ruben Hardjanto
        Message 3 of 7 , Nov 2, 2006
          Bunda Shasa, Anna, and Nie ....
          thanks atas masukannya

          akhirnya kemaren ini (karena udah ga tahan ngeliatnya) Audrey saya bawa ke RS aja buat diinhalasi..
          di inhalasi pakai nebulizer...
          Rp.55rb/terapi (kira2 15-20menit)
          sebelum di inhalasi saya telpon dulu DSA (dr.Hanifah), minta approval untuk obat apa saja yang boleh dipakai.
          akhirnya beberapa obat di drop (Bisolvon dan .....lupa).
          Audrey di inhalasi di RS MMC...
          perlu 3x terapi katanya sih...

          overall sudah jauh lebih baik, meskipun masih agak pilek,
          at least dia sudah bisa tidur lebih tenang lah.....hehe....lega!

          waktu diinhalasi saya perhatikan tuh alat nya dan cara kerjanya (nebulizer).
          kog kayanya mendingan kita beli aja langsugn ya alatnya?!
          harganya (untuk kompresor kecil dan kualitas sedang2 saja) tuh kira2 900rb an.
          Kalau beli bisa dipakai kapan2....karena yang namanya pilek kan bisa datang kapanpun..
          SElain itu sebenernya nih alat lebih sering dipakai buat penderita Asma.
          jadi kalau ada teman yang butuh kan bisa dipakai juga...

          that's all
          thanks for sharing
          keep in touch

          best regards,
          papa Audrey
        • Wahyu Wijiantari
          Message 4 of 7 , Nov 3, 2006
            Sudah coba pakai Pigeon yang botol premium belum mbak? Botolnya gendut,
            karetnya pendek warna coklat mirip puting, harganya bisa 3x lipat Pigeon
            yang biasa & kalau rusak spare partnya susah dicari. Coba deh, atau mungkin
            ASI-nya kurang hangat, atau nyimpannya salah jadi rasanya berbeda dengan ASI
            fresh.

> [...]
            Mama, Mom & Dad lainnya untuk bergabung disini. Sarankan untuk mengirimkan

          • raquel brenda
            Message 5 of 7 , Nov 4, 2006
              Hallo Mba Rina,

              Aku dulu juga pernah punya masalah mirip tapi kebalikannya, yaitu si bayi bingung puting, cuman sekarang tetap aku biasain nenen langsung dan ASI dalam botol anakku akhirnya biasa dengan dua2nya.

              Kalo masalah Dot sih yg mbak Rina pakai sudah bagus2, mungkin harus lebih sabar aja dikasihin terus ke anaknya jadi lama kelamaan dia tau kalo siang hrs pakai dot malam baru sama mamanya.
              Tapi jangan ditambah formula lagi mba, kan masalahnya bukan ASI nya tapi dotnya. kalau bisa full ASI lebih bagus kan mba.
              Kalau mba Rina takut anaknya kekurangan BB, mendingan langsung di tanyakan ke dokter saja, setau aku sih dlm sebulan naik 600 - 900 grm sudah cukup.

              Kalau untuk menyusu langsung tergantung daya isap si anak mba, anakku kalo nyusu langsung cuman 10-20 menitan kiri kanan, trus keyang deh bisa bertahan 2 - 3 jam-an sebelum dia minta nyusu lagi.

              Mudah2an bisa membantu ya mba.

              Salam kenal,
              Mamanya Vanya

              http://raquelbrenda.blogspot.com

              Low, Low, Low Rates! Check out Yahoo! Messenger's cheap PC-to-Phone call rates.