Re: nice to... :-) [APWKomitel] Lagi : PLC by ICON PLUS

  • Wahyu Bagus Novianto
    Message 1 of 30 , Jul 1, 2005
      Setahu saya sih rekan2 di ICON+ Masih terus melakukan ujicoba untuk PLC ini,
      terutama di kawasan PI.

      Soal mutu emang sih jawaban Pak RR "cukup" menyentuh, jaringan (kabel) asal
      iket :p (tapi setau saya sih itu disisi SR (Sambungan Rumah) dan IKR
      (Instalasi Kabel Rumah) .. yah namanya juga yg ngerjain ama pihak laen
      (controlnya kurang .. :p_, but sebenarnya permasalahan bukan hanya itu, tapi
      Teknologi PLC ini memang masih dalam pengembangan (bukan hanya di
      Indonesia), moga2 aja .. cepat menemui titik "temu" yg bagus, jadinya bisa
      segera dikomersilkan.

      Salam,

      -wbn-
      Message 2 of 30 , Jul 1, 2005
        Dear Pak Rudy dan teman2 lainnya,
        Teknologi PLC sebenarnya sudah kami aplikasikan di beberapa hotel di Jakarta dan Surabaya, tetapi memang untuk pengaplikasiannya terhadap pasar ritel kami masih kesulitan. Kesulitan ini utamanya dari dukungan regulasi terhadap pengaplikasian PLC yang nantinya bisa dikembangkan lebih lanjut untuk komunikasi bukan hanya data tapi juga suara.
        Hal ini tentunya berkaitan dengan belum adanya aturan VoIP.
        Tetapi untuk dapat mengaplikasikannya dalam suatu closed user group maka teman2 bisa menghubungi kami di:
        PT. Indonesia Comnets Plus
        Gd. PLN
        Jl. Gatot Subroto Kav 18 Jakarta
        Phone: 021-5253019

        Demikian dari kami, dengan senang hati kami siap melayani Anda. Terima kasih.

        tosa@...
        Customer Interface Management
        Region Jawa Barat.
        Jl. PHH Mustopha No. 45 Bandung
        Phone: 022-7200262

        --
        sponsor: http://www.apwkomitel.org http://www.milenia.net http://www.indopc.com
        ==

        Mci center Business centres Internet center Computer internet

      • Asrofi
        Message 3 of 30 , Jul 1, 2005
          Pak RR dan teman2,
          Akhirnya terjawab sudah.. resmi dari tukangnya.

          Pak Aulia Arrafi,
          Bisakah Pak Aulia cerita ke kita(asosiasi pengusaha warnet) tentang
          apa sebenarnya yang sudah jalan?.. konkritnya di hotel mana aja dan
          perusahaan mana aja yg sudah memakai jasa PLC ini? Paling tidak ini
          akan jadi studi yg menarik dan akan menjadi mimpi yg nyata di
          kemudian hari... bukan menjadi bahan tertawaan.. sementara ini memang
          kita menganggap mimpi di siang bolong..... padahal nyatanya memang
          sudah terjual di hotel2 atau korporat kan????

          Gak masalah di segmen mana PLC ini bisa dijual sekarang.... kita
          hanya pingin tahu perkembangannya aja kok Pak.. syukur2 bisa cepet
          terjual ke retail.

          Kalau perlu upload file penjelasan khusus ke milis ini Pak.. bukan
          begitu Pak RR??

          PLC ini kalo menurut cerita yang di Inggris benar-benar berkualitas
          kok.... was wus bener.. sapa tahu kita bisa kalahkan Bangkok Pak...
          cmiiw!

          sedangkan komentar PAk RR dgn kabel yg asal ikat tentunya tidak bisa
          disamakan dgn PLC ini, karena yg asal ikat kan di rumah Pak RR
          aja...... hehehe.. kalau di tiang listrik kan tuh bener2
          terorganised.. dan kalau PLC jadi masuk ke rumah kita ya tentunya ada
          modem khusus.. kabelnya pun gak mungkin asal ikat.

          Regards,
          ASROFI
          (mimpikan internet di desaku)

          --- In APWKomitel@yahoogroups.com, Aulia Arrafi <aulia_arrafi@y...>

          Service.

