RE: [Bayi-Kita] Re: napas suka nggrok-nggrok

  • Nuniek.Nurhandayani@Newmont.com
    Message 1 of 17 , Sep 30, 2006

      Kalo kata teman2 disini, uap dari air laut (apalagi waktu pagi hari pas matahari mulai muncul) bagus sekali untuk terapi bagi anak2 (orang dewasa juga) yang suka/sering pilek. Suara grok2 tsb mungkin disebabkan pilek/hidungnya tersumabat (seperti yg dibilangin dsanya). Anak saya Waldan waktu umur 6bln kambuh lg dari suara grok2 tsb terus sama dokternya dikasih uap yg keluar dr alat Nebulizer. Teman2 milist jg kayaknya udah ada yang punya alat ini yah. Prinsip kerjanya sama dg uap air laut tsb cumin kalo dokter suka ditambahin obat dalam tabung tempat airnya. Kebetulan rumah kami di Sumbawa ini dekat sekali dg pantai jd kalo saya libur saya bawa anak2 utk berjemur disana (gratis lg). Kayaknya kl harus ke Ancol trs repot jg yah. Apalagi kalo dr rumah ke sana jalanan macet.

      Salam

      nie

      Message 2 of 17 , Oct 1, 2006
        Kebetulan adik saya Physiotherapist di RS Santosa-Int'l, Bandung. Anak
        saya sering nafasnya begitu kalau batuk pilek, biasa, anak kecil kan
        memang belum bisa mengeluarkan dahak dengan baik.

        sharing saja...
        untuk penanganannya, beri banyak minum air putih...
        ajak posisi duduk membelakangi kita, kemudian raba bagian dada
        samping... mana yang terasa lebih banyak bergetar saat bernafas (bunyi
        grok-grok), getarkan dengan tangan saat si kecil buang nafas.

        atau ajak dia tengkurep di pangkuan, tepuk-tepuk lembut di
        punggungnya... dengan posisi ujung jari-jari merapat agak cembung...
        (maaf, agak susah menulis dengan kata-kata untuk posisi jari-jari
        tersebut).

        kedua cara ini cukup efektif untuk meluruhkan dahak di saluran pernafasannya.
        dahak nantinya akan keluar bersama dengan faeces...

        semoga bermanfaat.

      • kras arizal
        Message 3 of 17 , Oct 1, 2006
          anak saya juga begitu, nafasnya sering engrok2 si solo sangat jauh dari pantai dan pegunungan harus di tempuh satu jam. kalau di rumah sakit ada tidak alatnya . kalau ada nama terapi atau alatnya apa yaa...

          salam
          ayahnya bias

           ***********************************************************************************

[...]

          ****************************************************************************************

          Apakah Anda Yahoo!?

          .
[...]

        • Vivi Zelvi
          Message 4 of 17 , Oct 1, 2006
            Mba,

            Dulu juga anak saya ngalamin spt itu, Memang benar anak mba itu alergi debu. caranya ngobatinnya hidungnya ditetesin nacl ( breathy ), terus tiap pagi jemur agar terkena sinar matahari, Tetap beri asi jgn dicampur dg apapun ( mis vit atau obat yg diminumkan ), Bersihkan ruangan tidurnya mulai dari hordeng, seprai, dll yg bisa menyebabkan timbulnya debu, jauhkan dr yg mengandung debu ( mis, boneka bulu, utk sementara tdk usah dipakaikan bedak dulu ).
            Dengan melakukan hal yg di atas td Insya Allah akan sembuh, krn saya pribadi ngalamin tsb.

            Maaf jika kurang berkenan,

            Rgrds,
            Vivi

            On 9/28/06, dwi hartanto <dwi.hartanto@ pajak.go. id> wrote:
> [...]
            > rekan2 mailist yang pernah mengalami hal yang sama dengan anak saya, terima

            Get your own web address for just $1.99/1st yr. We'll help. Yahoo! Small Business.

