bisakah isp di gugat

  • dodi hendra
    Message 1 of 5 , Aug 31, 2012
      salam merdeka,

      sesuai judul bisakah isp di gugat jika bandwith yg dijanjikan tidak tidak sesuai dengan yg kita bayar?

      dikampung kami Blangkejeren (Ibu Kota Kabupaten Gayo Lues, Propinsi Aceh) tersedia layanan ISP telkom dengan speedynya, paket yg tersedia sama dengan kota kota lainnya di indonesia dan harganya juga sama, namun bandwith yg di janjikan sama sekali ngak sama, kalau di kota lain latensi ke gateway speedy dibawah 10 ms maa di kota kami diatas 900 ms, jika paket bandwith yg beli up to 1 mbps, rata rata di kota lain bisa dapat 700 kbps maka di kotakami hanya 250 kbps.

      lihat lampiran

      Mohon tanggapannya para senior....
    • Eko Wahyu Nugroho
      Message 2 of 5 , Sep 1, 2012
        Hehehehehehe....

        Di bagian mana yang salahnya mas?

        tetapi kalo up to 1Mbps si telkom bisa berkilah 5kbps jg masih memenuhi syarat.

        Kita di Indonesia emang konsumen bukan raja.

        From: dodi hendra <dodinett@...>
        Sender: APWKomitel@yahoogroups.com
        Date: Sat, 1 Sep 2012 10:51:07 +0700
        To: <APWKomitel@yahoogroups.com>; <asosiasi-warnet@yahoogroups.com>; <IndoWLI@yahoogroups.com>
        ReplyTo: APWKomitel@yahoogroups.com
        Subject: [APWarnet] bisakah isp di gugat

[...]

      • Rudy
        Message 3 of 5 , Sep 1, 2012
          up to... => up to Me :-)

          itu masalahnya...

          mestinya up to You atau yang paling benar up to the Law :-)

          salam, rr - apw

            Message 5 of 5 , Sep 3, 2012
              maap mas sebelum menggugat pelajari dulu arti bandwith yang dijual oleh ISP ada beberapa contohnya seperti ini :

              DEDICATED artinya mas dijanjikan oleh pihak ISP 1:1 jika kurang dari bandwith yang ditawarkan baru mas bisa protes bahkan menuntutnya

              SISTEM CIR  nah kalo seperti ini mas dijanjikan sesuai dengan persetujuan mas dengan pihak ISP contohnya mas mengambil CIR 1:2 dengan bandwith 1mbps maka bandwith akan dibagi 2 dengan pelanggan lain tp terdapat minimunnya sebesar 512kbps dan jika pelanggan yg satu tidak menggunakan bandwithnya maka kecepatan anda bertambah menjadi 1mbps.

              SISTEM UP TO nah sistem ini yg rata2 kurang dimengerti sama org2 awam. dengan sistem ini pihak ISP menyediakan bandwith UP TO, rata-rata org hanya melihat besar bandwith yang didapat saja tanpa melihat kata UP TO nya. disini lah letak kekurangan dan kadang kita protes kok bandwith kita tidak dikasih sesuai yg diambil paketnya rugi donk?. ini jawaban nya  misalnya mas mengambil sebuah paket dari ISP A dengan  embel2 UP TO 7mbps kecepatan yang paling tertinggi mas dapat sebesar 7mbps dan jika kecepatannya hanya 1 kbps anda harus terima karena tidak disebutkan berapa minimal yang anda terima.

              maap mas kalo ada salah2 dulu saya juga seperti itu, tapi pas saya pelajari ini lah mengapa harga ISP DEDICATED bisa begitu mahal dibandingkan ISP yang menggunakan kata UP TO.
              .