aquarium air laut

  • Andi Prasetya
    Message 1 of 8 , Dec 28, 2005
      Rekan2 sesama pecinta ikan,
      sy sangat tertarik utk membuat aquarium air laut,
      sbg pemula, yg ingin sy tanyakan berapa ukuran aquarium utk air laut yg paling kecil yg bisa dibuat??
      (mengingat ruangan yg mungkin sy letakkan aquarium tdk begitu besar)

      Terima kasih banyak ...
      Salam,

      Andi Sby

    • Lucas Wudy SOEMARTO
      Message 2 of 8 , Dec 28, 2005
        Tergantung anda mau pelihara apa? Kalo Coral Only ya ukuran 1x0,5x0,5M cukup, tp kalo anda mau Coral dan ikan lebih baik agak gede, karena banyak ikan laut terutama jenis Tang yg butuh aq besar, minimal 1,5x70x70 ditambah filter dibawah ukuran 1x0,5x0,5
        Tentukan dulu anda mau pelihara apa, ingat main air laut bukan sekedar punya aq+air laut+Live Rock+coral+ikan saja banyak kebutuhan alat2 lain yg jatuhnya jauh lebih mahal dr aq dan isinya itu

          Message 4 of 8 , Dec 28, 2005
            Rencananya mau sy taruh di kamar tidur, jd mungkin kalau bisa auarium yg tdk begitu besar, dgn tanaman dan karang2 yg hidup(maaf sy ga tau istilahnya), trus dgn ikan yg ukurannya kecil2 dgn jumlah yg tdk banyak. Ada masukan mungkin rekan2 gimana kira2 yg baiknya? Termasuk jenis tanaman dan ikan yg kecil2 td serta yg lainnya yg mkn dibutuhkan.
            Makasih sebelumnya, maaf banget ngrepotin.

            Thanks, (saudara Lucas & tmn2 lainnya...)

            Message 5 of 8 , Dec 28, 2005
              Makasih banget atas sarannya yg sangat lengkap dan jelas bung,
              Sebelumnya maaf jika sy nantinya ada kesulitan karena sy masih pemula yg ingin belajar lebih banyak mengenai aquarium air laut, pasti akan sy ajukan di milis ini,

              Thanks, (bung Lukas, bung Hendy atas pic-nya....dan salam untuk semua pecinta ikan....)

              Andi Sby

                  Sori numpang threadnya. Mo nanya ni yang dimaksud live rock, live sand
                  tu yg kayak apa sih? Trus itu semua td dimasukin ke filternya yah???
                  Newbie ni, dan punya rencana untuk bikin juga.

                  --- In Aquarium_Laut_Indonesia@yahoogroups.com, "Lucas Wudy SOEMARTO"
                  <wudy@c...> wrote:

> [...]
                  kasih live rock masukin air, jalanin sirkulasi air ke filter diemin
                  dulu 1 bulan utk nitrogen cycle, merubah ammonia -> nitrit -> nitrat

                  Service.

                • Ryan Dharmawan
                  Message 8 of 8 , Jan 8, 2006
                    Live rock itu batu karang yang ada di aquairium. Dan live sand itu
                    pasir laut yang berada di dasar aquarium.
                    Itu semua bukan di masukin ke sump, tapi ke dalam aquairum. Kalau di
                    filter saya sudah tidak menggunakan karang jahe, tapi pakai biological
                    filter seperti matrix dari seachem.