          • aprilia.mardiana@netway.soltius.com
            Message 5 of 17 , Oct 1, 2006
              Nafas grok2...kebetulan sekali anak sy Daffa skr usianya 6 bln juga
              mengalaminya...semula sy merasa anak sy sepeti itu dr awal dia kembali
              kermh, sy sekeluarga menyangka itu akibat anak sy lahir scr sesar dan
              saat di bersihkan tdk benar...tp setelah sebesar ini Daffa ke DSA sll
              sj dibilang itu alergi dan kebetulan sy jg punya alergi...bahkan
              pernah daffa benar2 flu dan semakin tersumbat sj deh...walhasil pd
              saat itu DSA langganan Daffa sedang Cuti jdlah sy ke DSA di tempat
              lain.walhasil DSA yg baru itu menyarankan Daffa utk di fisioterapi, tp
              sy fikir sepertinya belum begitu perlu utk dilakukan itu...keesokannya
              sy kembali ke DSA langganan & beliau blm diperlukan utk fisioterapi
              malah dokter langgananku itu menyarankan yg tradisional yaitu menjemur
              Daffa dipagi hari itu akan mengurangi atau mengompres bagian bawah
              mata kanan dan kiri dengan kapas yg dicampuri air hangat.dan kebetulan
              Daffaku dipegang ibuku jd setiap pagi daffa di jemur namun jangan
              sampai setelah jam 8 pagi ya...alhamdullillah daffaku saat ini
              nafasnya lumayan tidak terdengar grok2.

              semoga sharing ku bermanfaat ya.

              Cherrsss

              Mama Daffa

              Quoting windy wulandari <windy_dec04@...>:

> [...]
              >

              > ---------------------------------
              > Apakah Anda Yahoo!?
              > Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!

              PT. Netway Utama
              Plaza Sentral 12th Floor
              Jl. Jend. Sudirman, Kav 47 - Jakarta 12930 Indonesia
              Telp. +62-21-574 2205
              Fax. +62-21-574 2206
              Email. info at netway.co.id
              --
              Disclaimer : This e-mail contains confidential and/or privileged
              information. If you are not the intended recipient (or have received
              Message 6 of 17 , Oct 1, 2006
                Dear Ayahnya Bias...

                Di rumah sakit ada koq alat untuk itu. Nama alatnya Nebulizer, seperti yang disampaikan oleh
                bunda Nuniek. Kalo di RSAB Harapan Kita nama terapinya adalah INHALASI.
                Alat Nebulizer ini juga bisa dibeli di luar dengan harga sekitar Rp. 1,3 juta an.
                Mungkin harga tergantung merknya.

                Saran saya sih di uap di rumah saja menggunakan air panas dan anak dipangku
                tengkurap dan uap tepat di atas muka si anak.
                Jika terapi di rumah sakit, setelah di uap, anak di baringkan di tempat tidur dan ditepuk2
                dada dan punggungnya. Ini berfungsi untuk mengecerkan lendir/ slem
                Setelah itu, dilakukan penyedotan dengan alat di mulut, hidung si anak dengan slang kecil
                Untuk tahap ini biasanya orang tua tidak tega melihatnya.
                Menurut ahli terapi. lebih bagus jika si anak saat diuap nangis dan sampai muntah, sehingga
                memudahkan dalam pengeluaran lendir / slemnya.

                Demikian info dari saya semoga bermanfaat dan maaf jika kurang berkenan.

                Salam
                Bunda Hanif

                Message 7 of 17 , Oct 1, 2006
                  Alatnya di RS biasanya disebut Nebulizer.

