Re: [Bayi-Kita] Bayi bsa duduk, merangkak, dan tegak..

  • NINDYA PRAMONO PUTRI
    Message 1 of 11 , Jan 29, 2013
      Anak saya 1th 4 bulan  juga mengalami hal yang sama yaitu perkembangan yang lambat dalam segi motorik
      pernah saya bawa ke dokter di usia 1 tahun (karena belum bisa duduk, berdiri,maupun berjalan) atas saran dokter juga di suruh untuk ikut terapi, karena letak rumah sakit jauh dari rumah saya dan keterbatasan waktu (saya dan suami bekerja), akhirnya anak saya saya terapi sendiri di rumah dengan cara merangsang otot otot motoriknya, misal untuk latihan duduk yang mengajarinya dengan cara dia tidurkan kemudian ditarik tangannya secara pelan pelan sampai dia dalam posisi duduk kemudian pada posisi berdiri,terus dijari untuk jalan dengan pegangan (merambat) kemudian minta sisi dedek ambil mainannya. Alhamdulilah sekarang dah mulai hasilnya dia sudah berjalan sendiri  meski baru 3 atau 4 langkah.

    • Alfie
      Message 2 of 11 , Jan 29, 2013
      Dear haikhuang@...

      Saya cm mau sharing saja. Hal yg hampir sama dialami anak saya, 2 hr lg tepat 10 bln.

      Ank sy br bs duduk tegak sekitar usia 8bln, pdhl sjk kurg dr 6 bln sering dilatih didekap di dada dan didudukkan dgn dibantu bantl sbg sandaran/penopang.

      Usia 9,5 bru bs merangkak, lbh tepatnya merayap seperti tentara, baru seminggu ini bisa merangkak normal, dan beberapa hari ini mulai belajar berdiri.

      Awalnya sy khawatir sama seperti anda tp setelah sy stimulasi (tdk perlu lama stgh jam tiap hari) dan yakin pada akhirnya kekhawatiran itu hilang. Menurut saya tiap anak beda2. Mungkin memang blm waktunya, mungkin ada batasan toleransinya tp mhn maaf sy tdk tahu.

      Sy lampirkan file yg pernah sy download mengenai skrining dari  http://tumbuhkembang.net/alat/kuesioner-pra-skrining-perkembangan-kpsp/

      Mhn maaf tdk membantu

      Salam

      Alfi

      Message 3 of 11 , Jan 29, 2013
        Baby saya 7m, jg blm bisa duduk sendiri. Kalo posisi duduk jg blm kuat. Normal g ya bun?kalo dipaksa belajar duduk takutnya nanti jadi bongkok

        Saran ya bun...makasih
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

        From: asih euy
        Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com
        Date: Mon, 28 Jan 2013 15:05:05 +0800 (SGT)
        ReplyTo: Bayi-Kita@yahoogroups.com
        Subject: Re: [Bayi-Kita] Bayi bsa duduk, merangkak, dan tegak..

        waduh...masa sih bun klo dah 8 bln blm bisa berdiri tkut nntinya terlambat jalan...kayanya terlalu berlebihan deh....anak saya 7 bulan stengah baru bisa merangkak n belum bisa duduk..tp ada sepupunya ga bisa merangkang tp udah bisa duduk..kayanya smua tergantung kebiasaan n tubuhnya si bayi juga..klo sepupunya itu katanya karena badannya gemuk jadi ssh buat merangkang...tapi anak saya sekarang udah 10 bulan stengah lagi belajar buat berdiri....menurut saya sih..yang penting kita tetep berfikir positif dan tetap berusaha melatih dan merangsang anak kita buat belajar....sering2 aja diajakin maen ma tman sebayanya atau yg lebih tua agar ada rangsangan karena melihat temannya yg udah bisa berdiri, berjalan atau berbicara.....kalo saya sih perhatiin yang penting tiap bulannya ada perkembangan...wlaupun cuma sdikit..stidaknya ada perubahan...

      • tika_HRD@...
        Message 4 of 11 , Jan 29, 2013
          Setuju dengan Bunda Asih....

          Kalau menurut saya baby punya kemampuan sendiri untuk melakukan aktivitasnya,
          jika dia merasa belum mampu melakukan hal itu maka tidak akan dia lakukan & jika dia merasa tubuhnya
          sudah kuat maka dia akan melakukan aktivitas tersebut meskipun di umur yang belum cukup.
          Jangan juga membanding-bandingkan dia dengan bayi yang lain, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.
          Masing-masing manusia itu unik, jangan dipaksakan untuk melakukan hal yang dia belum bisa.

          Yang penting lagi niy Bun....babynya diajak main dan diajak komunikasi terus agar dia juga terima rangsangan dari lingkungannya
          dan �ada perubahan yang baik ditiap bulannya meskipun sedikit...

          Salam,
          Mama Wyanne & Shandra

          From: � � � �marhaenyamin@...
          To: � � � �Bayi-Kita@yahoogroups.com
          Date: � � � �01/30/2013 09:19 AM
          Sent by: � � � �Bayi-Kita@yahoogroups.com

          From: asih euy
          Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com
          Date: Mon, 28 Jan 2013 15:05:05 +0800 (SGT)

          Bayi-Kita@yahoogroups.com
> [...]
          > Recruitment Online at
          www.RBSJobsCareer.com
          > Pasang iklan Lowongan Kerja dan posting CV Anda

        • godzilus
          Message 5 of 11 , Jan 29, 2013
            Bayi sy anak kedua jg, lambat bgt motoriknya, 8 bln lebih baru bs tengkurap bolak-balik, padahal stimulasinya udah terus2an dan pijat dr bayi sehari 2x (diajarin ama praktisi tumbuh kembang). Jadi sy bawa ke klinik tumbuh kembang,nanti bln depan mau mulai terapi motorik. Padahal kakaknya dulu lincahnya bukan main, 2 bln dah tengkurap. Mungkin tiap anak beda2 ya moms. Kalau menurut saya,dibawa ke klinik tumbuh kembang aja utk tahu stimulasi apa yg harus diberikan sama ortunya,jangan dipaksa belajar duduk ama kita (kecuali kita praktisi tumbuh kembang),krn takut salah posisi,nanti bungkuk dsb.

            Semoga membantu:)

            From: asih euy
            Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com
            Date: Mon, 28 Jan 2013 15:05:05 +0800 (SGT)