setup dasar akuarium laut

  • zap_malmsteen
    Message 1 of 4 , Jul 4, 2006
      salam kenal,

      saya saat ini tertarik untuk membangun sebuah akuarium laut, tolong
      dijelaskan komponen dasar apa saja yang diperlukan untuk membuat
      sebuah akuarium laut (yang simple saja) , untuk info akuarium saya
      tidak terlalu besar(p=90,l=50,t=50)dan rencananya saya mau buat system
      tank all in one (filter gabung dengan akuarium utama) apakah bisa ?
      dan mungkin saya lebih ke akuarium "low tech" / alamiah.

      saya tunggu informasi dari rekan-rekan, maaf jika mungkin saya terlalu
      awam dalam hal ini. (jika pertanyaan semacam ini pernah diulas, dimana
      saya bisa membacanya?)

      atas infonya saya ucapkan banyak terima kasih.

      Brgds,
      Ronald
    • Ivan Leonardo

        Message 3 of 4 , Jul 4, 2006
          Salam kenal pada Bung Ronald

          Nah mengenai Pertanyaan Bung adalah Ingin membangun Al dengan Cost yg sangat minim dan Low Tech.
          Menurut Saya Sangat Bisa Karena Saya telah mempelajari nya dan mempunyai AL tsb udah 1.5 tahun dengan bahan yg sangat simple. pada tahun ke2 saya bisa membuka usaha AL dengan kemajuan yg bener2 oke.( di bandung Utara )
          Bung ronald cuman butuh lampu Actinic Blue 2 ( Philips asli Holland ) Rp.75.000 Ultra Violet 1 Osram atau Luxram Rp.30.000 sama Philips Daylight 2 Rp.10.000an jadi letak lampu = 2-1-2
          untuk saringan : samping = Full Karang Jahe Kecil Sama Bioball jangan lupa letakan juga beberapa potong rumput asem Merah ( Ingat Merah ) karena Yg hijau tidak isep bakteri dan plankton.
          setelah diset kata beberapa orang (hobies) air harus disirkulasi selama 2 sampai 1 bulan menurut saya adalah Salah yg penting kunci nya Live Rock harus yg bagus sama Rumput asem itulah Kunci nya karena saya skarang punya Al ukuran 3 X 1.2 X 1Meter hari pertama setup hari kedua Air dimasukin hari ketiga Coral ( Acropora Dan Yg lain2 dan hari ke 4 ikan ikan Export dan lokal alhasil nya dijadikan AL utama di tempat usaha saya dan udah memilikinya untuk 1 tahun lebih.
          Nah untuk Bung Ronald coralnya Ambil Batu Hio Anemone Seroja Karangng KUKU bAbut dll maaf untuk jenis Acropora tidak di sarankan  ikan jenis Gobby Botana jenis Angel tidak disarankan.
          kalo bisa ditambah skimmer harga yg 150 udah oke

          sekian Info dari saya Saya Akan menempatkan Foto2 Saya di Group ini biar member2 AL bisa menikmatinya juga

          wassalam Dari Gerri Van Der Beek

          zap_malmsteen <zap_malmsteen@...> wrote:
[...]

          Do you Yahoo!?
          Everyone is raving about the all-new Yahoo! Mail Beta.

        • Ronald Satriani
          Message 4 of 4 , Jul 5, 2006
            Thanks atas sarannya bung Ivan,
            saya memang rencana untuk FO / FOWLR saja, karena saya baru pemula
            klo sudah agak ngerti, mungkin saya mulai ke coral
            thanks again for the advise,

            Brgds,
            ronald

            zap_malmsteen wrote:
[...]