        • Asrofi
          Message 4 of 30 , Jul 1, 2005
            Pak Aulia,

            Closed user group maksudnya gimana Pak Aulia?.. apakah berarti kalau
            kita punya satu gedung terus bisa minta PLC ini??? mohon
            penjelasannya Pak!!!

            wrote:
> [...]
            http://www.indopc.com
            > ==

            > Mci center Business centres Internet center Computer internet

          • S Roestam
            Message 5 of 30 , Jul 1, 2005
              Pak Aulia dan kawan2 yth,

              Kalau PLC suatu alternatif yg murah buat komunikasi data/internet dan
              voice, mengapa tidak kita ambil??
              Khan yg dapat untung seluruh masyarakat Indonesia.
              Tolong berikan data2 teknis dan biaya investasinya dan operasinya, pasti
              banyak yg kepingin!

              Saya juga mau bantu soal regulasinya. Bisa kita bawakan case-nya ke
              BRTI/Regulator. Pasti akan berhasil.

              Wassalam,
              S Roestam

              http://www.masif.com
              Masyarakat Informasi dan Mastel

            • Wahyu Bagus Novianto
              Message 6 of 30 , Jul 2, 2005
                Dear all,

                Wah bagus deh kalau PLC "sudah" masuk pasar umum (walaupun tingkat
                Korporat). But ga' sekedar janji tinggal janji (ala Betharia Sonata khan) ..
                kalau misal ada group ingin menggunakan PLCnya ICON .. gitu loh .. :p

                Apakah ICON sudah siap dengan FOnya di semua JTM (distribusi) ? dan
                mempersiapkan sampai titik transformernya ? hehehe ... lebih baik ICON siap2
                aja dulu disisi infrastruktur (kali2 aja bisa segera) .. :P .. yg pasti user
                sudah pasti menunggu dengan alternatif Broadband yg baru (barangkali lebih
                murah) ..

                :p

                -wbn

> [...]
                > http://www.indopc.com
                > ==

                > Mci center Business centres Internet center Computer internet

              • Bambang
                Message 7 of 30 , Jul 2, 2005
                  Sebenarnya bukan sekedar "janji" sih, masalahnya siapakah yang "mau" menjalankannya dgn biaya katakanlah Rp 118.000 perhari setiap modem PLC dengan paket minimal 10 unit kali sekian hari dalam sebulan. Nah silahkan bayar he he he .... langsung terbukti deh, jadi bukan janji ... tetapi rekan2 belum "mau" beli sih ...

                  http://forum.ilmukomputer.com

                • Rudy Rusdiah
                  Message 8 of 30 , Jul 2, 2005
                    S Roestam wrote:

> [...]
                    >banyak yg kepingin!
                    >
                    >Saya juga mau bantu soal regulasinya. Bisa kita bawakan case-nya ke

                    [rr] pak mitro dan pak aulia,
                    saya sangat jakin...masalahnya bukan regulasi tapi apakah feasible atau
                    tidak.

                    contohnya , icon+ sudah mendapatkan ijin ISP dan operator penuh dari
                    regulator khan jadi sudah tidak ada masalah menyelenggarakan jaringan.
                    Maka sekarang masalahnya adalah apakah teknologinya feasible...
                    jika feasible...maka kami juga menunggu... karena buat warnet , apa saja
                    yang mengungtungkan warnet pasti akan kami dukung penuh...

                    soal VOIP adalah soal kedua...pertama adalah apakah teknologi feasible
                    dan apakah sudah cost feasible... ?

                    salam, rudi rusdiah

                  • Asrofi
                    Message 9 of 30 , Jul 2, 2005
                      Pak Bambang,

                      Saya kurang paham dengan tulisan bapak Bambang....
                      Bisa dijelaskan lebih rinci tentang biaya2 atau kesulitan2 yg Pak
                      Bambang ketahui? terus terang kita banyak yang belum tahu tentang
                      teknology ini, Kalau Pak Bambang tahu silakan bagi2 isunya ke kita!
                      supaya kita "well informed" dengan segala macam kemungkinan solusi
                      teknologi(terutama utk pedesaan, kalau kota sudah banyak solusi..
                      tinggal gregetnya saja),

                      Kalau teknologi PLC ini memang sudah jalan di korporat, one day akan
                      sampai ke retail juga, setidaknya beberapa tahun ke depan.

                      Thkz,
                      ASROFI

                      NOTE :
                      UNTUK PAK AULIA DAN REKAN ICON PLUS LAINNYA DITUNGGU SHARINGNYA....

