Re[2]: [APWKomitel] mohon solusi ! => vsat

  • Adi
    Message 1 of 3 , Jan 31, 2003
      Pak Aris,

      Sekedar urun rembuk :)

      saya kebetulan baru saja menerima tawaran pemasangan VSAT dari PT.
      Spektrum untuk pendirian ISP kami di Malang.

      berikut sedikit oret oretan dari saya: (asumsi bandwidth untuk ISP saat
      pertama buka adalah Uplink 128 Kbps, dan Downlink 512 Kbps (ini/
      upgradable, dan hitungan saya cukup untuk 8 titik dengan koneksi
      wavelan 1:1 @ 64 Kbps)

      BANDWIDTH: (Sattelite JCSAT3) - Monthly Fee
      SCPC Uplink 128 Kbps : $1150
      DVB Downlink 512 Kbps: $2500
      terms:
      Setup Fee : $2000 (Onetime)
      Deposit Fee bayar 1 bulan di awal
      Pembayaran 1 bulan di muka dibayar di awal

      Jadi Untuk Bandwidth bulan I: $3650(pemb. I) + $3650(deposit) +
      $2000(setup) = $9300

      HARGA PERANGKAT VSAT :
      SM T3.7R, Suman antena 3,7M C-Band $10,500.00
      CDM-550T, Comtech EFData Satelite modem Up to 2 MB $4,900.00
      RF Transceiver 10 Watt C-Band $11,500.00
      IPR-SC+, DVB Receiver Up to 8 MB $1,100.00
      TOTAL PERANGKAT : $28000

      Nah PT. Spektrum ini ternyata menyediakan juga penyewaan alat vsat
      diatas yaitu sebesar $1900/bulan dengan term: deposit 1 bulan bayar
      diawal, pembayaran 1 bulan di muka, minimum waktu penyewaan 1 tahun.

      Sehingga menurut hitungan kami, habis total untuk instalasi VSAT serta
      bandwidth sbb:
      Bandwidth + VSAT = $9300 + $28000 = $37300 + 10% PPN = $41030

      Nah itu belum termasuk pembelian alat2 untuk router, access point,
      cisco, software2, ijin postel, (saya tidak menjual jasa DialUp, karena perijinan
      dialup sangat sulit)

      pokok nya kami keseluruhan menghabiskan sekitar $60000 sebagai initial
      investment, sebenarnya pendapatannya mepet, untuk itu kami sedang mencari
      provider VSAT yang murah dan baik (kemungkinan PSN/PesatNet)

      --
      Best regards,
      Adi mailto:adi@...

      Friday, January 31, 2003, 1:53:45 PM, you wrote:

      ai> to Siapa aja yang bisa bantu !

      ai> [ari]Mohon informasi mengenai pendirian suatu ISP, minimal investnya berapa ?,

      ai> [rr] investasinya Vsat untuk akses internet plus bandwidth dan untuk akses ke customernya
      ai> harus punya RAS yah minimal initial investment USD 20,000 keatas tergantung besarnya.
      ai> note: belum hitung izin dan billing system, monitoring etc...

      ai> Minimal user kalau mau break event sekitar 500 user biasa.