CIO di Pemerintahan - what is in a name/gelar kata shakespeare :-)

  • Wahyu Bagus Novianto
    Message 1 of 16 , Jul 31, 2007
      Berita detik.com hari ini ...

      Menkominfo: Pejabat Eselon I adalah Chief Information Officer

      http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/01/time/075559/idnews/811714/idkanal/399

      Wah, mudah2an makin maju deh IT dan Telematika di Instansi-instansi
      pemerintahan dan mendukung kemajuan perekonomian Indonesia. (Amiiiin).

      ---
      [rr] pak wahyu... kalau sekedar gelar, kedudukan, posisi tidak akan membuat perekonomian maju...

      yang ada penting commitment... punya visi kedepan, membuat perencanaan strategis dan mau actions serta memegang teguh good corporate governance... apapun gelar atau kedudukannya...

      oh ya... ada tambahan, ngak berpikir... 'what is it for me' :-)
      oh ya...kalau eselon satunya ada beberapa dirjen... misalnya di depkominfo... ada 4 dirjen yaitu dirjen postel, dirjen aptel, dirjen apa lagi... apakah artinya ada 4 CIO dibawah pak Menkominfo :-)
      terus apakah pak Nuhnya jadi CEO (chief executive officer dan bendahara jadi CFO (Chief Finance Officer ) he..eh..he..
      lalu sekjen juga ngak mau kalah disebut COO (Chief Operating Officer) :-)

      gimana nih ? ... salam, rr - apwkomitel

      ---

      Tapi kembali lagi, mudah-mudahan tidak ada lagi proyek-proyek IT/telematika
      di tingkat2 pemerintahan yg dilakukan sembunyi-sembunyi, walaupun cuma
      bernilai puluhan juta .. :p

      .:: wbn ::.
      PT PLN (Persero)
      IT Departement PLN Wilayah Sumatera Barat
      Mobile Number : 08126625804, 07517860606
      Faximile : -
      eMail : wahyu_bn@...

      Message 2 of 16 , Aug 1, 2007
        Mustinya sih dari awal anda bilang pakai radio usb
        wajanbolik, itu sih akibat kabel usb kepanjangan. cape
        deh kalau masih pake usb, kalau buat usaha mending
        pake radio ethernet.

> [...]

        > ---------------------------------
        > Building a website is a piece of cake.
        > Yahoo! Small Business gives you all the tools to get

        Take the Internet to Go: Yahoo!Go puts the Internet in your pocket: mail, news, photos & more.
        http://mobile.yahoo.com/go?refer=1GNXIC
      • Budiman
        Message 3 of 16 , Aug 1, 2007
          Hi,

          Saran saya :
          1. Coba ganti link speed Ethernet anda ke fix 10Mbps/fullduplex
          2. Ganti kabel UTP anda dengan yang lebih berkualitas (ori).
          3. Coba keduanya.

          Semoga sukses.

          salam,
          Budiman

          On 8/1/07, Nuniek Nucifera <nuniek_nucifera@...> wrote:

> [...]

          > alat/hardware atau software yg bisa mengatasi ini
          > sehingga jika ada
          > request internet dari clien stabil gak putus

          POWER INVERTER
          DC to AC Converter
          http://www.inverter.co.sr
          http://www.inverter.co.nr
          021-68271736

          ---------------------------------
[...]

        • Bill Fridini
          Message 4 of 16 , Aug 1, 2007
            Quoting Nuniek Nucifera <nuniek_nucifera@...>:

            > ethernetnya ga ada masalah, warnet saya pakai pancibolik usb wifi. masalahnya
            > sering idle gitu. merk nya apa ya penguat sinyal supaya stabil.

            Jangan menggunakan penguat sinyal (amplifier or booster). Karena selain hukumnya
            haram (dilarang oleh postel) juga akan mengganggu tetangga.

            Penggunaan penguat signal juga tidak akan efektif.

            Kita bisa analogikan seperti kita berteriak menggunakan pengeras suara (TOA).
            Suara memang sampai ke org yg diajak bicara, tetapi ketika dia menjawab apakah
            kita bisa mendengarnya? kecuali kl dia juga pakai pengeras suara juga.
            Penggunaan pengeras suara bikin berisik khan? nah begitu juga dalam frekuensi.
            noise juga akan naik.

            Semoga bisa dimengerti.

            Salam,

            ~Bill~
            Pesan buat moderator: Tolong dlm approval TIDAK menambahkan komentar dibawah
            tulisan saya. thx.

            ---
            [rr] ok...
            ups... kok nambahin komentar :-)

            thank you loh pak atas komentar dan partisipasinya
            salam, moderator :-)
            ---
          • DC to AC Converter
            Message 5 of 16 , Aug 1, 2007
              Kalo pakai USB Wifi, kabel dari USB ke Wifinya berapa meter?
              Dan pakai kabel yang kwalitas bagus atau yang murah?
              Biasanya kalau pakai yang USB ada kemungkinan kabel usbnya terlalu panjang, kemungkinan data terputus di jalan. karena faktor asupan daya untuk Wifi USB nya berkurang dan data terputus di tengah jalan karena jenis kabel kurang baik.

