Re: [Indonesian_Marine_Tank] Nanya lagi donk...

  • ivan
    Message 1 of 30 , Aug 1, 2005
      Betul yg Emir bilang L6 sangat jarang iseng, mungkin kasus khusus kali. Burung laut aman buat coral die cuman makan rumput2 an, kalo ada caulerpa bisa abis tuh ama dia.

      Anemone kalo mau piara anmeone jagung / Quadricolor jangan yg lain. tanpa lampu MH masih bisa koq tapi mesti kasih makan tiap hari potongan udang/cumi disesuaikan ukuran anmeone. kenapa tiap hari ? krn cahaya yg kurang tuh anmone akan jadi putih warnanya krn algae Zoxantellae udah abis/mati. di aq sy anemone jagung ukuran XL udah tahunan tapi ya warnanya udah agak putih tapi masih sehat koq.

      Yanki IVAN KFT maksudnya apa ?
    • Emir
      Message 2 of 30 , Aug 1, 2005
        van, anemon jagungnya jalan-jalan gak?kamu letakkan dimana?
        atas?tengah? atau dasar? sy gak pernah piara anemon jagung. Jadi
        pengen coba nih. kemarin piara anemon karpet , ujung2nya mati, krn
        kurang lighting.

        thanx

        Message 3 of 30 , Aug 1, 2005
          Emir anemone yg sangat save utk di piara ya cuman anemone jagung, kalo dia mati hanya mengecil lalu hilang hancur tanpa merusak kondisi air dan anemone jagung paling tahan low light. Pelajari dulu bentuk anemone jagung spt apa biar tidak salah beli.

          kita ga bisa taruh anemone sesuka kita krn dia akan jalan-jalan cari tempat yg menurut dia comfortable, kalo pas dia suka di posisi yg bagus viewnya ya sukur kalo dia sukanya di pojok ya rugi deh hehehe. anemone jagung gue yg gede kalo lagi mekar max bisa sampe 25 cm radius lho.

          pokok nya resep nya mesti kasih makan minimal 1 hari sekali krn dia akan pudar jadi sangat tergantung pada kita utk makanannya. menu ganti2 kepala udang small/med,potongan cumi,potongan udang. kalo kepala udang nanti kalo dia udah selesai makan kulitnya akan dibuang keluar bersihhhhh isinya dan bentuk kulitnya juga masih utuh tidak hancur gue juga binun gimana caranya bisa gitu hehehe.

        • Bhieant
          Message 4 of 30 , Aug 1, 2005
            Semua anemon kayanya akan jalan2 dulu liat habitat barunya dan akan
            berhenti ketika mereka merasa cocok ditempat tersebut dari segi suhu,
            arus dan cahaya yg mereka dapat.
            Anemon jagung saya selama belom cocok tempatnya jalan2 terus dan anehnya
            si clown-biak saya juga gak mau nempel di anemone tsb, skrg udah pas
            tempatnya baru deh si badut joget disitu terus...;-)

> [...]

            abis/mati. di aq sy anemone jagung ukuran XL udah tahunan tapi ya
            warnanya udah agak putih tapi masih sehat koq.

            Yahoo! Groups Links
          • Yanki
            Message 5 of 30 , Aug 1, 2005
              Maksud saya mas Ivan ini yang tinggal di KFT Cengkareng ? Karena ada
              yang namanya Ivan jualan ikan laut juga di KFT. Salah ya ?

              Mau nanya lagi (sori ya kalau banyak nanya):
              1. Saya punya anemon karang, perlu dikasih makan apa ya ?
              2. Letter six saya kok sekarang bintik2 putih ya ? itu gelembung air
              atau white spot kah ? gimana cara bersihin ya ?
              3. Cantik jelita saya kok galak ya ? mau gigit firefish.
              4. Bicolor blenny kejar2an ama cantik jelita.
              5. Semuanya kayanya kejar2an di aqua saya, apa ini wajar ? Yang
              tenang cuma clown aja.
              6. Polip harus dibawah arus ?
              7. Karang otak saya udah mati, perlu dikeluarin ga dari aqua ?
              Ngotorin kolam ga ya ? karena keluar kaya lendir2 gitu.
              8. Kalau air kurang, sebaiknya ditambah air laut lagi atau air tawar
              (PAM) ? Apakah air PAM yg kandungan kaporitnya banyak tidak
              berbahaya ? Bagaimana kalau ditambahkan air suling ?

