Diskusi.. diskusi.. diskusi... Lesuuu nya warnet ;))

  • Adi
    Message 1 of 3 , Jul 31, 2002
      Rekan2 APW,

      Saya melihat di malang bisnis warnet sudah sangat lesu sekali,
      pendapatan 10 PC hanya 150 ribu dengan tarif akses 3600 dan di suatu
      warnet dengan 10PC hanya mendapat 100 ribu perhari dengan tarif akses
      Rp. 2500.

      Masalah lesunya warnet ini ternyata tidak diimbangi dengan kualitas
      service provider di malang. Sebut saja X, ISP ini membawahi lebih dari
      25 warnet di Malang tetapi pelayanan yang diberikan sangatlah buruk. 2
      Hari yang lalu terjadi down mulai jam 16.30 hingga jam 00.30. Ya,
      dengan alasan backbone di singapore sedang ada problem. Ya, kita tahu
      itu tidak bisa berbuat apa-apa, sudah sepi.. down pula.. :)

      Nah.. menurut rekan APW, sebenarnya apa yang harus di lakukan warnet
      yang untuk menutup biaya operasional saja sudah sulit ? apakah tutup?
      tetap bertahan ? atau menambah added value ? atau bagaimana ? Toh terus terang, untuk
      menambah added value yang "bermodal" di warnet kadang enggan karena "tidak adanya
      pemasukan, kok kita keluar duit lagi" atau dengan kata lain tidak mau
      beresiko.

      Best Rgds,
      Adi
    • Heru S
      Message 2 of 3 , Aug 1, 2002
        Dh,

        Coba untuk meningkatkan add value warnet bpk jualan kartu Merdeka Telkom
        konsiyasi dapat 10%, yah lumayan dapat 250.000/bln (kan kita cuma
        pasang tulisan dan sedia barang dong pak), kalau memungkinkan
        sekalian pasang Wartel.

        Semoga bisa membantu.

        Wass,
        Heru Sugiyarto

> [...]
        adanya
        > pemasukan, kok kita keluar duit lagi" atau dengan kata lain tidak mau

      • kus
        Message 3 of 3 , Aug 1, 2002
          Hallo..... Bung ADI ...... di Malang

          Input buat anda, bahwa Internet saat ini secara merata memang sedang
          lesu berat, income kotor telah menurun sekitar 40-50 % dibandingkan
          tahun 2000, penyebabnya menurut hemat saya :
          - Timbul kejenuhan user internet dan ada yang beralih ke Game Center
          - Kondisi ekonomi secara makro / National juga menurun dan lesu, krn
          orang sulit cari duit, tentunya berubah hemat karena kepepet !!
          - Tumbuhan warnet tidak seimbang dengan meningkatnya Net user, jadi
          ibarat nasi dimakan rame2, tentunya porsi menjadi mengurang
          - Akses Internet yang cepat dan baguspun tidak menjamin income pasti
          akan lebih baik
          - Saat ini universitas pada umumnya libur dan belum aktif kuliah,
          hanya
          jumlah kecil yang ikut di semester pendek, ini juga jadi
          penyebabnya.
          - Kalau di value added, tentunya minta saran kpd bapak Rusdiyah yang
          paling
          pinter membuat value added utk warnet / internet center :o)

          Maka ibarat pepatah, hidup segan (susah) matipun tidak (enggan)
          * karena niat hati masih pingin cari duit dan berharap warnet bisa
          gairah kembali !!

          Akhirnya setelah semua jamur warnet bermunculan, nantinya akan terjadi
          seleksi
          alam yaitu warnet berguguran..... masalahnya : apakah kita kuat dan
          mampu utk
          bertahan ?? hehehe...... dan tentunya yang kuat bertahan, akan bisa
          menuai lagi
          income yang lebih baik ( masih "mungkin" ) dan saat membaik tentunya
          kambuh
          lagi jamur berkembang lagi....... itulah hukum alam atau hukum ekonomi
          :p

          Begitulah mungkin sedikit urun rembug yang bisa disampaikan, agar bung
          ADI
          tidak berkecil hati, bahwa ternayata yang menderita lesu ini
          buanyaakkkk.... :o(

          Salam
          Rambo Indo