Re: Bls: [Bayi-Kita] ASIku Tidak Keluar

  • Sweetie Vm
    Message 1 of 15 , Dec 3, 2010
      Dear mom,
      coba tips2 berikut :

      1.    Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI.
      Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah / pompalah
      ASI.  Ingat ! produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt prinsip
      pabrik.  Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin
      banyak yg ASI yg diproduksi.
      2.    Kosongkan payudara setelah anak selesai menyusui.
      Bahasan ini masih terkait dg point di atas. Makin sering dikosongkan, maka produksi ASI juga makin lancar.
      3.    Yg tidak kalah pentingnya : ibu harus dalam keadaan RELAKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun.
      Relaks saja ya bu. Disini sebetulnya peran besar sang ayah.
      Jika ayah mendukung maka ASI akan lancar.
      Mendukung bisa dg berbagai cara mulai dari menyemangati istri
      hingga hal2 lain spt menyendawakan bayi setelah menyusu, menggendong bayi utk disusukan ke ibunya, dsbnya.
      4.    Hindari pemberian susu formula.
      Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atautakut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal
      pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak          lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung puting terutama pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan. Sehingga volume ASI makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan makin sedikit ASI yg diproduksi.

      5.    Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya
      Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dg dot, maka anak dapat mengalami BINGUNG PUTING (nipple confusion). Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting seperti ketika menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah seluruh areola (bag. gelap di sekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol, hanya dengan menekan sedikit saja
      dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot dsbnya.
      6.    Datangi klinik laktasi. Jangan ragu untuk menghubungi atau konsultasi dg klinik laktasi.  Disana ibu dan ayah mendapatkan masukan secara teknis agar ASI tetap optima.
      7.    Ibu menyusui mengkonsumsi makanan bergizi.
      8.    Lakukan perawatan payudara : Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian.

      Salam,
      Yuli

      Dari: benita carla <benita_carla@...>
      Judul: [Bayi-Kita] ASIku Tidak Keluar
      Kepada: "Bayi-Kita@yahoogroups.com" <Bayi-Kita@yahoogroups.com>
      Tanggal: Selasa, 2 November, 2010, 8:01 PM

      dear all,

      Anakku sekarang sudah 3 minggu. Dari pertama melahirkan sampai sekarang, babyku belum minum ASI, karena ASIku tidak keluar, andaikan keluar, itu hanya setetes-setetes, dan itupun hanya keluar sesekali saja.
      Sedih banget aku belum bisa kasih ASI eksklusif ke babyku. Apalagi waktu babyku disodori nenen, dia gak mau ngeyot dan malah nangis kenceng jejeritan. Tapi waktu dikasih sufor di botol, dia langsung ngenyot kenceng, apalagi dot botol susu kan lobangnya besar (putingku agak kecil), jadi si baby lebih milih minum di dot daripada nenen.
      Aku sudah coba makan sayur katuk dan sayur2an lain untuk pelancar ASI, molloco, vitamin2 lancar ASI dari dokter, jamu lancar ASI yg dibeli di apotek, jamu gendongan untuk lancar ASI, pijat2 payudara pakai tangan, tetapi tetap saja ASIku berupa tetesan2 dan tidak keluar banyak.
      Bagaimana ya? Aku kepengen banget kasih ASI eksklusif ke babyku.
      Mohon saran dan bantuannya..

      Terima kasih

    • indah istamarabdiza
      Message 2 of 15 , Dec 19, 2010
        buat nambahin tips nya, mama mungkin bisa coba praktekkan yang aku lakukan. Baca saja di sini

        Jangan putus asa ya mama! :)

        Cheers,
        Indah