                    • Internet
                      Message 10 of 30 , Jul 2, 2005

                        --- Rudy Rusdiah <rusdiah@...> wrote:
                        > ini opex atau capex pak... harga alat atau sewa ...
                        >
                        > kalau sehari Rp 118K , sebulan x 30 = Rp 3,4 juta
                        > ini biaya apa pak...
                        > salam, rr

                        iya pak itu biaya apa......
                        p rr masih blom di kalikan 10 unit minimalnya,
                        jadi 30.4 jt,
                        teknologi gimana?
                        klo melewati trafo gimana?
                        mohon penjelasan jika berkenan

                        Yahoo! Sports
                        Rekindle the Rivalries. Sign up for Fantasy Football
                        http://football.fantasysports.yahoo.com
                      • Asrofi
                        Message 11 of 30 , Jul 2, 2005
                          --- In APWKomitel@yahoogroups.com, Internet <alurnet@y...> wrote:

                          > iya pak itu biaya apa......
                          > p rr masih blom di kalikan 10 unit minimalnya,
                          > jadi 30.4 jt,
                          > teknologi gimana?
                          > klo melewati trafo gimana?
                          > mohon penjelasan jika berkenan

                          Iya rekan-rekan, saya juga lom paham dengan email Pak bambang.. Pak
                          Bambang resend the mail!

                          Sebenernya sih yang dari ICON PLUS kayak Pak Aulia yg kudu cerita,
                          jadi kita semua bisa "well informed".... gak kudu jadi solusi tahun
                          ini, saya sendiri masih sabar nunggu 5 tahun ke depan kok.. lagian
                          isu PLC ini kan dari th 2001 dah ada...

                          Seandainya PLC memang nyata sudah dijual di korporat, ini berarti ada
                          kemungkinan besar terjual ke retail... dan buat solusi internet di
                          pedesaan ini paling masuk akal, DVB juga masih ga mungkin di
                          pedesaan.

                          NOTE:
                          Pak Aulia dan teman-teman dari ICON PLUS ditunggu sharingnya ttg PLC
                          yg sudah dijual di korporat ini.

                          Atau teman-teman dari PCMAGAZINE mau bercerita, soalnya kabar
                          terbarunya dari PCMAGAZINE Edisi April.

                          Regards,
                          ASROFI
                        • Rudy Rusdiah
                          Message 12 of 30 , Jul 2, 2005
                            Bambang wrote:

> [...]

                            >==
                            >
                            > * Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service

                          • Joko Cengkir
                            Message 13 of 30 , Jul 2, 2005
                              30.4jt / bulan ? Wah murahan dengan DVB 1 way....... Uplink bisa pake' ISP setempat ato GPRS. Tentunya satellite yg digunakan yang memiliki hak landing ke Indonesia. cmiiw

                              best regards,
                              Arif, Hakeem

                              Message 14 of 30 , Jul 2, 2005
                                Yth Pak Asrofi,
                                Yang saya tahu dari pemasangan PLC di Bali Hai Hotel 2 tahun lalu begini:
                                FO+internet dari JKT - BALI - masuk ke jaringan FO local loop DPS - masuk area beban listrik Hotel (trafo) - DPLC - jaringan listrik hotel - modem PLC - ethernet/USB - PC+internet 128kbps.
                                Biayanya (sesuai penawaran ICON+) Rp 118.000,- / modem / hari, minimal 10 PLC, online minimal 12 hari, jadi bayar minimalnya Rp 14.160.000,-, biaya ini merupakan bundle alat+akses internet, bahkan ada istilah zero investmen untuk pelanggan yang kontrak 2-3 tahun atau berapa saya agak lupa.
                                Saya sendiri sekarang pakai ICON+ 256 kbps juga bundle FO+akses sejak 2004 lalu, sambil nunggu pasar PLC di Kuta (masih susah njelasinnya, padahal tinggal angka 14,160 ribu dibagi 10 aja beres kan?), rencana sih klu ada 10 pelanggan dalam satu area akan dipasang PLC. Selama ini masih saya jual pakai wireless 2.4GHz sambil nunggu ULO dari postel, pelan2 lah ..
                                Semoga selintas uraian ini bisa dipahami rekan2 semua

                                Salam,
                                Bambang, PT Global Komunika Dewata

                              • Adhytia Wisnu Sasmita
                                Message 15 of 30 , Jul 2, 2005
                                  ICON PLN ini open filter utk DVB kita nggak pak ? supaya bisa digunakan
                                  sebagai upstream ?

                                  Best Regards,

                                  Adhytia Wisnu Sasmita
                                  Ym id : adhytiaws
                                  Flexi : +62-317-007-6025
                                  Matrix : +62-81-5514-5888
                                  Website : http://www.mediaselaras.net
                                  Email : info@...