              Thanks.

              Yanki

              --- In Indonesian_Marine_Tank@yahoogroups.com, "Bhieant"

            • Bhieant
              Message 6 of 30 , Aug 1, 2005
                1. kasih potongan udang atau beli additive-cair yg khusus filter feeder.
                2. itu whitespot. Kalo aquariumnya cuma ikan bisa pake coppersulfat,
                atau ikannya ditangkep trus dikarantina.
                3. cantik memang galak kalo dgn sejenis atau 1 species.
                4. karna masih 1 'keluarga' mereka adu galak dan sok kuasa. Makanya
                mendingan pisahin aja drpd salahsatu mati.
                5. wajar kalo sebatas "becanda" tapi kalo udah sontok2an mah udah
                tawuran namanya...;-P
                6. yup, jgn terlalu kenceng arus yg mereka dpt.
                7. dikeluarin aja biar gak nyempit2in
                8. JANGAN PAKE AIR PAM...!!!!! Kalo punya air suling silahkan PAKAI.

                <bhieant@f...> wrote:
> [...]
                > si clown-biak saya juga gak mau nempel di anemone tsb, skrg udah pas
                > tempatnya baru deh si badut joget disitu terus...;-)

                Yahoo! Groups Links
              • Yanki
                Message 7 of 30 , Aug 1, 2005
                  Wah kalau ikannya dikeluarin kayanya susah, bisa stress tuh ikan &
                  susah banget nagkapnya. Ga ada cara lain yang aman juga buat
                  liverock/coral ya ?

                  Thanks

                  <bhieant@f...> wrote:
> [...]
                  > 7. dikeluarin aja biar gak nyempit2in
                  > 8. JANGAN PAKE AIR PAM...!!!!! Kalo punya air suling silahkan PAKAI.

                • ivan

                    Message 9 of 30 , Aug 2, 2005
                      Coba piara udang MP (kalo di sini namanya udang pelet) aja bung. Kalo
                      sy kemarin napoleon yg kena white spot, sy masukkan udang Mp 3 ekor,
                      ikannya mau aja digosok-gosok oleh udang tersebut, akhirnya sembuh tuh
                      ikan.

                      --- In Indonesian_Marine_Tank@yahoogroups.com, "Yanki"

                    • Bhieant
                      Message 10 of 30 , Aug 2, 2005
                        Udang MP sama udang pelet laen om...;-)
                        Kalo udang yg untuk bersihin WS di ikan memang udang pelet yg warnanya
                        bening trus ada garis merah dari kepala ke buntut. Kalo udang MP = Merah
                        Putih, warnanya putih dan belang2 merah seluruh badan dan kakinya.

                        <milis_binus_95@y...> wrote:
                        > Wah kalau ikannya dikeluarin kayanya susah, bisa stress tuh ikan &
                        > susah banget nagkapnya. Ga ada cara lain yang aman juga buat
> [...]

                        Yahoo! Groups Links
                      • Emir
                        Message 11 of 30 , Aug 2, 2005
                          eh, salah ya? hi.hi..hi.. sorry boss! maksudnya udang pelet aja yang
                          dipiara!
                          tapi gak bisa buat melet cewe ya!

                          <bhieant@f...> wrote:
> [...]
                          > bening trus ada garis merah dari kepala ke buntut. Kalo udang MP = Merah
                          > Putih, warnanya putih dan belang2 merah seluruh badan dan kakinya.

                        • Bhieant
                          Message 12 of 30 , Aug 2, 2005
                            Bisa juga buat melet cewe' om, tapi bawanya 5 kg...hehehehe

                            wrote:
> [...]

                            > bening trus ada garis merah dari kepala ke buntut. Kalo udang MP =
                            > Merah Putih, warnanya putih dan belang2 merah seluruh badan dan

                            Yahoo! Groups Links
                          • Yanki
                            Message 13 of 30 , Aug 2, 2005
                              Mau cari ikan pelet dimana ? udah2 nanya2 ke toko ikan katanya lagi
                              abis, belum datang lagi. Saya di Jakarta Barat, Cengkareng. WSnya
                              kayanya makin banyak, tapi nafsu makan ikannya kayanya ngga
                              berkurang. Oh ya, kemaren yang saya bilang lintah saya ninggalin
                              seperti lapisan kuning telur di karang sepertinya itu tempat anak
                              lintah. Kemaren sempat liat seperti lintah ditengah2 lingkarannya.
                              Tapi tadi pagi dah ilang.

