Re: [Bayi-Kita] tanya mata bayi kuning

  • syan_harison@yahoo.com
    Message 1 of 6 , Apr 4, 2011
      Dear mbak Nina,

      Baby sy pernah ngalami hal yg sama. Dr yg saya baca dan browsing internet kuning kemungkinan disebab kan krn ke belumsempurnaan fungsi hati, apabila lebih dr 1 bulan. Krn informasi tsb sy lgs ke dsa di rmh skt perm*** yg deket rumah, baby sy disuruh periksa darah sgpt, sgot, bilirubin, usg dll krn ada kekhawatiran sumbatan di empedu, kelainan organ hati dll. Hampir sy periksa darah disana tp krn pengalaman dulu di rs yg sama anak sy yang pertama pernah kesulitan dipasang infus, maka saya memutuskan utk balik ke dsa nya walaupun jauh dr rumah. Dsa hanya menganjurkan periksa bilirubin, katanya klu baby asix dan suka ngeden2 ada kecenderungan kuning, tp beliau jg tdk tau apa penyebabnya. Beliau jg meminta sy mengamati apakah tambah kuning ato ga. Ternyata hasil bilirubin bagus. Setelah 6 bulanan warna kuningnya memudar. Saran sy periksa ke dokter, tp cari dokter yg well knowledge utk menghindari kesalahan diagnosis dan pemeriksaan yg berlebihan. Hope it help.

      Syan

      From: Nina Agustin <ninagustin@...>
      Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com
      Date: Sun, 3 Apr 2011 01:01:41 -0700 (PDT)
      To: <bayi-kita@yahoogroups.com>
      ReplyTo: Bayi-Kita@yahoogroups.com
      Subject: [Bayi-Kita] tanya mata bayi kuning

      Dear moms/dads, Anakku umur 4 bulan, bagian putih matanya berwarna agak kuning.Apa ada yg tau ini berbahaya atau tidak? Apa ada obat tradisional? Atau saya harus periksa ke dokter? Mohon sarannya. Terima kasih-nina

    • beta_dh@yahoo.com
      Message 2 of 6 , Apr 4, 2011
        Mata kuning krn bilirubin tinggi.. Coba aja djemur tanpa baju tiap pagi mom, 15 mnt tubuh bag depan, 15 mnt bag punggung
        Trs sering2 dkasi ASI

        Anaku juga dulu gt waktu 1-2bln, alhmdlh skrg sehat2 aja

        Tapi klo msh blm ada perubahan ada baiknya konsultasi dg DSAnya

        Sent from my BlackBerry® smartphone

        From: Nina Agustin <ninagustin@...>
        Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com
        Date: Sun, 3 Apr 2011 01:01:41 -0700 (PDT)
        To: <bayi-kita@yahoogroups.com>
[...]

      • Wood Division - PT. EuroAsiatic Jaya
        Message 3 of 6 , Apr 5, 2011

          Mom nina,

          Kalau masih 4 bulan, mungkin aja kurang vitamin D,

          Sering dijemur,..  berarti kekurangan bilirubin,…

          Tapi,.. mungkin juga, itu karena ada sesuatu yang salah dengan hati (livernya)

          Soalnya, waktu saya kecil, mata, kuku dan kulit kuning,..

          Dan memang ada masalah dengan hati, karena keturunan,…

          Nah,.. lebih baik segera ke dokter,…

          Agar tahu semenjak dini,…

          Hati-hati ya mom,…

          Salam

          Mom Vania.

          Message 4 of 6 , Apr 5, 2011
            Alo bun..klo menurut aq sebaiknya ke dokter aja,coz dah 4bln ya.biasanya kan mata kuning(bilirubin tinggi) dialami sama bayi yg baru lair(setauku lo..)En biasanya bilirubin bs naik dgn disinar di RS atau dijemur sinar matahari pagi.

            Mahira-ku dulu baru lair jg kuning,الحمد لله رب العلمين stelah disinar dan pul sering kujemur,dah baik2 aja.sekarang dah ampir usia 5thn Alhamdulillah tumbuh sehat,lincah,cerdas.

            Salam
            Bundanya Mahira

            Powered by Telkomsel BlackBerry®

            From: beta_dh@...
            Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com
            Date: Mon, 4 Apr 2011 21:56:02 +0000
            To: <Bayi-Kita@yahoogroups.com>
            ReplyTo: Bayi-Kita@yahoogroups.com
            Subject: Re: [Bayi-Kita] tanya mata bayi kuning

            From: Nina Agustin <ninagustin@...>
            Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com
            Date: Sun, 3 Apr 2011 01:01:41 -0700 (PDT)
            To: <bayi-kita@yahoogroups.com>
[...]

          • Edi Haryunas
            Message 5 of 6 , Apr 6, 2011

              sering2 dijemur pada pagi hari,
              alhamdulillah, ke-3 anak kami dulu juga begitu
              tapi jangan terlalu siang, kasian terlalu panas
              biasanya jam 6-an

              kalo dah sampai 4 bulan, periksa aja dulu
              kalo kata bidan anak kami, kekurangan minum

              hati2 kalau ke RS, kasian kalau harus periksa ini itu,
              badannya masih terlalu kecil kalau nyampe ditusuk ama jarum
              dak tega liatnya....

              smoga membantu

              From: Nina Agustin <ninagustin@...>
              Sender: Bayi-Kita@yahoogroups.com