> [...]
                                  >
                                  > Kalau teknologi PLC ini memang sudah jalan di korporat, one day akan
                                  > sampai ke retail juga, setidaknya beberapa tahun ke depan.

                                • Bambang
                                  Message 16 of 30 , Jul 2, 2005
                                    Ada salah hitung jika dibandingkan harga internet-nya saja, fitur FO bukan untuk internet sekelas DVB, karena ada parameter ping ke cyber building cuma 11 ms (yg tau bisnis <20 ms ini, wow?) untuk yang ini harganya Rp 4,5 juta perbulan, harga b/w internet sama saja dgn VSAT, DVB atau SCPC yang umum, paling naik-turun dikitlah ...

                                    Joko Cengkir <hakeem_cr@...> wrote:30.4jt / bulan ? Wah murahan dengan DVB 1 way....... Uplink bisa pake' ISP setempat ato GPRS. Tentunya satellite yg digunakan yang memiliki hak landing ke Indonesia. cmiiw

                                    best regards,
                                    Arif, Hakeem

                                      Message 18 of 30 , Jul 2, 2005
                                        Yup, beberapa kali sudah saya muat juga di majalah ITC Magazine, Maret dua tahun lalu, silahkan dibaca lagi ...

                                        Asrofi <asrofism@...> wrote:Iya rekan-rekan, saya juga lom paham dengan email Pak bambang.. Pak
                                        Bambang resend the mail!

                                            Message 21 of 30 , Jul 3, 2005
                                              Pak Bambang,

                                              Terimakasih banyak ats infonya Pak..
                                              Ini sangat membantu kita memahami PLC yang sebenernya, karena
                                              sebagaian masyarakat beranggapan PLC hanya mimpi.

                                              Regards,

                                              ASROFI

                                            • Aulia Arrafi
                                              Message 22 of 30 , Jul 3, 2005
                                                Dear Pak Wahyu di PLN Sumbar:
                                                Saat ini kami telah menggelar FO yang menghubungkan APD Jawa-Bali, dan pada akhir tahun ini, kami merencanakan semua APJ di Jawa Barat akan terhubung ke ring backbone FO Icon+. Hal ini telah diputuskan pada JPS (Joint Planning Session) PLN Disjabar - Icon+ pada pertengahan Juni lalu.
                                                Untuk kelanjutan pengembangan jaringan tentunya kami sangat mengharapkan kerjasama PLN sebagai pemilik RoW (Right of Ways) jaringan PLN.
                                                Terimakasih atas saran dan dukungannya.

                                                Tosa
                                                ICON+ Region Jabar

                                                Message 23 of 30 , Jul 3, 2005
                                                  Hehehe ... seep lah kalau ICON+ sudah menjadi lebih baik ... :P

                                                  > iya pak itu biaya apa......
                                                  > p rr masih blom di kalikan 10 unit minimalnya,
                                                  > jadi 30.4 jt,
                                                  > teknologi gimana?
                                                  > klo melewati trafo gimana?
                                                  > mohon penjelasan jika berkenan

                                                  Trafo yang mana nih ?! Kalau yang dimaksud trafo "distribusi"nya PLN, setahu
                                                  saya itu sudah "dilompatin & dihandle" ama yang namanya transformer (FO ke
                                                  JTR - saluran 220nya PLN). Ga' salah Intisari pernah ngejelasin detailnya de
                                                  (terbitan 2004). Nah dari JTR itu (melalui stop kontak rumah) tinggal pasang
                                                  modem PLC, yang langsung konek ke PC ...

                                                  Aaaaah, lebih baik temen2 ICON+ de yang berkenan menjawab teknisnya .. ^^

                                                  -wbn
                                                • Adhytia Wisnu Sasmita
                                                  Message 24 of 30 , Jul 3, 2005
                                                    > [rr]sebagai informasi dan perbandingan saja:
                                                    > kita diapwkomitel sedang eksperimen 2 way up stream & down stream pake
                                                    > VSAT cuma 4 - 6 juta per bulan tergantung bandwidthnya.
                                                    > salam, rr

                                                    Udah dicoba pak....?
                                                    hasilnya bagus ndak ?

                                                    siang ini mo meeting dng Bu Dewi IM2 sby sih....
                                                    penjajagan....:))

                                                    Adhytia WS
                                                  • Joko Cengkir
                                                    Message 25 of 30 , Jul 3, 2005
                                                      Semoga semakin murah dan bertambah murah...... :D

                                                      best regards,
                                                      Arif, Hakeem

                                                      Message 26 of 30 , Jul 4, 2005