                • Indira Krisma Soraya
                  Message 8 of 17 , Oct 1, 2006
                    Hati2 dengan grok2 pada bayi pa'
                    dulu juga anak saya seperti itu dari baru lahir sampai 5 bln
                    mungkin awalnya alergi debu...ato yg lainnya
                    klo msh by jgn terlalu sering dikasih obat kasian nanti dia ngga punya
                    imun..
                    sering2 dijemur aja klo pagi2 trus sambil ditepuk2 bag. punggung dan dada(
                    dalam posisi tengkurap )
                    ato kepala lebih rendah dari badannya.
                    klo utk terapi inhaler ( uap ) kasian ya..msh terlalu kecil..apalagi klo
                    harus disedot.
                    pengalaman seeh anak sy juga begitu..
                    coba cari tau dulu mungkin si kecil ada alergi ( mungkin sama debu, udara
                    dingin ato yg lain )
                    jgn dulu dibawa utk terapi.

                    mungkin itu aja,
                    mohon maaf jika tidak berkenan.

                    indira

                    "Dwi Hartanto"
                    <dwi.hartanto@paj
                    ak.go.id> To
                    Sent by: <Bayi-Kita@yahoogroups.com>
                    Bayi-Kita@yahoogr cc
                    oups.com
                    Subject
                    [Bayi-Kita] napas suka
                    09/28/2006 08:46 nggrok-nggrok
                    AM

                    Please respond to
                    Bayi-Kita@yahoogr
                    oups.com

                    Alow rekan mailist

[...]

                    believed to be clean.
                  • kras arizal
                    Message 9 of 17 , Oct 2, 2006
                      Terima kasih atas Informasinya Ibu ida...

> [...]

                      > pantai dan pegunungan harus di tempuh satu jam. kalau di rumah sakit ada
                      > tidak alatnya . kalau ada nama terapi atau alatnya apa yaa...

                      Klub Bayi Kita ---------------------------------------
                      Papa & Mama, Mom & Dad, diskusikan berbagai pengalaman, masalah dan pengetahuan anda semua, mari kita sama-sama berbagi, semoga dengan Klub ini, kita dapat membantu tumbuh dan kembangnya putra-putri tercinta yang akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa ini di masa depan. Ajak seluruh Papa & Mama, Mom & Dad lainnya untuk bergabung disini. Sarankan untuk mengirimkan email kosong ke :
                      Bayi-Kita-subscribe@yahoogroups.com
                      Klub Bayi Kita----------------------------------------

                      <*> Your email settings:
                          Individual Email | Traditional

                      <*> To change settings online go to:
                          (Yahoo! ID required)

                      <*> To change settings via email:
                          mailto:Bayi-Kita-digest@yahoogroups.com
                          mailto:Bayi-Kita-fullfeatured@yahoogroups.com

                          http://docs.yahoo.com/info/terms/

                    • kras arizal
                      Message 10 of 17 , Oct 2, 2006
                        Terima kasih bunda Hanif, atas informasinya

[...]

                      • Yunita Kartika Sari
                        Message 11 of 17 , Oct 2, 2006
                          Iya, anak saya jg begitu waktu umur 3bln. Dokternya bilang kalo anak
                          bayi bunyi nggrok2 spt itu karena paru2nya sedang menyesuaikan dgn hawa
                          dingin yg ada (krn baru beberapa bulan keluar dari rahim ibunya).
                          Biasanya bayi begitu sampai umur 8 bulan. Bila lewat 8 bulan masih
                          begitu baru namanya sakit. Anjuran dokternya, dijemur setiap pagi hari.
                          Ditengkurapin sambil ditepuk2 biar lendirnya keluar.

                          Yunita

[...]

                          This e-mail, including any attachment is confidential and may be privileged. Use or disclosure of it by anyone other than an intended adressee is strictly prohibited. If you are not an intended addressee, please notify the sender by telephone or e-mail and delete the e-mail and any attachment from your system.

                          PT Excelcomindo Pratama Tbk. ("the " Company") does not accept any liability in respect of communication made by its employee which is contrary to the company policy or outside the scope of the employment of the individual concerned. The employee responsible will be personally liable for any damages or other liability arising.