                              Thanks

                              <bhieant@f...> wrote:
                              > Bisa juga buat melet cewe' om, tapi bawanya 5 kg...hehehehe

                            • Emir
                              Message 14 of 30 , Aug 2, 2005
                                ini gambar udang peletnya.
                                http://members.iglou.com/sburns/Photo_Album/aquarium/Cleaner_Shrimp.jpg

                                http://www.hawaiiscubadiving.com/mauidiveimages/cleaner-shrimp.jpg

                                <milis_binus_95@y...> wrote:
> [...]
                                > seperti lapisan kuning telur di karang sepertinya itu tempat anak
                                > lintah. Kemaren sempat liat seperti lintah ditengah2 lingkarannya.

                              • Yanki
                                Message 15 of 30 , Aug 3, 2005
                                  Baru aja beli obat untuk parasit merek Oxy... bentuknya bubuk sachet
                                  (warna biru). Katanya bisa untuk WS dan aman untuk karang juga, ada
                                  yang pernah pake ga ?

                                  --- In Indonesian_Marine_Tank@yahoogroups.com, "Emir"

                                • emir fakhrudin
                                  Message 16 of 30 , Aug 4, 2005
                                    wah, tambah parah ya whitespotnya ya bung?
                                    ikannya masih makan gak?
                                    kalau bisa secepatnya cari udang pelet tersebut.
                                    sebaiknya juga jangan pakai obat-obatan seperti
                                    itu.Pakai saja cara yang alami. Yang bilang aman kan
                                    pedagang, bukannya berprasangka buruk sih, tetapi
                                    biasanya pedagang hobinya menipu,biar dagangannya
                                    laku. kecuali pedagang yang memang punya kredibilitas
                                    dan reputasi yang baik.

                                    Tapi jika ada temen2 lain yang pernah pakai dan
                                    ternyata aman sih gak apa2.

                                    Kalau mau pakai obat-obatan spt itu, sebaiknya ikannya
                                    diangkat dari akuarium, dan dikarantina, baru dikasih
                                    obat, suhu dinaikkan sampai 32C, dan puasa 2 hari

                                    bisa juga ikannya digosok pakai kain halus biar bersih
                                    badannya.

                                    http://www.yahoo.com/r/hs
                                  • Yanki
                                    Message 17 of 30 , Aug 4, 2005
                                      Iya,

                                      Tapi kok ikannya masih nafsu ya makannya dan masih lincah. Wah cari
                                      udang pelet susah sekali, kata pedangang ikan udah lama ngga masuk,
                                      ada yg bisa bantuin ga carinya dimana kalau di Jakarta, saya udah
                                      cari di Kartini, Sumenep, Cengkareng, kaga ada stock semua. Kemaren
                                      sempat kasih obat yang saya bilang mereknya Oxy Care, pas ditaroh
                                      dikit tanamannya pada nutup semua... untung pagi ini udah pada buka
                                      semua hahaa... (ga tau nih sebenarnya aman apa kaga).

                                      Thanks

                                      Yanki

                                      --- In Indonesian_Marine_Tank@yahoogroups.com, emir fakhrudin
                                      <ef_med2001@y...> wrote:

> [...]
                                      >
                                      > bisa juga ikannya digosok pakai kain halus biar bersih
                                      > badannya.

                                      > Start your day with Yahoo! - make it your home page
                                    • Lucas Wudy SOEMARTO
                                      Message 18 of 30 , Aug 4, 2005
                                        Saya masih belum yakin ya kalo pake obat WS walaupun dibilang Coral Safe.
                                        Lebih baik ikannya dipindah ke aq karantina yg isinya cuma air doang,
                                        apalagi airnya di threat pake UV jadi bacteri lainnya mati juga, IMHO lho
                                      • Bhieant
                                        Message 19 of 30 , Aug 4, 2005
                                          Bener jek gue juga prefer kaya begitu, atau kalo gak bisa ditangkep juga
                                          yah tinggal nunggu nasib ajah.
                                          Biasanya kalo ikannya masih doyan makan apalagi rakus, WS akan hilang
                                          sendiri.