              ---
              note: setahu saya specs cable USB standard tidak bisa terlalu panjang, karena memang dirancang awalnya untuk PAN (personal area network)antara PC dan peripherals. Sebaiknya baca specs dari allowance panjang cable USB
              note: ada perusahaan yang bikin amplifier khusus untuk cable printer, USB, serial hingga bisa lebih jauh... tapi ini perlu amplifier lagi...kalau tidak signalnya drop dan menjadi lemah karena panjangnya resistance(tahanan) dari kabel itu.
              ---

              Coba gunakan kabel USB yang kwalitas bagus, biasanya agak tebal, dan dilapisi alumunium.

              ---
              [rr] betul juga... jika sudah sangat panjang maka interference kecil bisa menjadi significant dan mengacaukan signal USB makanya perlu diberi tambahan insulator atau protektor/shielding...semacam faraday effect :-)
              sorry sedikit teknis..
              FYI: dulu kami pernah pasang thick cable ethernet hingga 600m ( lebih dari specs yang ditentukan hanya 500 meter) dan ketika berdekatan dengan cable listrik , transmisi menjadi tidak reliable...( instalasi ini kami lakukan pertama di kantor Merpati di maintenance center Merpati di airport lama Juanda Surabaya sekitar tahun 1990 an dan antar kampus di Karawaci juga tahun 1990 an...
              cmliiw
              ---

              Kalau pakai USB Hub, gunakan USB Hub yang powernya pakai adaptor sendiri. Bukan dari Komputer.

              ---
              [rr] yah menjaga drop dari power karena resistence dari copper cable (cable USB)... sorry dikit teknis... tapi yah itu memang yang menjadi masalah kalau kita gunakan cable agak panjang.
              cmliiw

              salam, rr - apwkomitel

              Bill Fridini <bill@...> wrote:
> [...]

              [rr] ok...
              ups... kok nambahin komentar :-)

              thank you loh pak atas komentar dan partisipasinya

              Shape Yahoo! in your own image. Join our Network Research Panel today!
            • DC to AC Converter
              Message 6 of 16 , Aug 1, 2007
                Kalau untuk penguatan signal, saya sarankan dibelakang pancibolic ditambah lagi plat seng atau alumunium, atau kawat kasa.
                Ukurannya kalau bisa lebih besar dari panciboloc itu sendiri.
                Selamat berexperimen.

                yoga_52 <yoga_52@...> wrote:
                Selamat mlm,
                Sekedar memberikan informasi bahwa koneksi menggunakan radio
                link / wifi berbasis panciboll,maka sebaiknya menggunakan penguatan
                signal algi yang bertujuan agar supaya frekwensi yang didapat tidak
                terbuang dijalur kabel.
                Dan untuk penguatan itu sendiri dapat digunakan repeter apa saja
                atau jenis penguat frekwensi lain nya.

                --- In APWKomitel@yahoogro ups.com, "nuniek_nucifera"
                <nuniek_nucifera@ ...> wrote:

> [...]
                > yang terjadi?

                Yahoo! oneSearch: Finally, mobile search that gives answers, not web links.

              • Nuniek Nucifera
                Message 7 of 16 , Aug 1, 2007
                  Makasih banyak atas responnya semua ya...
                  nanti saya tak coba semua saran dari rekan2 milis, sebenarnya mau pake radiolink antena grid, cuma ga tau nyettingnya.. krn harus pake IP radio dan IP yg di bawah :))

                  <nuniek_nucifera@ ...> wrote:

> [...]
                  > yang terjadi?

                  Yahoo! oneSearch: Finally, mobile search that gives answers, not web links.

                  Choose the right car based on your needs. Check out Yahoo! Autos new Car Finder tool.

                • pin
                  Message 8 of 16 , Aug 2, 2007
                    Pake ....WAP standar aja Contohnya (Linksys WAP54G)
                    dan router nya (WRT54G)
                    Lumayan Warnet 10 PC lancar..2 aja seeh....

                    Ready for the edge of your seat? Check out tonight's top picks on Yahoo! TV.
                  • rrusdiah@yahoo.com
                    Message 9 of 16 , Aug 4, 2007
                      thank u pak muslimin atas penjelasannya... bahwa nanti ada CIO di departemen departemen dan didaerah daerah...

                      jadi akan banyak chief nya... terus kalo sudah banyak chiefnya...gimana tentaranya... jadi inget film indian & cowboy...

                      anyway... kayanya kalau dari pandangan kami (swasta dan bukan inner circle) yang penting bukan soal nama dan 'chief'..'chief' an ini... sekarang gimana dengan yang ada sekarang kita bikin environment telematika ini kondusif... bukan saja di pemerintahan .. gimana di swasta dan di industrinya... contohnya industri jasa warnet misalnya...

                      salam, rr - apwkomitel
                      note: terus gimana pertanyaan...seandainya ada CIO... yah lengkapnya siapa jadi CEO nya... siapa COO nya , siapa CFO nya..lalu CIA nya :-)
                      hav a niz weekend..