Re: Mengajarkan Bayi/Anak - Membacakan Cerita

  • raspberry_sun
    Message 1 of 2 , Feb 3, 2013
      Dear parents,
      Mau membagi pengalaman sendiri.

      Mengajarkan membaca pada usia 1 - 3 tahun dengan metode flash card boleh2 saja, asalkan anak enjoy dan menyukainya. Jangan sampai anak menjadi korban obsesi orang tua.

      Waktu umur anak sy sekitar 1 tahun, sy coba bikin FC (flash card) sendiri dgn acuan dr metode glen doman. Hasilnya, tidak ada alias tidak berhasil krn setiap saya bacakan pasti dia ambil dan ditempelkan ditembok dgn tangannya dan dibaca berdasarkan imajinasinya sendiri...hehehehe

      Tapi sy melakukan satu hal lain, yang memang terbukti ampuh dan hasilnya terlihat sekarang, yaitu: MEMBACAKAN CERITA.

      Sejak umur 4 bulan, sebelum tidur, saya selalu membacakan cerita/ mendongeng hampir setiap malam. Untuk siang, saya minta pengasuhnya untuk membacakannya. Tentu saja buku2 yg disediakan harus sesuai dgn umurnya. Misalnya waktu bayi, pakai baby soft book, semakin bertambah besar bukunya pun ganti dengan card book, dll. Banyak sekali buku dengan berbagai macam bentuk dan bahan yang sangat menarik untuk anak.

      Dan hasilnya, sekarang anak saya berumur 7 tahun, sudah hobi membaca. Hampir semua jenis bacaan dibacanya (tentu saja saya pilah2 yg sesuai umurnya), dari majalah, buku cerita pengetahuan, buku cerÍta yg agak tebal sampai ensiklopedia. Kalau bacaannya sudah habis, ia pun akan minta dibelikan buku2 baru.
      Selain itu, ia sekarang sudah mulai menulis fabel (dongeng binatang)nya sendiri.

      Untuk kemampuan membacanya, saya hanya mengkursuskannya selama sebulan, sebagai persiapan masuk SD.

      Kenapa hobi membaca itu penting? Karena sekarang, orang tua harus bersaing dengan TV. Menonton TV tidak melatih anak untuk menggunakan nalar dan imajinasinya berbeda dengan membaca.

      Itu saja share dari saya...

      Happy Parenting!

      Hetty
      Http://tokokaka.com - 08818296588(SMS only) - PIN BB 33043D27
    • Hani
      Message 2 of 2 , Feb 5, 2013
        Bun...

        cari baby soft book dimana ya ?