Jelas bedanya:Institusi /Ijasah>< peralatan ICT di Sekl/Univ Publik;Re: [APWKomitel] sama sama Komer-Sial:-) Perkecualian utk pendidikan?amandemen HKI

  • Naswil Idris
    Message 1 of 3 , May 1, 2007
      Sdr. Eddy, Pak Rudi ,Bu Huznah, Bu Indah.
      Jika komersialisasi di bidang pendidikan lebih
      tertuju pada ke-Elit-an dari institusi pendidikan
      serta "penjualan" Ijasah pada Sekolah/Univ dengan
      embel2 "Global"/"Internasional" seperti Dr/PhD/S2
      /MBA/Msi/kelas Ruko. Jadi uang sekolah/Kuliah di
      model2 sekolah /Univ ini jadi selangit atau mahal
      sekali.Tak jarang dgn nama "California" Global Univ yg
      mahasiswanya tak pernah kenal Califonia..krn kampusnya
      di jln Sudirman/Gatot Subroto, akan terima Ijasah
      California Univ dgn embel2 tanda tangan Bule.Juga
      "Harvard" International Univ yg juga berkampus di
      sekitar Jakarta .. tidak pernah ke Harvard USA, ...
      mhsnya akn juga terima Ijasah bertulis emas, bhs
      Inggeris, tanda tangan Bule. Sekolah2 dan Univ2 begini
      yang disukai orang Jakarta yg berduit termasuk para
      pejabat dan para legislatif tapi biayanya sangat
      mahal.Kemahalannya tidak ada hubungan dgn "software
      "ICT
      Yang kita bicarakan dgn YLKI serta Pak Prof
      Iskandar Mantan Rektor ITB,Pak Abdullah Alamudi , Pak
      Insan Budi Maulana dll, dengan Para Dewan Pers
      Nasional dgn Pak Ichsanul Amal ( Mantan Rektor GAMA)
      dan ketua KPPU Faisal Basri di Samarinda dan di htl
      Aryaduta bln Fweb 2007 adalah penggunaan
      software/IPR/HKI pada PC tingkat pengguna pengguna di
      Sekolah2/Univ Publik/umum seperti di SD, SMP, SMA,
      kursus2 di deso2,baik sekolah negeri, pesantren, atau
      sekolah Swasta , termasuk Warnet, Cafe baik di kota
      maupun deso serta daerah2 terpencil.
      Di Malaysia semua Kantor Pos, dialiri dengan
      jaringan Internet murah sekali/hampir gratis . Semua
      deso di Malaysia liwat Proyek RED ( Rural Economic
      Development) mempunyai Warnet2 /Cafe Deso yg disubsidi
      oleh Pemerintah dgn biaya 6% potongan keuntungan semua
      Operator Telekomunikasi di seluruh negeri
      Malaysia.Konon kabarnya ide ini ber-"embryo" pada
      Kelompen Capir dan Posyandunya Pak Harmoko jaman Orde
      baru.
      Jadi harus dibedakan antara komersialisi pendidikan
      antara "ke_elitan_an sekolah/Univ Global/International
      yg kualitasnya diragukan tapi biayanya mahal,
      .....dengan pendidikan publik/Umum , miskin , di deso
      yg juga menggunakan sofware ICT yg sama, tapi
      mereka kurang sanggup membeli software dengan tarif
      standard( sangat mahal bagi ukuran mereka).Pada hal
      semua siswa, mhs( kaya atau miskin) ini harus secara
      adil dan merata dapat kesempatan/access mengunakan
      ICT/PC tersebut dlm proses pendidikan mereka.
      NI.

      http://mail.yahoo.com