                                          Message 20 of 30 , Aug 24, 2005
                                            water parameter:
                                            ph 8
                                            kh 10
                                            ca 490
                                            nitrat 11ppm
                                            po4 0.1 ppm
                                            temp 26C
                                            salinity 1,024

                                            refugium disingkirkan karena tidak ada efektif, krn
                                            ukuran refugium
                                            terlalu kecil. tanpa skimmer. skimmer lg dlm proses.

                                            meskipun belum established, sy tidak akan sampai
                                            sejauh ini berkat
                                            bantuan rekan-rekan dibawah ini.
                                            thanx to:
                                            -pak Reeves yg tak bosan-bosannya memberi tips,
                                            nasihat dan menampung
                                            uneg-uneg sy,
                                            -pak Hendrawan, yang telah mengenalkan sy betapa
                                            luasnya dunia reef
                                            keeping,
                                            -reef-indonesia atas produknya yang high quality,
                                            -bung koecrut yg membantu mendapatkan chiller
                                            -wong banten atas snailsnya
                                            -rekan-rekan di o-fish yg banyak membantu
                                            -reefcentral
                                            - semua rekan di Indonesian_marine_tank

                                            http://www.yahoo.com/r/hs
                                          • Bhieant
                                            Message 21 of 30 , Aug 24, 2005
                                              Wow kereeeeeennnnn...
                                              Udah brp bulan nih om ? Keliatan masih kinclong bgt.
                                              Lampunye pake MH ye ? Trus tuh karang tangan sepuhan atau asli yg warna
                                              ungu ?
                                              Bukannya polip matahari tidak terlalu butuh cahaya dan cenderung
                                              "seneng" di tempat remang2 ?
                                              Air turun pake overflow box ? Atau model pipanisasi aquarium Hendrawan ?

                                              Salam,
                                              Bian

                                              Message 22 of 30 , Aug 24, 2005
                                                baru 3 bulan boss,set up bulan mei, cyling kemarin 6 minggu,
                                                koralnya baru sekitar 2 bulan. parameter air masih berubah2.

                                                karang tangan itu sepuhan, yg aslinya warna coklat yah. biar aja deh,
                                                ntar juga pudar sendiri.

                                                polip matahari emang sih katanya sih emang gitu, tapi biarin aja dulu,
                                                sapa tau nanti terbiasa kena cahaya.

                                                air turun pake overflow. yg punya pak hendrawan gak ngerti...maklum
                                                agak-agak o'on...hi...hi..

                                                koralnya masih koral-koral yang gampang-gampang dulu, kalo yg susah
                                                takut gak bisa merawatnya.

                                                Message 23 of 30 , Aug 24, 2005
                                                  Om emir, Devils handnya kalo sepuhan biasanya hasil di skimer akan merah
                                                  warnanya, hehehe saya udah pernah soalnya. Jadi busa skimernya gak coklat tp
                                                  merah
                                                  Ngomong2 gimana ya cara nyepuh coral gitu?
                                                • Emir
                                                  Message 24 of 30 , Aug 24, 2005
                                                    Gak Tau... bukan sy nyepuh kok hihihi... dari lampungnya udah kayak
                                                    gitu (semua koral didapat dari lampung)

                                                    --- In Indonesian_Marine_Tank@yahoogroups.com, "Lucas Wudy SOEMARTO"
                                                  • Koecrut
                                                    Message 25 of 30 , Aug 25, 2005
                                                      Hanya satu..kata....kereenn abiss
                                                      Bravo bung Emir

                                                      Message 26 of 30 , Oct 9, 2005
                                                        Pak Ivan, anemon jagung saya sekarang sudah berubah menjadi putih dan
                                                        mengecil, apa ini karena tidak pernah diberi makan ( udah 5 bulan )>
                                                        Saya jarang kasih makan, karena sering dinas keluar kota.

                                                        Ada nggak cara untuk mengembalikan

                                                        Thanks sebelumnya

                                                        Agung

                                                        --- In Aquarium_Laut_Indonesia@yahoogroups.com, ivan <ivan@p...>
                                                        wrote:

> [...]
                                                        > atas?tengah? atau dasar? sy gak pernah piara anemon jagung. Jadi
                                                        > pengen coba nih. kemarin piara anemon karpet , ujung2nya mati, krn

                                                      • emir fakhrudin
                                                        Message 27 of 30 , Oct 9, 2005
                                                          coba kasih makan udang setiap hari, dan dekatkan
                                                          dengan lampu (bersama karang tampat ia menempel
                                                          tentunya, jangan dicabut)

                                                          http://mail.yahoo.com